Top Ten Gastronomi Prancis

gastro-francais

A table! (Mari kita makan). Temukan 10 makanan Prancis terbaik untuk dinikmati bersama keluarga atau teman. Bon appetit!

Dalam masa-masa sulit karena pandemi Corona, kami berusaha membawa Sobat menjelajahi dunia secara berbeda. Jadi tentang masalah makanan, ini bisa memberi tahu kita banyak tentang berbagai budaya tradisional Perancis. Jika kita belum bisa melakukan perjalanan ke seluruh untuk mencicipi kelezatan Prancis, kita dapat menikmati masakan khas ini dari rumah dan mempelajari lebih lanjut tentang asal usulnya.

Katanya, makanan Perancis adalah salah satu yang terbaik di dunia le meilleur du monde dan bahkan telah dimasukkan dalam warisan budaya takbenda kemanusiaan. Bisa dibayagkan sampai-sampai UNESCO (yang juga berkantor di Paris) mengkualifikasikan makanan Perancis sebagai warisan dunia.

1. Tartiflette

gastro-francais-Tartiflette.

Terdiri dari kentang, bacon, reblochon dan bawang dan biasanya disertai dengan salad hijau yang baik, tartiflette adalah spesialisasi kuliner Prancis yang berasal dari Savoy. Makanan sederhana namun lezat yang dapat dinikmati kapan saja sepanjang tahun, di musim dingin – di malam hari setelah bermain ski yang menyenangkan – seperti di musim panas.

2. Coq au Vin

gastro-francais-coq-au-vin

Coq au vin adalah hidangan tradisional masakan Prancis. Untuk menyiapkan hidangan ini, Anda perlu ayam jantan dipotong-potong yang dimasak dengan anggur yang baik (biasanya merah, tetapi Riesling juga dapat melakukan triknya) dan disertai dengan bawang, wortel, karangan bunga garni dan jamur. Silakan dinikmati makanannya.

3. Pot au feu

gastro-francais-pot-au-feu

Untuk membuat hidangan ini, Anda hanya perlu sayur dan daging. Taruh semua bahan ini dalam panci besar, isi dengan air dan masak dengan api kecil. Bon cocok untuk semua pecinta masakan tradisional Prancis.

4. Quiche Lorraine

gastro-francais-Quiche-Lorraine

Quiche adalah – bersama dengan bergamot, madeleine dan mirabelle prem – salah satu spesialisasi kuliner paling lezat di Lorraine. Ditutupi dengan bacon dan migaine, pelacur gurih ini idealnya dimakan sebagai starter. Hidangan khas Perancis tradisional ini dimakan dengan salad atau endives hijau yang enak.

5. Crepe

gastro-francais-crepes

Crêpes adalah keunggulan khusus Breton. Disertai dengan semangkuk sari buah apel yang enak, mereka bisa dimakan asin (panekuk gandum) atau dimaniskan dengan hidangan penutup. Crepe adalah simbol masakan Prancis yang populer di kalangan wisatawan asing.

6. Steak tartare

gastro-francais-steak-tartar

Steak tartare adalah salah satu spesialisasi Prancis yang sangat populer di kalangan pecinta daging. Harus dikatakan bahwa hidangan ini menawarkan dua hal. Di satu sisi, enak sekali. Di sisi lain, hidangan ini mudah persiapannya: yang Anda butuhkan adalah steak cincang segar berkualitas baik (tanyakan pada tukang daging Anda), caper, telur mentah dan bumbu. Cru atau mentah, telah terintegrasi dengan sempurna ke dalam masakan Prancis, bahkan jika itu tidak menarik bagi semua orang.

7. Cassoulet

gastro-francais-cassulet

Meskipun hidangan khas Perancis ini berasal dari Languedoc, hidangan masakan Prancis tradisional ini mudah dikaitkan dengan kota Toulouse. Cassoulet adalah hidangan lezat, tetapi tinggi kalori – dibuat dengan kacang putih, bebek confit dan sosis, antara lain. Ini adalah hidangan ideal untuk dimakan di musim dingin.

8. Huîtres atau Tiram

gastro-francais-huitres

Sebagian besar dibudidayakan di cekungan Marennes-Oléron, tiram adalah salah satu hidangan paling populer selama perayaan akhir tahun. Akan jadi apa keahlian memasak Prancis tanpa makanan laut kita yang terkenal?

9. Gratin Dauphinois

gastro-francais-cgratin-dauphinois

Untuk menyiapkan makanan khas Dauphiné ini, Anda hanya perlu kentang, krim, dan mungkin sedikit daun bawang segar. Hidangan ini sangat cocok dengan masakan tradisional Perancis dan dapat dimakan sebagai hidangan utama atau sebagai lauk.

10. Bœuf Bourguignon

gastro-francais-boefburguignon

Bœuf bourguignon adalah salah satu hidangan paling tradisional dan paling mak nyus lezat. Untuk menyiapkan hidangan ini, yang perlu Anda lakukan adalah memasak daging sapi dengan api kecil dengan anggur Burgundy. Sajikan daging dengan hiasan segar (jamur, kentang kukus, wortel, dll.) Dan Anda pasti akan makan enak. Menyebutkan spesialisasi Prancis dan masakan tradisional tanpa menyebut daging sapi bourguignon adalah hal yang mustahil. Sedikit tip untuk rasa yang lebih kaya, tambahkan sedikit bacon asap pada hidangan ini. Cest trop bon!

Restoran Perancis di Jakarta

Le Bistro
Central Jakarta City, Jakarta

Bistro Baron
Central Jakarta City, Jakarta · In Plaza Indonesia

AMUZ Gourmet Restaurant
South Jakarta City, Jakarta · In The Energy Tower

Bleu Alley Brasserie
North Jakarta City, Jakarta

Branché Bistro
South Jakarta City, Jakarta

Paul Bakery Pacific Place
South Jakarta City, Jakarta · In One Pacific Place

Café de Paris Chez Josette
In The Bellezza Shopping Arcade


Dimana bisa mencicipi kuliner Jerman: The Docks di BSD City

Author: Anu Tualang

Anu Tualang, Traveler dan reviwer perjalan ke Destinasi Wisata yang banyak Indonesia miliki khususnya Keindahan Alam, Sejarah, Heritage, hingga Kuliner yang tersebar di Nusantara yang Luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *