Wajib Diperhatikan Saat Memodifikasi MTB Menjadi Sepeda Hybrid

Ingin mengganti MTB menjadi sepeda hybrid? Mudah saja! Yuk, cari tahu apa itu hybrid dan bagian yang harus diganti saat modifikasi, hanya di Tikum.id!

Tahukah SobatTikum bahwa sebagian orang menyukai kegiatan mofidikasi sepeda? Salah satu yang paling sering dilakukan adalah memodifikasi MTB menjadi sepeda hybrid. Menariknya, SobatTikum bisa melakukan modifikasi sepeda secara mandiri di rumah dengan beberapa alat bantu.

Apa Itu Sepeda Hybrid?

Hybrid merupakan sepeda yang memadukan karakteristik sepeda touring dengan sepeda gunung. Perpaduan ini membuat hybrid menjadi sepeda yang nyaman, kuat, dan serba guna sehingga dapat digunakan di berbagai kondisi. Umumnya, hybrid memiliki kecepatan meluncur di aspal dengan sangat baik dibandingkan MTB.

Pada awal kemunculannya, banyak yang menyamakan hybrid dengan cross bike atau city bike. Namun, hal tersebut kurang tepat, sebab hybrid didesain untuk umum sehingga sangat nyaman dikendarai di jalanan beraspal maupun tanah kerikil.

Perbedaan Hybrid Dengan MTB

Lantaran hybrid merupakan kombinasi dua jenis sepeda, sepeda ini memiliki karakteristik yang unik, yakni:

  • Memiliki pelek dengan diameter 700c. Pelek tapak lebar yang biasa digunakan pada road bike ini berguna untuk menambah kecepatan.
  • Pelek yang ringan membuat sepeda hybrid memiliki kecepatan layaknya halilintar.
  • Gearset hybrid lebih tinggi sehingga dapat melaju lebih cepat.

Hybrid nyaman dikendarai jarak pendek maupun perjalanan jauh. Sepeda jenis ini biasanya memiliki setang lurus sehingga membuat postur pengguna tegak lurus ketika mengayuh sepeda. Hybrid memiliki roda lebih tipis dan ban halus. Kombinasi ini mendorong sepeda bergerak lebih cepat di permukaan yang normal. Hybrid juga memiliki kemampuan membawa barang bawaan ketika bersepeda layaknya sepeda touring.

Sementara sepeda MTB merupakan sepeda yang dirancang untuk jalanan tidak beraspal dan pegunungan. MTB dapat digunakan untuk off road ridings di daerah perbukitan atau jalanan kasar. MTB memiliki setang tegak atau datar dengan rentang gigi yang sangat rendah sehigga cocok di jalanan curam. Sejumlah MTB juga dilengkapi suspensi depan ‘hardtail’ atau bagian belakang ‘full suspension’. Sementara MTB tanpa suspensi dinamakan ‘kaku’.

Bagian yang Harus Diganti Saat Memodifikasi MTB Menjadi Hybrid?

Bagi SobatTikum yang tertarik memodifikasi MTB menjadi hybrid, terdapat beberapa bagian yang harus diganti. Apa saja? Berikut uraiannya.

Garpu Sepeda (Fork)

Bagian pertama yang harus menjadi perhatian SobatTikum adalah garpu sepeda. Fork rigid sangat berperan untuk meningkatkan kecepatan dan kestabilan ketika meluncur di jalan beraspal. Fork rigid juga efektif membuat energi kaki lebih efisien sehingga tidak menyebabkan penggunanya mudah lelah. Fork rigid memiliki lebar sisi bagian dalam yang lebih kecil. Hal ini memungkinkan SobatTikum menggunakan ban dan wheelset dengan ukuran tidak begitu lebar.

Lain halnya jika garpu sepeda tetap menggunakan suspensi. Tidak hanya menyebabkan sepeda berat, melainkan juga membuat kayuhan sepeda terserap shock breaker. Kayuhan sepeda menggunakan suspense kurang stabil pada kecepatan tinggi.

Velg dan Roda

Selain fork, SobatTikum juga harus mengganti velg dan roda. Hybrid menggunakan wheelset yang lebih sempit. Berbeda dengan MTB yang menggunakan ban besar dengan ulir dalam, hybrid menggunakan ban tanpa ulir dengan lebar sekitar 30 milimeter.

Penggantian velg dan roda akan membuat sepeda lebih ringan. Rolling resistansinya juga lebih tinggi sehingga mengurangi beban hybrid ketika melaju di jalanan beraspal. Pada intinya, modifikasi MTB ke hybrid bertujuan untuk membuat sepeda seringan mungkin dengan fork rigid dan rolling resistance yang tinggi.

Demikianlah informasi mengenai bagian yang harus SobatTikum perhatikan saat hendak memodifikasi MTB menjadi sepeda hybrid. Selamat mencoba!


Garmin move Style Hybrid Smartwatch Real Watch Hands and Hidden Color Touchscreen Displays smart watch men women for xiaomi mi

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tinggalkan komen