Seiring dengan berjalannya kehidupan normal baru /new normal di Indonesia, Sub Sektor Desain Komunikasi Visual (DKV) memiliki tantangan tersendiri di dunia desain komunikasi.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan mendorong Sub Sektor Desain Komunikasi Visual untuk membangun model bisnis baru melalui platform digital.
Berdasarkan sensus desain 2020 dari ADGI yang dilakukan pada 1440 pekerja lepas, karyawan dan pemilik studio memperlihatkan bahwa dampak Covid-19 pada penurunan pekerjaan cukup signifikan dari 65- 80 persen. Dan hal ini berakibat langsung pada turunnya pendapatan mereka secara drastic. Transformasi digital inilah yang dinilai akan menjadi tantangan bisnis bagi dunia desain komunikasi saat ini.

Menurut Staf Khusus Menteri Bidang Digital dan Industri Kreatif Kemenparekraf, Ricky Pesik. DKV di era normal baru masih memiliki banyak pekerjaan rumah yang menjadi tantangan ke depan.
Ricky menambahkan, bahwa subsektor DKV terdampak karena kegiatan ekonomi dan usaha secara otomatis menurunkan kegiatan komunikasi dan pemasaran yang selama ini menjadi basis utama sumber usaha subsektor DKV.
Ia juga berharap Ke depannya agar bagaimana undang-undang ekonomi kreatif bisa memiliki dampak besar untuk kebijakan-kebijakan pemerintah khususnya di sektor desain secara umum dan DKV secara khusus, agar bisa menjadi instrument dalam membantu para pelaku usaha DKV di Indonesia.