5 Rute Rekomendasi Touring Nusantara Paling Menantang

(Photo by: Land Rover Club Indonesia)

Tikum Otomotif – Bukan jalur sembarangan, rute Touring Nusantara Paling Menantang khusus untuk penggemar offroad berikut akan menyuguhkan pengalaman luar biasa, sekaligus eksotisme panorama alam.

Indonesia memiliki topografi beraneka ragam, sehingga tak heran jika menjadi salah satu surga bagi para pecinta offroad. Nah, berikut ini kami sajikan rekomendasi lima rute Touring Nusantara Paling Menantang buat para penggemar medan terjal.

Taman Nasional Gunung Merapi

Bukan hanya offroader lokal, popularitas rute touring Taman Nasional Gunung Merapi merambah hingga mancanegara. Bahkan ada paket wisata khusus, Merapi Lava Tour jika ingin berwisata sambil memacu adrenalin melalui jalur bekas aliran magma letusan gunung.

Sedikitnya ada dua pilihan rute dengan durasi tempuhnya masing-masing. Rute pertama berjarak pendek, yakni melewati Batu Alien dan Bunker Kaliadem yang bisa ditempuh sekitar 1 – 2 jam.

Rute berikutnya cukup panjang melalui Sungai Batang, Sungai Lamat, dan Sungai Blongkeng, dengan waktu tempuh 4 – 5 jam. Rute yang kedua ini lebih menegangkan, karena melewati jalur bertebing-tebing dengan jurang yang cukup curam.

Cikole, Lembang

Cikole adalah nama sebuah desa di Lembang, wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kawasan di kaki Gunung Tangkuban Perahu terkenal memiliki panorama alam memukau, dengan berbagai wahana wisata yang dihadirkan guna menambah daya tariknya.

Salah satu rute offroad terpopuler di Cikole berjarak tempuh sekitar 18 kilometer. Anda akan diajak melewati hutan pinus, dengan jalanan yang sempit, curam, serta trek berbatu dan berlumpur. Di beberapa lokasi Anda pun akan disuguhi panorama Kebun Teh Sukawarna dan Gunung Putri.

Bukan cuma menantang nyali, rute touring nusantara Sukawarna – Cikole juga dikenal cukup ngeri. Pasalnya, ada banyak cerita tentang betapa mistisnya salah satu jalur offroad, yakni di Leuweung Kunthi, bagian dari kawasan Hutan Jatiwangi. Mendengar namanya saja sudah membikin bulu kuduk merinding.

Gunung Bromo

Rute menuju gunung di Jawa Timur ini dapat ditempuh dari tiga titik, yakni Pasuruan, Probolinggo, dan Malang. Namun jika ingin merasakan sensasi berkendara lebih menyenangkan, Anda dapat memilih berangkat dari Malang.

Kondisi jalur yang dilewati cukup beragam, mulai dari trek terjal dan curam, gurun pasir, sungai, sampai padang rumput hijau yang pasti akan membuat imajinasi Anda melayang-layang.

Meski tidak ada trek khusus, jalur menuju Gunung Bromo pasti sukar dilalui tanpa ketangkasan berkendara ala offroader. Tapi uniknya, banyak orang nekat menggunakan kendaraan pribadi yang bukan khusus dibuat untuk medan offroad, seperti mobil 4×4 atau motor trail.

Baturraden, Purwokerto

Daerah yang dikenal lewat cerita legenda Lutung Kasarung berkembang menjadi kawasan wisata alam. Khusus untuk wisata minat khusus, tersedia tiga pilihan jalur offroad yang dibedakan menurut tingkat kesulitannya.

Rute pertama adalah yang paling mudah, melewati jalanan aspal membelah Hutan Wisata Baturraden. Sementara dua rute lainnya, masing-masing sepanjang 10 dan 12 kilometer menyusuri Hutan Pinus Limpakuwus, melewati Bukit Pandang, BPPTU Baturraden, dan berakhir di Desa Serang, Purbalingga.

Kondisi trek umumnya sempit dan licin, dengan suguhan utama berupa panorama alam yang indah. Suguhan itu menjadi keunggulan rute touring offroad Baturraden yang masih tergolong perawan karena belum banyak terekspos.

Gunung Kelud, Kediri

Satu lagi rute touring offroad pegunungan, kali ini di wilayah Kediri, Jawa Timur. Seperti halnya Merapi, Gunung Kelud juga masih aktif, bahkan letusan terakhirnya baru terjadi 2014 kemarin.

Jalur offroad Gunung Kelud pun mirip-mirip Merapi. Ada trek berupa saluran lahar bekas erupsi yang penuh pasir dan batu-batuan, hutan dan perbukitan, sungai (Kali Bladak), sampai berakhir di padang savana.

Selain itu, ada pula rute sejauh 16 kilometer yang banyak melalui jalanan berbatu pasir, hingga ke puncak di bibir kawah. Pastinya, perjalanan ini akan menjadi pengalaman yang susah dilupakan saking serunya.

Anda mungkin suka