Yuk, Berkenalan dengan 4 Tokoh Muslimah Inspiratif di Dunia!

Mari berkenalan dengan empat tokoh muslimah inspiratif di dunia berikut. Tilik prestasi mereka yang mengagumkan dan petik hikmahnya!

Mari berkenalan dengan empat tokoh muslimah inspiratif di dunia berikut. Tilik prestasi mereka yang mengagumkan dan petik hikmahnya!

Belakangan ini, muslimah sering menjadi sorotan yang kerap diperdebatkan, baik di dalam maupun di luar komunitas muslim. Berbagai prasangka dan stereotip menimpa mereka, seperti masalah gender, pakaian, kemampuan, serta peran dalam agama. Mereka pun kerap berjuang melawan islamofobia dan misogini di masa kini.

Kenyataannya, wanita merupakan sosok yang sangat diistimewakan dalam Islam. Mereka memiliki hak dan tidak pantas mendapatkan diskriminasi dari siapa pun. Para wanita muslim berhak berkontribusi untuk masyarakat dan agama dengan kemampuan mereka masing-masing.

Dari zaman ke zaman, sosok muslimah hebat terus-menerus bermunculan, tak terkecuali di masa modern ini. Ingin tahu siapa saja tokoh muslimah inspiratif masa kini? Yuk, kenalan dengan empat sosok berikut!

1. Tawakkul Karman

tikum berita tokoh inspiratif di dunia 1

Tawakkul Karman, seorang wanita hebat kelahiran Yaman yang dijuluki “Iron Woman” dan Ibu Revolusi”. Tokoh muslimah ini memenangkan Penghargaan Nobel Perdamaian di tahun 2011 karena kegigihannya dalam memperjuangkan wanita serta hak asasi perempuan. Berkat aksinya, Tawakkul Karman menjadi orang Yaman pertama, muslimah kedua, serta wanita Arab pertama yang memenangkan Penghargaan Nobel Perdamaian.

Semasa hidupnya, Tawakkul Karman menyaksikan Yaman yang penuh dengan kerusuhan politik. Sebagai seorang jurnalis dan aktivis hak asasi manusia, dia merespons ketidakstabilan politik dan pelanggaran HAM di Yaman dengan menggerakkan orang-orang serta melaporkan ketidakadilan. Pada tahun 2005, Tawakkul Karman mendirikan Women Journalists Without Chains (WJWC) yang mendukung kebebasan dan hak asasi, serta menyediakan fasilitas kepada para jurnalis.

2. Dalia Mogahed

tikum berita tokoh inspiratif di dunia 2

Berikutnya, ada Dalia Mogahed, seorang konsultan Amerika Serikat yang menjadi pejabat berhijab pertama di White House. Dia ditunjuk oleh Presiden Barack Obama pada tahun 2009 untuk mengisi badan baru bernama “Office of Religious Partnership”. Dalia ditugaskan memperbaiki persepsi Amerika Serikat terhadap muslim.

Pada akhir masa jabatannya, wanita kelahiran Mesir ini berkesampatan merumuskan rekomendasi terkait penjangkauan umat Islam dalam laporan penasihatnya kepada presiden. Selain itu, Dalia juga aktif memimpin Gallup’s Center for Muslim Studies, pusat penelitian nonpemerintah yang menyediakan analisis berbasis data tentang seluk-beluk populasi Muslim di seluruh dunia.

3. Malala Yousafzai

tikum berita tokoh inspiratif di dunia 3

Malala Yousafzai merupakan peraih Penghargaan Nobel Perdamaian termuda sepanjang sejarah. Penghargaan tersebut diperoleh berkat jasa Malala dalam melawan penindasan anak-anak dan muda mudi, serta memperjuangkan hak pendidikan bagi seluruh anak. Tokoh muslimah inspiratif ini pernah menjadi korban penembakan kelompok teroris di Pakistan, Taliban, karena kebencian mereka terhadap aksi Malala. Meskipun begitu, Malala berhasil selamat dan tetap maju tak gentar dalam membela hak-hak golongan muda, terutama perempuan.

4. Khatijah Mohamad Yusoff

tikum berita tokoh inspiratif di dunia 4

Khatijah Yusoff adalah seorang ahli mikribiologi asal Malaysia yang terkenal secara global. Dia tercatat sebagai ilmuwan Asia kedua yang memenangkan Penghargaan UNESCO Carlos Finlay pada tahun 2005. Penghargaan tersebut didapatkan Khatijah berkat prestasi di bidang yang digelutinya.

Khatijah melakukan penelitian terkait Newcastle Disease Virus (NDV), yakni virus unggas yang sudah diakui secara nasional maupun internasional. Selain itu, wanita cerdas ini aktif dalam meneliti hal-hal yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia, termasuk membawa dan mengenalkan sains kepada para peternak Afrika dan riset seputar perlawanan terhadap sel kanker.

Benar-benar sosok perempuan yang memukau, bukan? Itulah 4 tokoh muslimah inspiratif yang perlu Anda ketahui. Wanita-wanita muslim tersebut membuktikan bahwa perempuan bisa berprestasi dalam berbagai bidang. Dengan pencapaian yang gemilang, mereka mampu membantah prasangka dan stereotip terhadap muslimah yang ada di masyarakat. Yuk, bagikan artikel ini untuk menginspirasi orang-orang terdekat Anda!


Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka