Tips Cegah Stress untuk Para Wanita yang Kerja dari Rumah

Meski terdengar mudah, faktanya kerja dari rumah juga bisa memicu stress, terutama bagi wanita. Bagaimana cara mengatasinya?

Pandemi yang berlangsung memaksa sebagian besar kita untuk melaksanakan tugas kantor dari rumah atau work from home. Meski sebenarnya kerja dari rumah bukan hal yang baru, tapi bagi mereka yang baru mencoba untuk pertama kalinya, mengatur keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi bisa jadi sumber stres tersendiri. Terutama bagi para wanita.

Stres memang bisa terjadi pada siapa saja yang sedang menyesuaikan diri dengan rutinitas baru. Namun berdasarkan penelitian, kaum wanita lebih rentan mengalaminya ketimbang pria. Ada banyak alasan kenapa wanita lebih mudah mengalami stres ketimbang pria. Selain karena faktor hormonal, secara genetik wanita juga berisiko lebih besar terhadap depresi.

Untuk Anda para wanita yang sedang struggling menyeimbangkan waktu dan pikiran antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi di rumah, simak beberapa tips berikut ini!

Buat Rutinitas

Salah satu penyebab stres terbesar ketika WFH adalah tidak adanya batasan jelas yang memisahkan antara kapan waktu kerja dan kapan waktu istirahat. Untuk menghindari hal ini, buatlah rutinitas termasuk jadwal harian. Mulailah aktivitas kerja Anda dengan hal-hal yang membuat Anda semangat. Bisa dengan secangkir kopi, sepotong sandwich atau musik kesukaan. Ini akan membantu Anda mengatur mindset kerja dan patuh pada jadwal yang sudah dibuat.

Ciptakan Area Kerja Khusus

Meskipun Anda sedang berada di rumah, hindari untuk melakukan pekerjaan bukan pada tempatnya. Mengetik di tempat tidur atau di ruang makan akan membuat aktivitas pribadi dan pekerjaan bercampur aduk dan bisa menyulitkan Anda.

Sebagai ganti, buatlah area kerja khusus dengan meja dan kursi yang sesuai untuk bekerja. Jangan lupa buat aturan untuk anggota keluarga lain tentang kapan area Anda tidak boleh dimasuki. Dengan begitu, konsentrasi bekerja Anda selama di rumah tidak akan terbagi.

Lakukan Me Time Seminggu Sekali

Baik untuk seorang wanita single maupun yang sudah berkeluarga, me time adalah waktu yang sangat penting untuk membebaskan diri dari stres. Selain itu, me time juga menjadi waktu untuk otak beristirahat, menjernihkan pikiran dan merevitalisasi tubuh.
Lakukan hal yang paling Anda sukai untuk menyegarkan pikiran. Bisa dengan menonton serial kesukaan atau sekadar berkebun di belakang rumah. Dengan menghilangkan stres, Anda bisa lebih produktif di hari berikutnya.

Tetap Terhubung dengan Teman-teman

Saat bekerja dari rumah dan jarang bertemu dengan orang banyak akan membuat Anda merasa kesepian dan terisolasi. Ini adalah masalah yang umum dihadapi para pekerja yang melakukan aktivitas dari rumah. Untuk menghindari perasaan semacam ini, cobalah untuk tetap terhubung dengan semua kenalan Anda.

Selain dengan teman-teman kerja, sesekali menelpon teman kuliah atau teman nongkrong bisa membantu Anda tetap bersosialisasi secara sehat. Jika memungkinkan, Anda juga bisa saling mengunjungi satu sama lain.
Lakukan Perawatan Diri

Banyak orang berpikir bahwa pikiran yang sehat adalah kunci fisik yang sehat. Padahal aturan ini juga bisa berlaku sebaliknya. Ketika tubuh Anda sehat, penampilan Anda baik dan Anda merasa percaya diri, secara langsung ini akan mendukung kesehatan mental Anda.

Lakukan perawatan yang paling Anda sukai. Bisa dengan melakukan skincare routine, berolahraga dan menyantap berbagai makanan yang menyehatkan. Ketika tubuh dan pikiran Anda sehat, produktivitas selama bekerja dari rumah juga bisa lebih maksimal.


Ticwatch GTH Fitness Smartwatch Men/Women Monitor Skin Temperature Oxygen Sleep Tracking Waterproof Swim Sport Watch Mobwoi

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tinggalkan komen