4 tips memilih high heels pertama agar tetap nyaman dan aman

Anda akan membeli high heels untuk kali pertama? Perhatikan empat tips memilih high heels berikut agar high heels pilihan tepat sehingga Anda pun mengenakannya dengan nyaman dan aman.

Tikum Fashion – Anda akan membeli high heels untuk kali pertama? Perhatikan empat tips memilih high heels berikut agar high heels pilihan tepat sehingga Anda pun mengenakannya dengan nyaman dan aman.

Anda harus mengenakan high heels untuk kali pertama—entah karena tuntutan pekerjaan, menghadiri acara tertentu, atau sebagainya?

Bagi kebanyakan wanita, situasi ini bisa cukup menegangkan. Tidak cuma soal pikiran buruk bahwa kaki akan keseleo atau terjatuh, tetapi juga rasa tidak nyaman karena tidak terbiasa dengan cara berjalan yang berjinjit.

Walau begitu, jangan terburu panik jika Anda berada dalam kondisi ini. Pemilihan high heels yang tepat akan sangat membantu Anda untuk merasa nyaman dan mengenyahkan pikiran-pikiran buruk tersebut. Adapun beberapa tips untuk memilih high heels pertama Anda adalah sebagai berikut.

Hindari Model Pointed Toes

Jangankan bagi pemula, bagi mereka yang sudah terbiasa bahkan termasuk pro dalam menggunakan high heels sekalipun, model pointed toes tetap menjadi salah satu pilihan sepatu hak tinggi yang paling tidak nyaman. Terlepas dari modelnya yang dapat membuat kaki terlihat lebih panjang dan memberi kesan lebih tegas, pointed toes justru akan membuat pemula merasa lebih cepat kapok untuk mengenakan heels.

Pasalnya, sepatu hak tinggi model ini akan memaksa jari-jari kaki Anda sangat merapat satu sama lain dan menekuk ke bagian dalam. Menggunakan high heels dengan bentuk lancip di ujung dalam waktu lama apalagi terus-menerus pun akan membuat tulang jari Anda bengkok.

PIlihlah high heels pertama Anda dengan model yang lebih nyaman. Ada banyak heels dengan ujung berbentuk kotak, melingkar, atau menyerupai almond yang tak kalah bergaya. Pastikan saja bahwa heels pilihan mempunyai ruang yang cukup di bagian jari kaki agar tak membuat cepat jari-jari kaki cepat sakit, lelah, maupun cedera.

Gunakan Hak dengan Tinggi Maksimal 7 Cm

Untuk keperluan kantor, sepatu dengan hak setinggi 7 cm adalah ukuran yang ideal. Hak sepatu yang terlalu tinggi lebih cocok untuk beberapa kesempatan lainnya seperti menghadiri pesta, pemotretan, dan sebagainya—meski tak ada salahnya jika Anda gunakan untuk keperluan kantor selama nyaman menggunakannya.

Namun, hak yang lebih rendah seperti 5 cm juga merupakan pilihan yang aman—baik untuk acara formal maupun kasual. Ukuran ini relatif tetap dapat membuat Anda bergerak dengan nyaman.

Pilih Jenis Hak yang Tebal

Kini saatnya memikirkan jenis hak yang pas. Jenis stiletto memang menarik dan memberi impresi seksi dan elegan. Akan tetapi, Anda harus benar-benar bisa menjaga keseimbangan tubuh dan siap merasa lebih cepat capai jika ingin menggunakannya.

Untuk pemula, ada beberapa jenis high heels yang lebih disarankan. Wedges dan platform dirasa lebih nyaman karena lebih tebal. Dengan begitu, Anda akan mendapat bantuan tumpuan saat berdiri dan berjalan. Adapun kekurangan dari dua jenis heels ini adalah relatif berat.

Apabila ingin yang lebih ringan, cobalah jenis kitten, mules, atau cone. Hanya saja, bantuan tumpuan yang diberikan jenis heels ini memang tidak akan sepenuh wedges atau platform meski tetap lebih baik dibandingkan stiletto.

Pakai Ukuran yang Tepat

Tips memilih high heels pertama yang berikutnya tak kalah penting. Sebagus apapun heels yang menjadi incaran Anda, pastikan ukurannya pas.

Baik ukuran yang kekecilan maupun kebesaran, keduanya tidak akan membuat Anda nyaman dan juga berbahaya. Pilihlah ukuran yang pas, baik dari ukuran panjang dari bagian ujung ibu jari sampai tumit maupun lebar mulai dari ibu jari sampai kelingking.

Nah, itulah beberapa tips memilih high heels pertama Anda agar tetap nyaman dan aman. Makin nyaman dan aman Anda saat mengenakannya, kepercayaan diri pun akan makin terpancar. Semoga membantu!

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka