Women’s Cycling Community Nusantara: Perpaduan Beauty And Bicycle

Women Cycling Community Nusantara 1

Bersepeda ialah salah satu olahraga ringan dan menyehatkan badan, bersepeda ini juga bisa membangun mood dan perasaan yang tidak enak menjadi menyenangkan. Bersepeda tidak hanya membawa manfaat kesehatan namun juga membawa manfaat ekonomi bagi suatu negara. Mengapa bisa begitu ya sobat tikum ?

Menurut Laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), banyak negara yang telah menggunakan analisis yang disebut dengan HEAT (health economic assessment tool) untuk mengetahui manfaat kesehatan dan ekonomi dari bersepeda.

Negara-negara Eropa dan di luar Eropa seperti Austria, Republik Ceko, Swedia, Inggris, dan Selandia Baru, sudah menggunakan alat analisis ini. Alat analisis ini juga digunakan oleh Lembaga Pencegahan dan Penanganan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention) milik pemerintah Amerika Serikat.

Women Cycling Community Nusantara 2

Dari penelitian mereka kita bisa menambah pengetahuan mengenai manfaat kegiatan transportasi aktif seperti bersepeda dalam lingkup kota bahkan negara. Jika kita tinjau dari lingkungan sekitar, bersepeda bisa membantu lingkungan untuk mengurangi polusi yang bisa menyebabkan global warming. Berikut adalah manfaat bersepeda yang bisa anda dapatkan :

  1. Melatih fisik
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh
  3. Menyehatkan jantung
  4. Mengontrol diabetes
  5. Menjaga kesehatan paru – paru
  6. Menurunkan resiko terserang kanker
  7. Menurunkan berat badan
  8. Mengurang Stress

Saat ini tikum.id akan memperkenalkan komunitas sepeda yang sangat unik. Kami menganggap mereka istimewa, karena komunitas ini khusus untuk Wanita yang tentu saja suka berolahraga sepeda. Siapakah mereka, kami perkenalkan Women Cycling Community Nusantara (WCC)

Women Cycling Community Nusantara 1

WCC didirikan oleh Tabitha Sumendap, atau akrab disapa Tabby pada tahun 2014. Beliau adalah seorang Entrepreuner dan pada awalnya ia adalah penggiat olahraga Triahtlon bersama beberapa teman – teman wanitanya

Women Cycling Community Nusantara 3
Tabitha Sumendap


Visi dan Misi

Visi dan misi terbentuknya WCC adalah memberdayakan wanita melalui bersepeda dan membantu dalam menjalani gaya hidup sehat. Tidak hanya itu, melalui WCC para anggota bisa berbagi ilmu, menambah pertemanan di seluruh Indonesia, dan pastinya memiliki tubuh yang ideal melalui olahraga.

Dalam sebuah perkumpulan atau komunitas pasti ada sosok yang pernah mengisi ketua, dan untuk WCC Jakarta tercatat beberapa nama pernah mengisi posisi ketua selain Tabitha Sumendap, mereka adalah : Maya Djatirman, Ellianah Setiady, Ade Juanita.

Women Cycling Community Nusantara 4

Sampai saat ini Jumlah anggota di WCC Jakarta sudah sebanyak 350 orang, sedangkan total di seluruh Indonesia sudah mencapai 1000 anggota.

Mereka tersebar di beberapa chapter seperti : Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Kudus, Surabaya, Malang, Sampit, Bali, dan Papua.

Lalu seperti apa usia, profesi, dan latar belakang para anggota WCC ? menurut Tabby di WCC terdiri dari beragam Profesi, mulai dari Ibu rumah tangga, Wirausaha, Professional Swasta, Executive, dll. Sedangkan untuk usia rata –rata anggota WCC di mulai dari 35 tahun – Senior, bukan berarti kalau ada wanita dibawah usia tersebut tidak boleh bergabung ya sobat tikum.. Silahkan saja dan yang penting kalian punya sepeda.

Selayaknya sebuah klub/komunitas berbagai agenda kegiatan sudah selalu ada dimulai dari mingguan, bulanan, dan tahunan.

  • Mingguan. selain kumpul bersama alias kopdar, biasanya beberapa anggota juga berlatih dengan klub sepeda diluar WCC.
  • Bulanan. biasanya menyesuaikan dengan tema hari besar seperti Hari Kartini, Hari kemerdekaan Indonesia, dan hari tema lainnya.
  • Tahunan / Annual event. biasanya mereka merayakan Anniversay WCC, namun sepertinya untuk tahun ini harus ditunda dulu mengingat situasi pandemic Covid-19 di Indonesia.

Ada catatan menarik yang kami dapat bahwa WCC sudah pernah melakukan Riding terjauh hingga 100 km di suatu acara Charity. Dan rute yang mereka lalui adalah sekitar Bintaro, Alam sutera, BSD, di Tangerang Selatan. Wah… kami yakin bahwa tantangan ini tidak hanya berhenti di angka 100 km, mungkin bisa lebih di kemudian hari.

Women Cycling Community Nusantara 5
Women Cycling Community Nusantara 6
Women Cycling Community Nusantara 7

Jika anda tertarik bergabung dalam WCC, silahkan melihat beberapa akun sosial media mereka melalui social channel berikut:

Facebook : @wccnusantara

Instagram : @wcc.jkt

E-mail : wcc.indo@yahoo.com atau melalui

Telp di : 0822-6167-2016

Admin akan meng assist Anda untuk proses lebih lanjut. tikum.id berharap semoga WCC semakin berkembang di masa depan.

Keep up the good work Ladies !

“Nothing compares to the simple pleasure of a bike ride.”
John F. Kennedy

Author: Mimin

Mimin is the Tikum Administrator that has role to manage the traffic and she is also passionate to write and share all about internet of things, hobbies, world of female and Indonesian Woman affairs.

1 thought on “Women’s Cycling Community Nusantara: Perpaduan Beauty And Bicycle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *