Yuk, Kenali Bentuk Tubuh Agar Lebih Maksimal Saat Berbusana

Tiap bentuk tubuh memerlukan trik khusus agar tampil all out saat berbusana. Karena itu, kenali dengan tepat bentuk tubuh Anda sebelum menentukan pakaian mana yang akan dikenakan.

Tiap bentuk tubuh memerlukan trik khusus agar tampil all out saat berbusana. Karena itu, kenali dengan tepat bentuk tubuh Anda sebelum menentukan pakaian mana yang akan dikenakan.

Salah satu kunci utama agar tampil maksimal saat berbusana adalah dengan mengetahui bentuk tubuh. Hal ini dapat membantu Anda dalam menonjolkan maupun menutupi beberapa bagian atau fitur tubuh secara tepat dan nyaman. Kalau sudah begitu, kepercayaan diri pun dapat turut meningkat sehingga penampilan jadi makin maksimal.

Secara umum ada lima bentuk tubuh wanita yang dikenali: rectangle, inverted triangle, pear, apple, dan hourglass. Masing-masing didasarkan pada ukuran beberapa bagian tubuh. Untuk mengetahui bentuk tubuh mana yang Anda miliki, siapkan alat bantu meteran dan sesuaikan dengan penjelasan berikut.

Rectangle

Bentuk tubuh ini banyak dimiliki oleh wanita bertubuh kurus dan atletis. Rasio antara lingkar bahu, pinggang, dada, dan pinggul tidak jauh berbeda sehingga tak ada bagian tubuh yang terlalu menonjol.

Ukuran bahu, dada, dan pinggul memiliki selisih sekitar 5 persen antara satu dengan lainnya. Sementara itu, bagian pinggang berukuran 25 persen lebih kecil dibandingkan bahu atau dada. Bagian pinggang umumnya berukuran sekitar 1 sampai 8 inci lebih kecil dibandingkan dada.

Inverted Triangle

Bentuk tubuh ini memiliki bahu yang lebih lebar dibandingkan pinggul. Bahkan, area atas ini menjadi area yang paling lebar dari seluruh bagian tubuh lainnya.

Jika termasuk kelompok bentuk tubuh inverted triangle, maka ukuran bahu Anda adalah setidak-tidaknya 5 persen lebih besar dibandingkan ukuran pinggul. Adapun bagian pinggang tidak terlalu kecil—bahkan tidak terlalu menunjukkan lekukan.

Apple

Bentuk tubuh menyerupai apel ini cenderung mempunyai bentuk tubuh dengan punggung dan bahu yang lebar. Selain itu, bagian tengah tubuh biasanya lebih berisi dibandingkan bagian bawah.

Ukuran dada, pinggul, dan pinggang bentuk tubuh apel tidak terlalu jauh berbeda. Seperti contoh, jika Anda mempunyai ukuran antara pinggang dan dada yang tidak jauh berbeda, tetapi bagian pinggul memiliki ukuran 6 inci lebih kecil dibandingkan ukuran tubuh bagian atas, maka Anda memiliki bentuk tubuh apel.

Pear

Bentuk tubuh ini kebalikan dari apel—ukuran tubuh bagian bawah lebih lebar dibandingkan bagian atas. Sisi pinggul lebih lebar dibandingkan bahu—bahkan menjadi bagian tubuh yang paling lebar.

Secara angka, pinggul Anda berukuran minimal 5 persen lebih besar dibandingkan bagian bahu atau dada. Bentuk tubuh ini cenderung juga banyak diminati oleh kebanyakan wanita karena menonjolkan lekuk feminin yang cukup kontras.

Hourglass

Ini adalah bentuk tubuh yang paling banyak diidamkan. Bentuk hourglass atau jam pasir memiliki rasio ukuran bahu dan pinggul yang seimbang dan pinggang yang ramping.

Ukuran antara lingkar bahu dan lingkar pinggul memiliki selisih tidak lebih dari 5 persen. Selain itu, ukuran pinggang memiliki ukuran setidaknya 25 persen lebih kecil dibandingkan ukuran lingkar bahu maupun lingkar pinggul. Seperti contoh, jika Anda mempunyai ukuran bahu dan pinggul 36 inci, maka pinggul Anda setidaknya berukuran 27 inci atau lebih kecil.

Apapun bentuk tubuh yang Anda miliki, semua sama indahnya. Anda tak perlu mengubahnya secara signifikan terutama jika hanya ingin tampil menarik. Asal tetap menjaga kebugaran dan proporsi tubuh ideal sesuai panduan gizi dan kesehatan, Anda tetap bisa mengakali dengan menggunakan baju yang pas untuk menonjolkan maupun menyamarkan fitur tubuh tertentu.

Di samping itu, perhatikan pula bahan pakaian yang akan dikenakan. Pasalnya, pemilihan bahan yang kurang tepat juga kerap justru membeli impresi yang kurang maksimal dan justru menutupi beberapa keunggulan yang Anda miliki.

Baca juga: Tes Kesehatan yang Diperlukan Wanita Usia 20 Hingga 30-an Tahun


Electric Massage Ball 4-Speed Vibrating Massage Ball USB Rechargeable Massage Roller Training Yoga Fitness Foam Roller

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka