Tips Antilelah untuk Pesepeda Pemula

elakangan bersepeda jadi salah satu aktivitas olahraga favorit. Jika kamu pemula? Berikut beberapa tips antilelah saat mengendarai bicycle.

Belakangan bersepeda jadi salah satu aktivitas olahraga favorit. Jika kamu pemula? Berikut beberapa tips antilelah saat mengendarai bicycle.

Banyaknya waktu luang di masa pandemi membuat orang mencari aktivitas baru untuk menghabiskan waktu. Salah satu yang belakangan cukup populer di semua kalangan adalah bersepeda. Inilah mengapa beberapa bulan lalu, harga sepeda naik cukup drastis di pasar Indonesia.

Dibanding berkuda atau motor racing, bersepeda sebenarnya termasuk olahraga paling murah. Dengan bersepeda kita tidak hanya melatih otot-otot di seluruh tubuh tetapi juga berkesempatan mengunjungi tempat baru yang mungkin terlalu jauh jika dijangkau dengan berjalan kaki. Nah, jika kamu termasuk salah satu pemula di olahraga yang melibatkan ini ada beberapa tips menarik sebagai referensi, yuk kita simak!

1. Memilih Sepeda yang Tepat

Untuk langkah awal, sebaiknya pilih bicycle yang memudahkan kita melewati berbagai medan seperti sepeda gunung. Pada sepeda gunung terdapat fitur yang bisa mengatur alat kayuh sehingga terasa ringan saat melewati jalan menanjak. Saat ini, beberapa jenis sepeda lain juga memilikinya.

Jika tidak memiliki sepeda yang sesuai, jangan memaksakan diri. Gunakan saja sepeda yang ada dengan memastikan bahwa setiap bagiannya tidak ada yang rusak dan sadelnya cukup nyaman untuk diduduki dalam waktu yang lama.

2. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Selain sepeda, pastikan juga untuk menggunakan pakaian yang nyaman. Sebaiknya gunakan pula alat pelindung siku dan lutut, sarung tangan, helm, atau bahkan kacamata untuk mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan. Untuk pakaian, tidak perlu menggunakan setelan bersepeda ala atlet.

Gunakan saja sesuatu yang pas, tidak terlalu panjang, serta terbuat dari bahan yang dingin dan mudah menyerap keringat. Karena meskipun kelihatannya ringan, mengayuh sepeda dalam waktu lama akan membuat kita memproduksi banyak keringat dan tanpa pakaian yang tepat, tentu kita menjadi mudah lelah.

3. Tidak Membawa Banyak Barang

Saat bersepeda, sebaiknya bawa barang yang benar-benar dibutuhkan seperti sedikit uang, smartphone, dan botol minuman lalu meletakkannya di tas pinggang. Semakin sedikit barang bawaan, semakin ringan pula beban kita saat sedang melakukan olahraga bersepeda ini.

Jika ingin membawa barang lain seperti kamera atau perlengkapan memotret, kamu juga bisa membawa mini backpack. Tapi pastikan bahwa barang-barang tersebut memiliki ukuran kecil dan tidak terlalu berat, ya.

4. Jangan Lupa Minum

Saat menaiki bicycle, jangan lupa untuk sesekali berhenti dan minum seteguk atau dua teguk air. Jangan biarkan tubuh dehidrasi dalam waktu lama karena hal tersebut akan membuat kita mudah lelah. Sebaiknya minum air putih dingin dengan suhu normal agar tidak terjadi perubahan suhu mendadak di dalam tubuh.

Sambil minum, luangkan waktu sebentar untuk beristirahat, meregangkan kaki, dan menghirup udara segar. Jadi ketika sudah waktunya harus mengayuh sepeda lagi kita tidak akan mudah lelah.

5. Pilih Rute yang Mudah

Sebagai pemula, sebaiknya kita menentukan rute yang akan dilewati ketika bersepeda. Selain aman, rute yang mudah akan meminimalisasi risiko mudah lelah selama melakukan olahraga ini. Sebaiknya pilih jalanan lurus dan mulus yang biasanya kita temui di tengah kompleks perumahan atau pinggir pantai wisata.

Hindari jalan naik turun apalagi terjal untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. Selain lebih mudah, jalanan semacam itu cenderung ramah ban sehingga kita tidak perlu khawatir ban sepeda kempes atau bahkan bocor saat sedang bersepeda.

Demikian ulasan tentang tips bersepeda untuk pemula. Sebagai langkah awal, sebaiknya lakukan olahraga menaiki bicycle ini selama 15 sampai 20 menit dahulu. Jika sudah terbiasa, pelan-pelan tambah waktunya menjadi 30 sampai 40 menit. Semoga bermanfaat.


Shengmilo Electric Bike 1000W Mens Mountain Bike Snow Bike Electric Bicycle Ebike 48V17Ah Electric Bicycle 4.0 Fat Tire e bike

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka