Tips Aman Street Photography Sambil Gowes

Hunting foto sambil bersepeda belakangan cukup populer. Berikut tips aman street photography untuk para pecinta bicycle.

Hunting foto sambil bersepeda belakangan cukup populer. Berikut tips aman street photography untuk para pecinta bicycle.

Street photography atau fotografi jalanan adalah proses mengambil gambar sebuah objek di ruang terbuka dalam kondisi candid atau tanpa pengarahan. Meskipun teknik fotografi tersebut bukan hal baru, belakangan street photography cukup menarik minat banyak orang.

Berawal dari keisengan beberapa orang dalam mengisi waktu luang selama pandemi, street photography berkembang menjadi suatu kegiatan yang dilakukan sambil mengendarai sepeda. Hunting foto estetik sambil menaiki sepeda roda dua tentu memberi tantangan tersendiri.

Tanpa pengalaman dan ilmu fotografi yang cukup, gambar yang dihasilkan bisa saja jauh dari kata sempurna. Belum masalah keamanan selama berada di jalanan asing atau lokasi yang belum dikenal. Meskipun begitu, bukan berarti kita tidak bisa melakukannya, loh.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar tetap bisa menyalurkan hobi berfoto sambil bersepeda dengan aman.

Berikut beberapa tips aman melakukan street photography untuk para pecinta bicycle.

1. Pastikan Lokasi dan Cuaca Mendukung

Lokasi merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah fotografi, begitu pula dengan street photography. Jadi, sebelum memutuskan hunting foto, tentukan dulu lokasi yang tepat dan sekiranya aman sebab saat melakukan hal ini kita pasti membawa perlengkapan fotografi yang harganya tidak main-main.

Selain lokasi, pastikan cuaca cukup mendukung. Karena kendaraan yang digunakan adalah sepeda, akan sangat merepotkan jika di tengah hunting foto hujan turun deras sehingga jarak pandang tidak begitu mendukung. Waktu terbaik untuk melakukan street photography sambil gowes tentu saja saat cuaca cerah dan tidak terlalu panas.

2. Bergabung dengan komunitas

Hunting foto di lokasi asing saja sudah cukup menarik perhatian orang, apalagi jika dilakukan sambil mengendarai sepeda. Untuk keamanan, sebaiknya bergabunglah dengan sebuah komunitas bersepeda. Karena biasanya, sebuah komunitas selalu berjalan berkelompok.

Anggota komunitas bersepeda juga cukup solid sehingga ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di tengah jalan, mereka sigap dan siap membantu. Inilah mengapa hunting foto sambil gowes akan jauh lebih aman saat kita bergabung dengan komunitas dibanding bersepeda sendirian.

3. Gunakan Kamera yang Sesuai

Mengambil foto dalam keadaan menaiki bicycle tentu tidak semudah ketika kita memotret saat berdiri atau duduk. Jadi sebaiknya, gunakan kamera yang sesuai seperti Fuji XF 10 lensa 18,5 mm atau Canon EOS M1000 lensa 15-45 mm. Kedua kamera tersebut cukup stabil dan mampu menghasilkan foto bagus meskipun terguncang.

Jika belum memiliki gear fotografi memadai, jangan khawatir. Kamu tetap bisa mengambil gambar cantik dengan cara berhenti sebentar dan memotret objek yang diinginkan.

4. Bawa Tas

Kebanyakan perlengkapan fotografi cukup berat dan akan mudah pecah jika terjatuh saat kita sedang bersepeda. Untuk menghindari hal tersebut, gunakan tas pinggang atau backpack dengan kapasitas memadai sehingga mampu menampung perlengkapan fotografi yang dibutuhkan.

Meskipun begitu, sebaiknya jangan gunakan tas berukuran besar. Bawalah perlengkapan yang benar-benar urgent sehingga saat melakukan street photography sambil gowes kita tidak mudah lelah karena membawa beban terlalu berat.

Baca juga : Rahasia Foto Keren ala Bicycle Photographer

5. Gunakan Perlengkapan Gowes Memadai

Terakhir, gunakan perlengkapan bersepeda memadai seperti helm, pelindung siku dan lutut, sarung tangan, kaca mata, dan pakaian bersepeda nyaman. Hal tersebut penting agar selama gowes kita tetap nyaman dan terlindungi sehingga bisa mencari dan memotret objek yang dapat menghasilkan foto estetik.

Nah, itulah beberapa tips aman street photography sambil menyalurkan hobi mengendarai bicycle. Selamat bersepeda.


FeiyuTech Official AK2000S AK2000C DSLR Professional Camera Stabilizer Handheld Video Gimbal fit for DSLR Mirrorless Camera

Anda mungkin suka