Top Ten Kuliner Jerman

Bacaan 9 menit

Percaya atau tidak, ada banyak makanan Jerman yang bukan melulu berbasis sosis dan asinan sauerkraut. Berikut Top Ten hidangan Jerman, mungkin Anda ngin mencoba pesan atau bikin sendiri di rumah lagi bahaya pandemi Covid-19 masih nyata-nyatanya sekarang ini mengancam kita.

Masuk kedalam dunia kuliner Jerman, Anda akan menemukan sederetan hidangan yang variatif kaya, sedap, dan lezat yang semuanya merupakan makanan enak, titik. Di jerman sendiri masing-masing wilayah Jerman memiliki kuliner khas tradisional.

Karena banyak makanan dibawah ini mudah dibuat, Anda tidak akan merasa terlalu sulit untuk memasukkannya ke dalam menu Anda atau keluarga Anda. Jadi mengapa tidak coba menjelajahi budaya Jerman dengan seleramu dan ciptakan hidangan Anda sendiri.

Guten Appetit!

1. Wurst

german kuliner wurst

Mari kita mulai dengan Wurst. Di negeri Jerman diperkirakan ada 1.500 varietas sosis; masing-masing dengan bahan dan campuran rempah-rempah yang unik berikut cara penyajiannya. Salah satu varietas yang paling populer adalah Bratwurst, sosis goreng yang dibuat dari daging sapi muda, sapi, atau babi. Lainnya termasuk Wiener (Wina), yang dihisap dan kemudian direbus, dan sosis darah, Blutwurst dan Schwarzwurst.

Anda juga akan menemukan spesialisasi daerah seperti Currywurst Berlin (dengan saus kari di atasnya) dan Weisswurst Bavaria; sosis putih yang Anda kupas sebelum makan dengan mustard manis. Sementara itu, Nürnberg terkenal dengan Rostbratwurst panggangnya, yang dimakan orang dengan kol cabai (sauerkraut) yang difermentasi. Dan di negara bagian Thuringia, Rostbratwurst lokal dibuat menggunakan rempah-rempah khas, seperti marjoram dan jintan.

Mau merasakan kuliner Jerman: The Docks BSD City

2. Rouladen

german kuliner rulade

Hidangan khas Jerman ini terdiri dari bacon, bawang, mustard, dan acar yang dibungkus dengan daging sapi atau sapi yang diiris tipis yang kemudian dimasak.

Rouladen juga dianggap sebagai bagian dari masakan tradisional Polandia di wilayah Silesia. Di sini dikenal sebagai rolada Śląska (roulade Silesia). Ia juga terkenal di Republik Ceko di mana ia disebut Španělský ptáček (burung Spanyol). Campuran bervariasi dari satu daerah ke daerah lain, daging sapi telah menjadi populer selama abad terakhir. Anda akan menemukan makanan Jerman yang lezat ini di festival dan meja makan malam keluarga di seluruh negeri. Biasanya disertai dengan pangsit, kentang tumbuk, Blaukraut atau kubis merah yang dimasak dengan saus anggur merah.

3. Käsespätzle

german kuliner Käsespätzle

Pasta atau Spätzle sangat populer di selatan Jerman. Mie telur lembut ini terbuat dari tepung terigu dan telur dan sering atasnya di topup dengan keju (Käsespätzle) dan bawang panggang.

Meskipun asal usul sengketa dan variasi ditemukan di negara-negara tetangga, Spätzle tetap menjadi spesialisasi Swabia. Di sana, aturan memasak umum adalah menggunakan satu telur lebih banyak dari jumlah tamu.

Spätzle sering disajikan dengan hidangan daging yang menggunakan banyak saus, seperti Rouladen, atau dalam semur, seperti Gaisburger Marsch (semangkuk Swabia).

Di beberapa daerah, adonan mengandung bahan-bahan lain seperti ceri (Kirschspätzle), apel (Apfelspätzle), hati (Leberspätzle), sauerkraut (Krautspätzle), atau bahkan bir.

4. Eintopf

german kuliner eintopf

Semangkuk Eintopf yang mengepul akan menghangatkan Anda yang lagi terkena cuaca dingin. Nama sup tradisional Jerman ini secara harfiah berarti ‘satu panci’ dan mengacu pada cara memasak daripada isinya.

Konon, sebagian besar resep mengandung bahan dasar yang sama: kaldu, sayuran, kentang atau kacang-kacangan, dan daging babi, sapi, ayam, atau ikan. Anda akan menemukan banyak spesialisasi daerah yang berbeda di seluruh Jerman. Ini termasuk Lumpen und Flöh (yang berarti ‘kain dan kutu’) di daerah Kassel dan Linseneintopf (lentil) di Thüringen. Penuh dengan rasa dan kebaikan yang menghangatkan hati, tidak heran hidangan lezat ini adalah salah satu makanan Jerman paling populer.

5. Sauerbraten

german kuliner sauerbratin

Orang Jerman suka hidangan daging, dan Sauerbraten (berarti ‘asam’ atau ‘acar’ panggang) adalah salah satu special Jerman. Anda bisa membuat daging panggang dengan menggunakan berbagai jenis daging, yang Anda rendam dalam anggur, cuka, rempah-rempah, bumbu, lalu bumbui hingga sepuluh hari. Resep ini juga ideal untuk melunakkan potongan daging.

6. Kartoffelpuffer

german kuliner Kartoffelpuffer

Kata yang luar biasa! Sempurna untuk dinikmati sebagai lauk atau camilan ringan, Kartoffelpuffer adalah panekuk dangkal yang dibuat dari parutan atau kentang yang dicampur dengan tepung, telur, bawang, dan bumbu. Anda bisa memberi mereka berbagai bumbu manis atau gurih, seperti krim asam, keju cottage, saus apel, atau kayu manis. Anda akan sering menemukan makanan Jerman yang lezat ini di pasar khususnya pada musim dingin dan beberapa variasi menggunakan ubi jalar yang juga populer.

7. Brezel

german kuliner berzel

Sebagai lauk atau camilan, Brezel (pretzel) adalah jenis kue kering yang dibuat dari adonan yang biasanya berbentuk simpul. Brezel biasanya ditaburi dengan garam,keju, gula, cokelat, kayu manis. Ini adalah makanan Jerman populer yang pas untuk dikonsumsi dengan bir. Lecker!

8. Schnitzel

german kuliner schnitzel

Daftar makanan belum lengkap tanpa Schnitzel. Dilapisi remah roti dan sering disajikan dengan seiris lemon, potongan daging tipis tanpa tulang. Ikon dari masakan Jerman. Anda dapat memilih Wiener Schnitzel (gaya Wina) yang terbuat dari daging sapi muda, atau Schnitzel Wiener Art, dengan daging babi (Schwein). Jika Anda memesan schnitzel bergaya Hamburg, itu akan tiba dengan telur goreng di atasnya, sementara schnitzel bergaya Holsten datang dengan telur dan ikan teri.

9. Schwarzwälder Kirschtorte

german kuliner Schwarzwälder-Kirschtort

Anda akan menemukan banyak kue dan kue tart untuk menggoda Anda di Jerman, tetapi hanya sedikit orang yang bisa menolak kue yang paling terkenal Jerman: Schwarzwälder Kirschtorte yang lezat (yang secara harfiah berarti ‘Torte ceri Hutan Hitam’). Makanan penutup ini mendapatkan namanya dari Schwarzwälder Kirschwasser, minuman keras yang disuling dari ceri.

Menariknya, hukum Jerman sebenarnya mengamanatkan bahwa Kirschwasser harus hadir dalam kue tersebut agar dapat dilabeli sebagai Schwarzwälder Kirschtorte. Kue-kue coklat, ceri, dan whipped cream, ceri maraschino, dan serutan cokelat untuk menambah rasa wow.

10. Apfelstrudel

Apfelstrudel

Meskipun Apfelstrudel (apel strudel) adalah salah satu hidangan penutup nasional Austria, Jerman juga telah mengadopsinya menjadi masakan lokalnya. Hidangan populer terdiri dari kue mentega yang berisi apel yang dibumbui dengan gula, kayu manis, dan kismis. Hidangan ini menjadi populer di abad ke-18 di bawah kekaisaran Habsburg. Rasanya sangat surgawi!

So sobat, mau coba di restoran Jerman atau mau coba sendiri bikin di dapur Anda sendiri.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tinggalkan komen