Woman Riders Bikers IFRD, International Female Ride Day 2021

Tikum Motor – International Female Ride Day (IFRD) 2021 ialah ajang riders bareng khusus untuk woman bikers yang diselenggarakan secara serentak pada 1 Mei kemarin, berikut laporan singkatnya.

Seiring berjalannya waktu, makin banyak kaum hawa yang tertarik menggeluti dunia otomotif, khususnya sepeda motor. Aktivitas touring kini tidak cuma identik dilakukan para pria, mengingat jumlah lady bikers pun terus bertambah. Itu terbukti dari gelaran International Female Ride Day 2021 yang berlangsung pada 1 Mei kemarin.

Bagi yang baru mendengarnya, International Female Ride Day (IFRD) merupakan perayaan besar buat para woman riders wanita di seluruh dunia. Setiap komunitas lady bikers menggelar aktivitas touring dengan rute pilihan di daerahnya masing-masing, secara serentak pada hari yang sama.

IFRD 2021

Tajuk touring yang dibawa kali ini, #FocusFemaleForward. Gagasannya adalah, gelaran IFRD dapat menularkan hobi naik motor kepada kaum hawa yang masih sungkan-sungkan melakukannya. Baik akibat kurang percaya diri, maupun karena menganggap aktivitas ini terlalu maskulin.

Di samping itu, IFRD juga mengusung tema khusus, yakni untuk meningkatkan peran wanita di segala bidang, tidak terkecuali di dunia otomotif. Ini berkaitan dengan isu tentang pemberdayaan wanita yang juga tengah populer di seluruh dunia.

Berdasarkan catatan kami, perayaan IFRD 2021 diikuti oleh beberapa komunitas lady bikers dari lima negara. Di antaranya dari Kanada, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, dan India.

Aneka jenis tongkrongan, mulai dari moge, skuter, hingga kendaraan powersport roda dua mewarnai jalan raya di beberapa kawasan pada 1 Mei lalu. Memang, IFRD edisi ke-15 kali ini tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya.

Perayaan ini biasanya terselenggara di 120 negara dari enam benua. Namun situasi pandemi memaksa pemerintah di berbagai negara mengeluarkan kebijakan berbeda-beda terkait pembatasan mobilitas dan aktivitas para riders. Sebenarnya hal itu tidak menyurutkan antusiasme para riders peserta. Meski pada akhirnya IFRD 2021 cuma bisa digelar di sedikit negara.

IFRD 2021 1

Awal Mula IFRD

Penggagasnya adalah seorang lady bikers bernama Vicki Gray. Penggila motor asal Kanada ini juga merupakan pendiri Motoress.com. Sebuah situs yang fokus mengangkat berbagai topik yang relevan dan spesifik untuk riders wanita. Ini merupakan majalah daring pertama di dunia yang khusus membahas tema tersebut.

Ajang riders woman bikers dari IFRD pertama kali digelar pada tahun 2007 silam. Pada edisi pertamanya, IFRD sudah dilangsungkan tak kurang di 12 negara. Beberapa di antaranya, seperti Yunani, Belanda, Amerika Serikat, Kanada, Rusia, India, dan masih banyak lagi.

Sejak awal sudah mendapat perhatian. Pasalnya lady bikers yang ingin mengikuti touring di ajang IFRD tidak perlu melakukan pendaftaran resmi atau meminta undangan. Apalagi harus memenuhi persyaratan yang bermacam-macam.

Jadi, IFRD terbuka buat siapa saja. Mau anggota komunitas, solo rider, atau pemula. Siapapun boleh berpartisipasi, asalkan berjenis kelamin wanita dan bersedia touring mengendarai motornya pada setiap sabtu pertama di bulan Mei. Itupun tidak cuma bisa dilakukan bersama komunitas masing-masing. Riders yang ingin berkendara sendirian pun diperbolehkan.

Para riders hanya perlu mengunggah foto atau video di akun media sosial masing-masing. Maksudnya, agar penyelenggara dapat melacak semua peserta yang ikut dan dari mana saja mereka berasal agar saling terhubung. Motoress.com pun mengadakan kontes tersendiri untuk unggahan-unggahan yang paling menarik.

Sayang, meski penyelenggaraannya sudah semasif itu, gaung IFRD belum terdengar sampai ke Indonesia. Jumlah lady bikers Indonesia memang masih terlalu kecil dibandingkan negara-negara di Amerika atau Australia. Terlebih komunitas motor khusus riders wanita juga belum banyak terbentuk. Sejauh ini, komunitas lady bikers hanya terdapat di kota-kota besar, misalnya DGR DKI Jakarta, LBI Depok, serta LBJB, BGG, dan KNI yang berbasis di Bandung.