Tren Sepeda di Tahun 2022, yang Mana Favorit Anda?

Pertengahan tahun ini Tren sepeda 2022 bakal didominasi model yang nyaman dipakai di segala medan. Simak selengkapnya di sini!

Tikum.id Bike – Pertengahan tahun ini Tren sepeda 2022 bakal didominasi model yang nyaman dipakai di segala medan. Simak selengkapnya di sini!

Tren sepeda terus mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Beberapa tahun belakangan, folding bike atau sepeda lipat begitu digemari karena kepraktisannya. Lalu, sepeda-sepeda seperti apa yang bakal menjadi tren di 2022? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Sepeda-sepeda yang Menjadi Tren di 2022

Ketika dunia dihantam pandemi, semangat masyarakat untuk bersepeda melonjak tajam. Bersepeda memang bisa menjadi sarana refreshing yang asyik sekaligus meningkatkan imun tubuh. Di tahun 2022, minat bersepeda masih tetap tinggi. Selain untuk menyehatkan badan, sebagian orang sudah menjadikan bersepeda sebagai gaya hidup.

Terdapat beberapa jenis sepeda yang banyak dipilih hingga menjadi tren di 2022, di antaranya:

1. Road Bike

Tren sepeda di 2022 dibuka dengan jenis sepeda yang tak lekang oleh waktu dan tak pernah ketinggalan zaman. Dirancang untuk dikendarai di jalanan mulus, Road bike bisa melaju hingga kecepatan 50 km bahkan 60 km per jam. Rasakan sensasi seperti tengah balapan di lintasan MotoGP saat berbelok di jalanan menurun menggunakan sepeda yang biasa disebut sepeda balap oleh masyarakat Indonesia.

Rangka road bike yang ringan membuat bobotnya tidak sampai 6 kg, tidak akan begitu merepotkan meski diangkat ke lantai 7 apartemen tanpa menggunakan elevator. Tapak bannya yang halus tidak akan terlalu mengotori ubin ketika melewati ruang tamu. Road bike juga mudah dibersihkan.

Keunggulan-keunggulan yang disebutkan barusan hanya sebagian kecil alasan para pesepeda menyukai road bike. Tingginya permintaan pasar mendorong merek-merek ternama turut meluncurkan sepeda jenis road bike, dari yang harganya masih terjangkau sampai yang selangit.

2. Gravel

Tampilannya mirip dengan road bike tetapi bisa dipakai di medan yang lebih beragam tanpa mengurangi kenyamanan dalam bersepeda. Gravel adalah kombinasi ketangguhan, keserbagunaan, dan kemampuan untuk beradaptasi. Tipe sepeda yang ideal untuk touring ataupun menunjang kegiatan sehari-hari. Melihat kelebihan-kelebihan yang dimilikinya, tidak sedikit pesepeda yang mulai melirik gravel. Beruntung sekarang telah hadir sepeda gravel versi lebih ramah di kantong.

3. Minivelo

Velo berasal dari bahasa latin yang berarti sepeda, minivelo bisa dibilang road bike versi mini. Keberadaan minivelo sebagai alternatif alat transportasi, sangat membantu di kala pandemi melanda. Pasca pandemi, minivelo tetap menjadi primadona masyarakat perkotaan untuk mendukung mobilitas. Ukurannya yang kecil, masih memungkinkan untuk dibawa naik MRT. Walau kecil tapi gesit dan cocok dipakai berbagai kalangan usia.

4. Sepeda Listrik

Tidak seperti sepeda biasa, e-bike dilengkapi baterai serta mesin bawaan yang membantu memberi tenaga saat dikendarai. Sepeda listrik relatif lebih mudah untuk digunakan, meski sedikit lebih berat dari sepeda konvensional. Jangan salah, e-bike tetap mesti dikayuh juga ya.

Di Amerika, volume penjualan sepeda listrik meningkat sampai 145 persen pada rentang waktu tiga tahun terakhir. Walau di Indonesia belum terlalu booming, peminatnya sudah mulai banyak. Di kota-kota besar bisa kita jumpai pengendara e-bike berseliweran. Sayangnya sarana pendukungnya masih perlu ditingkatkan, seperti titik-titik pengisian daya yang tersebar di banyak tempat.

5. Mountain Bike

Sepeda gunung memang tidak ada matinya, di 2022 seri trail lebih diminati karena tangguh menaklukkan segala medan sehingga dapat dipakai mengeksplorasi bermacam trek. Sepeda gunung cenderung dibuat lebih seru dengan posisi badan yang lebih nyaman kala mengendarainya.

Itulah tren sepeda di 2022, tingkat penjualan sepeda gravel versi ramah di kantong terus meningkat. Folding bike yang di tahun-tahun sebelumnya menjadi tren mulai tergeser jenis-jenis sepeda yang bisa dipakai di berbagai kondisi jalan namun tetap nyaman.

Bagaimana, sudah menentukan ingin upgrade sepeda tipe yang mana tahun ini?

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka