Tips Memilih Sepeda Khusus Olahraga Kualitas Terbaik

Bersepeda menjadi salah satu olahraga favorit di zaman sekarang. Bagaimana tips memilih sepeda terbaik khusus untuk olahraga? Simak pembahasan berikut ini!

Tikum Bicycle Tips Memilih Sepeda Khusus – Bersepeda memberikan banyak manfaat untuk kesehatan otot, jantung, serta menjaga berat badan tetap ideal. Akhir-akhir ini, bersepeda pun menjadi pilihan banyak orang yang ingin meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai macam virus penyakit.

Tingginya peminat sepeda mendorong kemunculan berbagai merek transportasi darat ini dengan fitur beragam. Selain itu, jenis sepeda pun bermacam-macam, seperti mountain bike, road bike, serta hybrid bike. Namun, Anda harus memilih sepeda yang tepat agar nyaman dan aman dikendarai. Sebagai referensi, berikut ini ada empat tips memilih sepeda khusus olahraga yang mudah diterapkan.

Pilih Sepeda Sesuai Kontur Jalan

Pemilihan sepeda sesuai kontur jalan dapat meningkatkan kenyamanan Anda ketika mengendarainya. Jika melewati jalan perkotaan yang beraspal, pilihlah jenis road bike. Dengan ban tipis, road bike mampu menaklukan padatnya medan perkotaan.

Sebaliknya, bagi Anda yang ingin melintasi jalur tanjakan dan turunan, pastikan memilih mountain bike. Ukuran ban sepeda ini relatif kecil, tetapi permukaannya tebal. Selain itu, ban memiliki gigi lebih rendah daripada road bike sehingga mudah dikendarai di jalur turunan.

Sementara itu, untuk Anda yang suka menjelajah alam liar, hybrid bike adalah pilihan tepat. Pasalnya, ketebalan ban hybrid bike di atas road bike, tetapi lebih tipis daripada mountain bike. Tipe ban demikian mampu mengatasi medan liar maupun beraspal.

Jika Anda menyukai kompetisi dan kecepatan, pilihlah sepeda balap. Model ini didesain ramping, ringan saat dikayuh, serta dibuat dari material berteknologi tinggi. Karena itu, sepeda balap mampu melaju kencang.

Cek Ukuran Sepeda

Setiap jenis sepeda memiliki ukuran frame berbeda yang diatur berdasarkan tinggi badan. Jadi, pastikan Anda memerhatikan detailnya sebelum membeli.

Di samping itu, cek juga bagian jarak kursi ke setang dan standover. Hal ini penting diperhatikan agar Anda bisa mengukur seberapa besar tenaga yang bisa diberikan untuk mengayuh pedal.

Kemudian, Anda harus melakukan bike fitting untuk memastikan sepeda tersebut sudah sesuai ukuran tinggi badan. Selain itu, bike fitting membantu Anda mendapatkan sepeda sesuai kebutuhan spesifik.

Bandingkan Kualitas dan Harga di Beberapa Toko

Anda harus memerhatikan unsur harga saat membeli sepeda karena akan menentukan seberapa tinggi kualitasnya. Jika ingin memiliki sepeda dengan material bagus dan tahan lama, pastikan membeli yang harganya di atas Rp3 juta.

Kendati demikian, Anda mesti mempunyai beberapa referensi harga sepeda di beberapa toko. Kalau pembelian dilakukan secara online, pastikan toko tersebut memiliki review bagus. Setelah menemukan toko-toko yang memiliki kriteria ideal, bandingkan penawaran kualitasnya.

Jika memungkinkan untuk mengunjungi toko, cobalah melakukan test drive. Selain itu, dengan melihat barang secara langsung, Anda bisa memastikan kualitasnya.

Cek Fitur Sepeda

Fitur sepeda menentukan kemampuan, karakter, serta teknik bersepeda. Fitur pertama yang harus diperiksa adalah bahan dasar sepeda. Pasalnya, bahan dasar memengaruhi kekuatan dan bobot sepeda pilihan Anda. Contoh material sepeda, antara lain baja, aluminium, baja, dan carbon fiber.

Selain itu, perhatikan fitur suspensinya, seperti soft tail dan hard tail. Jika membeli sepeda balap, Anda harus memerhatikan fitur rigid. Beberapa hybrid bike tidak memiliki rigid sehingga kayuhannya lebih efisien. Bagian ini pun mesti Anda cek ketika memilih sepeda balap. Pastikan sepeda tersebut tidak mempunyai suspensi agar kecepatannya maksimal.

Itulah beberapa tips memilih sepeda khusus untuk kebutuhan olahraga. Dengan bersepeda minimal 30 menit sehari, tubuh lebih sehat dan pikiran segar. Tunggu apa lagi? Pilih sepedanya sekarang dan jelajahi destinasi terbaik di kota Anda.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka