Tips Cerdas Memilih Road Bike untuk Pemula

Ingin membeli road bike pertama Anda? Simak beberapa tips penting berikut ini agar pengalaman bersepeda semakin maksimal!

Hal yang kerap dialami oleh pesepeda pemula adalah kesulitan dalam memilih jenis sepeda. Road bike atau sepeda balap misalnya, adalah jenis sepeda yang paling cocok digunakan on-road atau untuk tujuan balapan seperti namanya. Namun sekali lagi, ada berbagai pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum membeli sepeda.

Untuk Anda yang ingin membeli sepeda balap, ada beberapa tips cerdas yang bisa dijadikan acuan. Apa saja?

1. Pilih Tipe Sesuai Kebutuhan

Road bike memiliki beberapa tipe yang masing-masing memiliki kemampuan yang berbeda. Kalau Anda ingin bersepeda di jalanan kota dan sesekali off-road, pilihlah tipe versatile. Beberapa contoh road bike versatile antara lain adalah cyclocross dan flat bar road bike.
Jika Anda bersepeda jarak jauh, tipe endurance sangat cocok dipilih karena desainnya sesuai untuk long touring. Sedangkan untuk tujuan balapan, pilihan tipe competitive akan membawa Anda melaju kencang di jalanan.

2. Temukan Kualitas Berdasarkan Rentang Harga

Bagi pemula, memilih road bike standar dengan harga kisaran Rp3 jutaan sangat direkomendasikan. Sebaiknya jangan membeli sepeda dengan harga yang terlalu murah karena komponennya biasanya tidak sesuai standar road bike. Jika Anda mulai ingin mengikuti kompetisi, sepeda dengan harga mulai Rp9 jutaan sudah sangat mumpuni untuk membawa Anda pada kemenangan.

3. Pilih Frame yang Cocok

Dalam membeli sepeda, pemilihan frame sangat menentukan performa dan durabilitasnya di jalanan. Beberapa jenis material yang sering digunakan untuk frame sepeda balap antara lain aluminium yang cenderung ringan, chromomy yang tahan guncangan dan karbon yang paling ringan. Khusus untuk material karbon, harga termurahnya masih berkisar Rp12 jutaan. Ini mungkin sedikit berlebihan untuk pesepeda pemula. Karena itu, Anda bisa memilih 2 material lain yang lebih terjangkau namun dari segi kualitas tetap bagus.

4. Pertimbangkan Pembelian Aksesoris

Tidak seperti city bike yang digunakan untuk menyusuri jalanan kota, road bike yang dijual biasanya tidak disertai pelengkap atau aksesoris. Beberapa tipe sepeda balap bahkan tidak diberi pedal. Artinya, Anda harus berani merogoh kocek yang cukup dalam untuk bisa memiliki sepeda balap lengkap.

Karena itu sebelum membeli, pastikan komponen apa saja yang tidak disertakan dalam paket pembelian. Jika harus membeli secara terpisah, apakah bujetnya tidak akan berlebihan? Apakah Anda akan menggunakan sepeda untuk berjalan malam atau melintasi area yang basah dan berlumpur? Apabila ya, maka membeli lampu depan, belakang dan pelindung lumpur juga mesti dipertimbangkan. Kelengkapan keamanan standar seperti helm, pompa ban dan kunci juga sebaiknya dihitung dengan baik.

5. Lakukan Uji Coba

Seperti halnya saat membeli baju, membeli sepeda juga memerlukan uji coba. Termasuk saat Anda membelinya secara online. Meski ukuran sudah tertera jelas di situs, ukuran aslinya mungkin tidak sesuai dengan apa yang Anda bayangkan. Belum lagi sensasi saat mengendarainya. Anda harus mencobanya terlebih dahulu untuk memastikan apakah sepedanya cukup nyaman untuk postur tubuh Anda atau justru terlalu besar/kecil? Anda juga bisa mencoba beberapa tipe sepeda untuk tahu mana yang terbaik menurut Anda.

Itu dia informasi ringkas mengenai road bike dan beberapa tips sebelum Anda membelinya. Sudah siap untuk hidup lebih sehat dengan bersepeda?


Mountain Bike Bicycle 21/24/27 Speeds 26 Inch Durable Tire Dual Disc Brakes Shock Absorbing Bicycle Off-road Bikes Adult Student
Anda mungkin suka