Wisata Religi Sambil Mengunjungi Masjid-masjid Terindah di Dunia

Masjid yang merupakan tempat ibadah umat muslim juga merupakan pusat berbagai kegiatan masyarakat. Selain Masjidil Haram, ternyata banyak sekali masjid-masjid indah di berbagai belahan dunia.

Tikum TravelMasjid yang merupakan tempat ibadah umat muslim juga merupakan pusat berbagai kegiatan masyarakat. Selain Masjidil Haram, ternyata banyak sekali masjid-masjid indah di berbagai belahan dunia.

Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al-Qur’an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran.

Kami merangkum beberapa masjid yang memiliki arsitektur indah dan unik di dunia, mulai dari Yerusalem hingga Rusia.

6 DESTINASI WISATA RELIGI

1. Masjid Dome of the Rock, Yerusalem

wisata religi 1

Masjid ini dibangun oleh khalifah Umayyah Abd al-Malik ibn Marwan pada akhir abad ke-7. Ini adalah monumen Islam tertua yang masih ada.

2. Masjid Shah Faisal, Pakistan

wisata religi 2

Masjid yang terletak di Islamabad, Pakistan. Ini adalah masjid terbesar kelima di dunia dan terbesar di Asia Selatan, terletak di kaki Bukit Margalla di ibu kota Pakistan, Islamabad. Masjid ini memiliki desain kontemporer yang terdiri dari delapan sisi cangkang beton dan terinspirasi oleh desain tenda khas suku Arab Bedouin.

3. Masjid Education City, Qatar

wisata religi 3

Education City diluncurkan oleh Qatar Foundation pada tahun 1997. Masih dalam area yang sama terdapat juga pusat pendidikan dan pusat penelitian. Hal ini didasari oleh gagasan Islam ‘Kulliyya’. Gagasan ini menjelaskan bahwa pengetahuan dan iman saling terkait, tetapi semua pengetahuan pada akhirnya berasal dari iman.

4. Masjid Al- Nabawi, Madinah, Saudi Arabia

wisata religi 4

Sebuah masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW. di kota Madinah, Provinsi Al Madinah Arab Saudi. Masjid ini adalah salah satu masjid terbesar di dunia dan masuk dalam situs tersuci kedua dalam Islam setelah Masjid al-Haram di Mekah.

5. Masjid Agung Seikh Zayed, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

wisata religi 5

Masjid terbesar di negara Uni Emirat Arab ini, merupakan tempat ibadah utama untuk salat sehari-hari. Bahkan selama Idul Fitri, tempat ini dikunjungi lebih dari 41.000 orang.

Masjid ini diresmikan oleh mendiang presiden Uni Emirat Arab, Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, yang ingin membangun sebuah struktur yang akan menyatukan keragaman budaya dunia Islam
dengan nilai-nilai sejarah, arsitektur modern dan seni. Pada tahun 2004, Sheikh Zayed meninggal dan dimakamkan di halaman masjid.

6. Masjid Katedral, Moscow

wisata religi 6

Masjid yang pernah masuk dalam daftar warisan budaya dunia ini struktur aslinya dibangun pada tahun 1904 sesuai dengan desain arsitek Nikolay Zhukov dan telah mengalami beberapa rekonstruksi sejak saat itu. Masjid ini sering juga disebut “Masjid Tatar” karena jemaahnya sebagian besar terdiri dari etnis Tatar.

Adakah masjid-masjid indah lain diseluruh dunia menurut Anda? Berikan saran dan komentar anda di bawah ini.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka