Tips Parenting dari Para Selebriti yang Patut Dicoba

tips parenting

Bagaimana para selebriti mendidik buah hati mereka? Ternyata, ada berbagai hal positif yang bisa ditiru dari gaya parenting orang-orang beken ini. Simak ulasannya di sini.

Selebriti juga manusia. Meskipun identik dengan hiruk-pikuk popularitas, sebagian di antaranya sangat peduli terhadap keluarga. Bagi pasangan selebriti yang telah memiliki anak misalnya, menerapkan pola parenting yang baik wajib tetap dilakukan.

Nah, ada sejumlah selebriti yang berstatus sebagai orang tua membagikan cara mereka mendidik anak agar tumbuh dengan baik. Anda bisa menjadikannya sebagai inspirasi. Berikut di antaranya.

Kate Middleton: Membangun Hubungan Dekat dengan Anak

Kate Middleton adalah istri Pangeran William, calon Raja Inggris. Mereka memiliki tiga anak, yaitu Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis. Meskipun merupakan keluarga kerajaan, hubungan Kate Middleton dan Pangeran William dengan anak-anak mereka cukup dekat.

Kate memang mengutamakan membangun hubungan yang dekat di antara anggota keluarganya. Ketika anak melakukan kesalahan, ia tidak serta-merta menghukum, tetapi memeluk mereka. Menurutnya, ini adalah tindakan terbaik untuk mendukung anak yang sedang belajar mengenal kehidupan.

Donna Agnesia: Memperlakukan Anak Sebagai Teman

Selebriti lain yang juga dekat dengan anak adalah Donna Agnesia. Bersama Darius Sinathrya, ia mendidik ketiga anaknya, Diego, Lionel, dan Sabrina, dengan penuh kasih sayang.

Meski berstatus sebagai orang tua, Donna dan Darius tidak serta-merta berkuasa atas anak. Mereka justru menjadikan ketiga anak sebagai teman. Ini artinya, anak memiliki kebebasan untuk melakukan hobi dan minat mereka.

Sebagai orang tua, Donna dan Darius mempersiapkan fasilitas yang dibutuhkan anak. Ini disebut sebagai metode pengasuhan silent achiever, yaitu fokus pada pencapaian dan tindakan anak. Meskipun demikian, keduanya juga tak luput mengingatkan jika anak keluar dari batas yang telah disepakati bersama.

Mona Ratuliu: Menghindari Hukuman Fisik

Tidak ada sekolah formal untuk menjadi orang tua. Biasanya, calon orang tua melihat cara orang tua lain mendidik anak kemudian menerapkannya. Begitu pula yang dialami oleh Mona Ratuliu, pasangan Indra Brasco. Awalnya, ia mengikuti apa saja pola yang dilakukan oleh orang tua lainnya, termasuk melakukan hukuman fisik seperti mencubit.

Akan tetapi, ia merasa ditegur saat anak pertamanya, Davina menyampaikan ketidaksukaannya. Padahal niat Mona melakukan semua itu baik, yaitu untuk mendisiplinkan anak. Akhirnya, Mona mengubah gaya mendidik anak yang selama ini dilakukannya. Ia tetap menerapkan disiplin, tetapi tanpa kekerasan.

Dian Sastrowardoyo: Anak Puasa Gadget dan Banyak Olahraga

Salah satu tips dari Dian Sastrowardoyo saat mendidik anak adalah mengurangi penggunaan gadget. Hal ini berdasarkan pengalaman Dian terhadap anak pertamanya yang mengalami respons melambat karena terlalu banyak bermain di gadget.

Sebaliknya, Dian mengajak anak untuk lebih banyak beraktivitas di luar rumah dan berolahraga. Selain sehat, anak juga akan terbebas dari keterikatan pada gadget. Bahkan, di dalam rumah, Dian juga menyediakan sebuah ruangan untuk anak dapat bermain dan bergerak secara leluasa.

Melanie Ricardo: Ajar Anak Ucapkan Tolong dan Terima Kasih

Dari pernikahannya dengan Tyson James Lynch, Melanie Ricardo mendapatkan dua anak. Meskipun berbeda budaya, keduanya terlihat kompak saat mendidik buah hati mereka.

Nah, salah satu hal yang selalu diajarkan oleh Melanie dan Tyson kepada anak-anak mereka adalah membiasakan mengucapkan kata “Tolong” dan “Terima kasih” kepada orang lain. Dengan demikian, orang lain merasa dihargai.

Inilah sejumlah tips parenting sederhana dari para orang tua yang berstatus sebagai selebriti. Anda dapat menjadikannya sumber inspirasi untuk mendidik anak sehingga tumbuh dengan optimal. Semoga bermanfaat!

Author: Lupi

Lupi adalah social media influencer , Public speaker dan media relation di leading media, ia aktif membahas hal - hal komunitas perempuan dan parenting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *