Top 10 Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri di Berbagai Negara

Diperingatinya sebagai hari kemenangan, perayaan Idul Fitri di berbagai negara dimaknai secara berbeda meskipun pada intinya adalah silaturahmi dan saling bermaaf-maafan untuk kembali suci.

Tikum – Berita – Diperingatinya sebagai hari kemenangan, perayaan Idul Fitri di berbagai negara dimaknai secara berbeda meskipun pada intinya adalah silaturahmi dan saling bermaaf-maafan untuk kembali suci. Berikut Top 10 Tradisi Unik Idul Fitri.

Perayaan Idul Fitri di Berbagai Negara – Seluruh umat muslim di belahan dunia saat bulan Ramadhan diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Di penghujung ramadhan dan di awal bulan Syawal diperingatilah sebagai hari raya Idul Fitri sebagai hari kemenangan setelah satu bulan penuh berpuasa yang sangat memiliki makna luar biasa. Keunikan ditandai dengan perayaan tradisi-tradisi dan kemeriahan yang hanya bisa dilakukan sekali dalam setahun.

  1. Indonesia
  2. Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam
  3. Australia
  4. Arab Saudi
  5. India
  6. Maroko
  7. China
  8. Turki
  9. Suriname
  10. Afrika Selatan

1. Indonesia

Perayaan Idul Fitri di Indonesia di pengaruhi dengan berbagai banyak tradisi sesuai dengan kultur dan warisan. Pada umumnya, perayaan Idul Fitri di Indonesia ditandai dengan takbir pada malam menjelang Idul Fitri, halal bi halal, mudik, berziarah ke makam keluarga, dan sebagainya sesuai dengan warisan kultur masing-masing daerah. Acara makan bersama keluarga besar dengan menu khas lebaran.

2. Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam

Perayaan Idul Fitri dari tiga negara ini tidak berbeda jauh dari Indonesia. Hanya ada satu kegiatan yang berbeda, masyarakat Malaysia yang tinggal di kampung diwarnai dengan penyalaan pelita atau obor saat takbiran.

3. Australia

Negara yang berlokasi di hemisfera selatan melaksanakan perayaan cukup meriah. Perusahaan memberikan toleransi kepada semua karyawan muslim untuk libur, serta kawasan mayoritas muslim bisa menggunakan jalanan umum untuk shalat idul fitri. Hal ini menjadi istimewa karena mengingat Australia bukanlah negara muslim.

4. Arab Saudi

Perayaan idul fitri di Jajirah Arab ini kental dengan kesenian. Beragam pagelaran diadakan seperti baca puisi, parade, teater hingga pertunjukan musik. Jika di Indonesia terdapat ketupat dan opor ayam, Arab Saudi memiliki daging domba yang dicampur nasi serta sayuran tradisional. Tradisi mendekor rumah tak ketinggalan untuk selebrasi Idul Fitri dengan hiasan lampion berwarna-warni agar terlihat cantik.

5. India

India yang merupakan negara terbesar minoritas kaum muslim. Saat perayaan Idul Fitri, beberapa makanan spesial disiapkan seperti hidangan manis yang disebut Sheer Kurma dan sejenis sohun nasi yang disebut servai.

Pada malam Idul Fitri, orang-orang mengunjungi bazar. Para wanita berhias di tangan menggunakan pacar serta pakaian tradisional. Chaand Raat.

6. Maroko

Perayaan Idul Fitri di Maroko diadakan pagi hari setelah selesai menunaikan shalat ied di masjid. Masyarakat menikmati sarapan mewah tradisional seperti pancake Maroko dan Baghrir serta biskuit dan teh mint. Seperti halnya di negara muslim lain, di Maroko anak-anak menerima hadiah dan uang.

7. China

Tradisi di China, perayaan ditandai dengan mengunjungi makam leluhur, membersihkan dan mempersembahkan doa. Tradisi doa ini dilakukan untuk menghormati ratusan ribu muslim yang tewas selama Dinasti Qing dan Revolusi Kebudayaan. Setelah shalat ied, umat muslim akan makan-makan dan bersilaturahmi.

8. Turki

Masyarakat Turki menamakannya Festival Gula atau Seker Bayram mirip dengan tradisi sungkem di Indonesia, anak-anak memberi salam dan sungkem atau sembah sujud kepada orangtua dengan mendapatkanganjaran ciuman di kedua pipi sebagai simbol kasih sayang.

9. Suriname

Terbilang unik, lebaran di Suriname ditetapkan perhitungan mereka sendiri yaitu menggunakan prajangka atau perhitungan ala primbon Jawa peninggalan nenek moyang dulu. Masyarakat Suriname memiliki kedekata psikologi dengan Indonesia karena sebagian penduduknya merupakan keturunan suku Jawa yang dikirim untuk dijadikan kuli kontrak pada masa penjajahan Belanda.

10. Afrika Selatan

Setiap tahun, tradisi di Afrika Selatan berkumpul di Green Point, Cape Town untuk menyaksikan hari terakhir bulan Ramadhan. Masyarakat akan saling berkunjung ke rumah sanak saudara dan atau tetangga dekat.

Bagaimana menurut Anda. Tingalkan komen melalui formulir dibawah ini.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka