Tips Pencegahan Terpapar Covid-19 Untuk Keluarga di Rumah

Tikum Health – Berdasarkan perkiraan dari dinas Kesehatan DKI Jakarta terdapat korelasi dari penularan Covid-19 asal klaster perkantoran dan klaster keluarga walau hal ini masih terus diselidiki berdasarkan data Epidemoilogi. Masyarakat diharapkan benar-benar sadar akan bahayanya dan sepenuhnya paham sekaligus memiliki pengetahuan seperti tips pencegahan terpapar Covid-19.

Wabah global Pandemic Covid-19 masih belum menunjukkan perubahan yang signifikan, walau ada beberapa negara memang sudah menyatakan wilayah mereka sudah bebas pandemic seperti Selandia Baru. Namun, kita jangan berkecil hati dan tetap optimis dengan setia menjalankan protokol Kesehatan.

Bagi Anda yang masih tetap bekerja dari luar rumah, coba perhatikan beberapa tips berikut ini dan praktekkan setelah pulang dari beraktifitas dari kantor untuk tetap melindungi keluarga dari kemungkinan terpapar Covid-19.

Tips Pencegahan Terpapar Covid-19

5 Tips Pencegahan Terpapar Covid-19

  1. Jangan langsung bersentuhan dengan orang di rumah jika baru pulang dari kantor dan menggunakan transportasi umum. Ini demi menjaga dan Kesehatan dan keselamatan keluarga di rumah.
  2. Mulai biasakan untuk segera mandi dan keramas ketika tiba di rumah.
  3. Rendam pakaian yang Anda gunakan selama bekerja di luar rumah dengan menggunakan air deterjen.
  4. Segera bersihkan semua peralatan yang Anda masih dipakai seperti handphone, tablet, kaca mata, dll setibanya di rumah dengan cairan pembersih.
  5. Jangan lupa juga untuk selalu terapkan 5M di mana pun kamu berada.
    (Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas)

Jangan lupa selalu minum vitamin untuk menjaga daya imun tubuh untuk pencegahan dari dalam. Semoga sobat tikum dan orang-orang tercinta selalu dalam keadaan sehat dan berbahagia.


Apa itu COVID-19 ?

COVID-19 (coronavirus disease 2019) adalah penyakit yang disebabkan oleh jenis coronavirus baru yaitu Sars-CoV-2, yang dilaporkan pertama kali di Wuhan Tiongkok pada tanggal 31 Desember 2019. COVID-19 ini dapat menimbulkan gejala gangguan pernafasan akut seperti demam diatas 38°C, batuk dan sesak nafas bagi manusia. Selain itu dapat disertai dengan lemas, nyeri otot, dan diare. Pada penderita COVID-19 yang berat, dapat menimbulkan pneumonia, sindroma pernafasan akut, gagal ginjal bahkan sampai kematian.

COVID-19 dapat menular dari manusia ke manusia melalui kontak erat dan droplet (percikan cairan pada saat bersin dan batuk), tidak melalui udara. Bentuk COVID-19 jika dilihat melalui mikroskop elektron (cairan saluran nafas/ swab tenggorokan) dan digambarkan kembali bentuk COVID-19 seperti virus yang memiliki mahkota.

Anda mungkin suka