Simak Tips Sehat Berpuasa dari Pesepakbola Liga 1 Indonesia

Bagaimana cara untuk tetap sehat selama berpuasa? Ketahui tipsnya dari para pesepakbola Liga 1 berikut ini.

Tikum.id Bola Tips Sehat Berpuasa – Menjaga kesehatan saat berpuasa merupakan hal yang penting, terutama bagi para pesepakbola. Hal ini karena mengonsumsi makanan yang tidak tepat bisa berdampak buruk pada kondisi tubuh dan performa di lapangan. Nah, bila ingin tampil prima selama menjalankan ibadah Ramadan, berikut beberapa tips sehat ala pesepakbola Liga 1 yang bisa kamu contek.

Prioritaskan konsumsi buah dan sayur

Tips pertama datang dari kiper Persija, Adixi Lenzivio. Menurutnya, buah-buahan dan sayur merupakan hal yang utama yang wajib ia konsumsi ketika sudah memasuki berbuka puasa. Sayuran yang disarankan oleh Lenzivio adalah sayuran yang memiliki kandungan air yang tinggi agar nutrisinya mudah diserap oleh tubuh. Misalnya bayam, mentimun, tomat, jeruk, dan semangka.

Selain untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, buah dengan kandungan air yang tinggi juga dapat mencegah dehidrasi pada tubuh setelah seharian menahan haus. Sayur dan buah merupakan pilihan yang dianjurkan terutama untuk menjaga imunitas tubuh.

Minum susu dan konsumsi vitamin

Tips selanjutnya datang dari penjaga gawang Bali United Nadeo Argawinata. Menurut pemain kelahiran Kediri ini, salah satu hal yang bisa membuatnya tetap fit selama bulan puasa adalah rutin mengonsumsi susu dan vitamin saat sahur dan berbuka puasa. Selain itu, makanan yang ia makan harus memiliki kandungan gizi yang tepat.

Hal tersebut ia lakukan agar kondisi tubuhnya selalu dalam keadaan fit meskipun tengah melakukan aktivitas yang padat. Tak hanya soal makanan, Nadeo mengatakan meskipun sedang puasa, olahraga merupakan hal yang wajib dilakukan. Bagi kamu yang ingin berolahraga, disarankan untuk melakukannya di sore hari karena menjelang waktu berbuka.

Minum air putih

Bek Persib Bandung, Ryuji Utomo memiliki tips sederhana untuk menjaga tubuhnya tetap sehat selama bulan Ramadan. Ia mengakui saat sahur dan berbuka puasa akan minum 3 hingga 4 liter air putih ditambah dengan 2 liter elektrolit. Meski terlihat sepele, namun konsumsi air putih dapat menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh sehingga membantu meningkatkan sistem kekebalan.

Selain itu, Utomo juga memastikan makanan yang akan ia konsumsi memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang cukup serta tetap bernutrisi. Untuk mendapatkan pilihan menu, terbaik ia bahkan mengkonsultasikan rencana menu makanannya ke dokter gizi.

Menjaga kualitas tidur

Agar tetap fit saat puasa, gelandang Arema FC, Sandi Darma Sute, mengaku sangat kualitas tidurnya. Kualitas tidur yang buruk memang dapat membuat metabolisme tubuh seseorang terganggu sehingga membuat tubuh lemas. Menurut Sandi menjaga kualitas tidur bukan berarti harus bermalas-malasan sepanjang hari namun memiliki jam tidur yang cukup.

Sandi juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi serta tidak berlebihan saat sahur. Konsumsi buah-buahan seperti alpukat, kurma dan pisang sangat disarankan karena dapat menjaga untuk stamina selama berpuasa. Sementara untuk berbuka puasa, Sandi menganjurkan untuk minum banyak air putih serta mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi.

Konsumsi madu dan vitamin

Pemain Persikabo Tira, Manahati Lestusen memilih untuk rutin mengonsumsi madu dan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuhnya saat puasa. Ia mengaku meminum satu sendok madu setiap malam. Madu kaya akan vitamin, kalsium, zat besi serta tidak memiliki efek samping karena merupakan bahan alami. Jadi tak salah bila madu dikonsumsi tiap hari. Selain mengonsumsi madu, Lestusen juga melakukan olahraga ringan di sore hari demi menjaga kebugaran tubuh.

Demikianlah deretan Tips Sehat Berpuasa dari para pesepakbola Liga 1 Indonesia yang bisa kamu ikuti untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa.

Anda mungkin suka