X-Rules Autoclub Indonesia, We Own The Rules

Tikum Otomotif  – Kendaraan sudah menjadi bagian hidup dari manusia, namun masih banyak orang yang belum mengetahui kelebihan dan kekurangan kendaraan yang mereka miliki. Padahal bagi pemilik kendaraan mengetahui hal ini sangatlah penting.

Tapi ada alternatif lain untuk menambah pengetahuan Anda tentang otomotif. Caranya adalah dengan menjadi anggota sebuah klub /komunitas otomotif. Dengan begitu Anda juga akan mendapat pengetahuan seputar kendaraan sekaligus sharing pengalaman mengenai masalah permesinan, spare part, modifikasi, dan pastinya akan menambah jaringan pertemanan yang mungkin bisa digunakan di masa depan untuk berbagai hal lain.

Beberapa klub otomotif berdiri berdasarkan beberapa kesamaan, baik itu merk pabrikan, tipe, warna, gender, dll. Apapun itu alasannya sah-sah saja selama tetap memiliki kegiatan yang positif.

Hari ini kami akan memperkenalkan sebuah klub otomotif yang sudah melewati satu dasawarsa dan memiliki keberagaman kendaraan. Bagi kami hal ini sangat menarik karena mereka mampu melewati banyak perjalanan sejarah hingga bisa “Go Internasional” seperti sekarang. Untuk itu mari kita simak cerita komunitas dari X-RULES AUTOCLUB INDONESIA.

xrules autoclub 2
https://www.youtube.com/watch?v=gRZ5nP0biY4

X RULES Autoclub berdiri pada 9 Februari 2006, yang artinya sebentar lagi mereka akan merayaan ulang tahun mereka ke15 di tahun ini. Pada awalnya klub ini didirkan oleh 3 orang yaitu Reza, Fandy dan Michael.

X RULES Autoclub memiliki visi untuk menjadi klub otomotif yang menjadi tolak ukur, panutan, dan nomor satu di Indonesia. dan misi mereka adalah, ingin memajukan dan mengembangkan dunia otomotif melalui ide serta karya-karya nyata dalam suasana persatuan dan kekeluargaan tanpa membedakan status sosial dalam jalur yang positif. 

Sejak berdiri di tahun 2006 hingga saat ini X RULES Autoclub hanya memiliki 1 orang President/Ketua Umum yang belum tergantikan yaitu Achmad Reza V. atau yang akrab dikenal dengan nama Echa.

xrules autoclub 3
(Foto Eksklusif Presiden X Rules Automotive)

Tidak ada batasan untuk jenis kendaraan yang dipergunakan oleh para anggota, jadi semua kendaraan diterima di X RULES Autoclub selama itu mobil atau motor, baik modifikasi maupun standar.

Syarat khusus menjadi angggota ada 2 yaitu yaitu wajib mempunyai kendaraan dan tidak terdaftar di klub heterogen lainnya. (komunitas sejenis diperbolehkan seperti satu merk, satu warna, satu jenis kendaraan)

Hal yang menjadi ciri khas mereka adalah kekeluargaan dan keberagaman, dimana mereka sangat menjunjung tinggi nilai-nilai tersebut. Wujud keberagaman mereka kental terlihat dari berbagai jenis kendaraan yang digunakan para anggotanya, gaya modifikasi dari berbagai level dan aliran, serta latar belakang kebudayaan dari tiap chapter yang ada di Indonesia. Bahkan, kami menyebut mereka Bhineka Tunggal Auto.

Keberagaman latar belakang para anggota sangat bervariasi baik dari gender, usia dan profesi, mulai dari usia 17-38 tahun, dengan profesi seperti pelajar, mahasiswa, pegawai negeri sipil, pegawai swasta, hingga pengusaha di berbagai bidang. Dan hingga saat ini jumlah anggota klub kurang lebih sebanyak 700 orang yang tersebar di 18 Chapters di Indonesia dan Internasional.

  1. Aceh
  2. Medan
  3. Padang
  4. Jambi
  5. Lampung
  6. Palembang
  7. Banten
  8. Jakarta
  9. Bogor
  10. Jogjakarta
  11. Solo
  12. Semarang
  13. Jember
  14. Banyuwangi
  15. Balikpapan
  16. Makassar
  17. Perth, Australia.
  18. Nagoya, Jepang.

Sebelum pandemic covid-19 mereka mempunyai agenda kegiatan seperti kumpul bersama (kopdar) rutin di periode mingguan atau bulanan, mengikuti kontes event otomotif, dan bakti sosial untuk membantu masyarakat sekitar. Namun, semenjak pandemic klub ini memilih untuk mengikuti peraturan pemerintah mengenai pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dengan tidak melakukan kopdar untuk sementara, dan digantikan dengan diskusi online melalui aplikasi zoom untuk berdiskusi dan sekedar melepas rindu.

xrules autoclub 4
xrules autoclub 5
xrules autoclub 6
xrules autoclub 7

Sedangkan untuk kegiatan periode tahunan adalah Malam Keakraban Nasional (Makrabnas), yang diadakan secara bergiliran di setiap kota-kota yang terdapat chapter X-RULES Autoclub Indonesia. Akan tetapi sama seperti alasan di atas, pada saat ini mereka memutuskan untuk menunda atau vakum sementara selama 2 tahun dan akan dilakukan melalui virtual online.

xrules autoclub 8
(Photo Ekslusif by: Ryan Bermana)
xrules autoclub 9
(PhotoEksklusif by: Ryan Bermana)

Bagi Anda yang tertarik dalam modifikasi, keberagaman dan kekeluargaan, kami mengajak Anda untuk bergabung bersama X-RULES Autoclub Indonesia. Temukan di kota dan negara yang sudah terdapat chapter mereka, atau silahkan menghubungi akun sosial media mereka di bawah ini.

Web: xrules_autoclub
Instagram: @xrules_autoclub

Kami bangga bisa menghadirkan cerita lain dari dunia otomotif untuk sobattikum bersama X RULES Autoclub. Mengingat mereka sebentar lagi akan merayakan hari jadinya yang ke-15 semoga kekompakan ini terus dijaga, menjadi teladan bagi masyarakat otomotif, dan semakin besar di seluruh nusantara. X RULES. WeOwnTheRules!

No matter where you are. Whether it’s a quarter mile away or half way across the world. You’ll always be family.”
Dominic Toretto

Anda mungkin suka