Tilik Sejarah Maserati, Produsen Mobil Sport nan Melegenda

Bagaimana kisah perjalanan Maserati sampai bisa menjadi salah satu produsen mobil sport terkemuka saat ini? Yuk, tilik kilas sejarah Maserati di sini!

Tikum – Berita Otomotif – Bagaimana kisah perjalanan Maserati sampai bisa menjadi salah satu produsen mobil sport terkemuka saat ini? Yuk, tilik kilas sejarah Maserati di sini!

Nama Maserati bukan lagi hal yang asing bagi banyak orang. Terlebih, Maserati merupakan salah satu produsen mobil mewah Italia terkenal, serta menjadi pesaing bebuyutan untuk nama-nama legenda lain, contohnya Ferrari. Kualitas spesifikasi serta modelnya yang bergaya membuat Maserati difavoritkan masyarakat dunia. Lewat jenamanya yang terpandang saat ini, Maserati tak lepas dari sejarah jatuh dan bangkit.

Ingin tahu lebih lanjut seputar kilas sejarah Maserati? Mari tilik selengkapnya lewat pembahasan singkat di bawah ini!

sejarah maserati 3

Maserati, Legenda Otomotif Italia

Maserati merupakan jenama yang didirikan pada 1 Desember 1914 oleh Bindo, Alfiero, Ernesto, Ettore, dan Carlo Maserati. Anak-anak dari keluarga ini mewarisi semangat dari ayah mereka, Rodolfo, yang sangat menyukai kecepatan dan presisi dunia permesinan. Mereka membuka bengkel mobil bernama Società Anonima Officine Alfieri Maserati di daerah Bologna, Italia.

Setelah sempat mencapai kesuksesan, Maserati harus mengalami kesulitan finansial pada 1937. Mereka harus bersaing dengan merek-merek Jerman, seperti Mercedes dan Auto Union. Ernesto, Bindo, dan Ettore memahami situasi Italia yang berubah. Mereka akhirnya menyambut kolaborasi dengan entrepreneur terkenal, Adolfo Orsi, dan menjual seluruh perusahaan mereka kepadanya. Namun, Maserati tetap berpartisipasi dalam bidang manajemen di dua perusahaan yang terpisah.

Maserati di Masa Perang Dunia

Jika berbicara tentang sejarah Maserati, tentu masa perang dunia tidak bisa lepas darinya. Saat pertama kali didirikan, pengerjaan Maserati terhambat oleh Perang Dunia I. Italia berpartisipasi dalam perang sebagai anggota dari Entente. Hampir semua dari Maserati bersaudara diharuskan pergi berperang. Selama menunggu saudara-saudaranya, Ernesto yang bertugas menangani Maserati.

Tidak berhenti di situ, pekerjaan Maserati kembali terhambat oleh Perang Dunia II. Maserati meninggalkan pembuatan mobil sementara agar bisa menciptakan komponen yang diperlukan Italia untuk perang. Selain itu, Maserati juga turut serta menciptakan mobil kota untuk diktator Italia, Benito Mussolini. Sehabis peperangan, Maserati kembali memproduksi mobil seperti semula, sekaligus berhasil memperoleh kesuksesan.

Logo Unik Maserati

Maserati sangat identik dengan logo trisulanya. Trisula tersebut berasal dari dewa laut dalam mitologi Roma, yakni Neptunus. Terbukti, Maserati kini menjadi salah satu otomotif yang merajai jalanan lokal maupun internasional. Logo trisula Maserati pun lekat kaitannya dengan warna-warna khas perusahaan tersebut.

sejarah maserati 2

Berikut adalah arti logo Maserati berdasarkan warnanya. Ketika logo trisulanya berwarna biru dongker, ini melambangkan Neptunus sebagai penguasa sekaligus sumber kekuatan lautan. Selanjutnya, apabila trisula berlatar warna putih atau abu-abu, logo ini melambangkan daratan, menunjukkan Maserati sebagai penguasa jalanan. Sementara itu, jika logo Maserati tampil dengan trisula merah, hal ini menjadi simbol kekuatan yang membara.

Logo trisula khas tersebut didesain oleh Mario Maserati. Mario terinspirasi dari simbol ikonik dari Bologna, yakni patung Neptunus yang memegang trisula di Piazza Maggiore. Dia juga mengadopsi warna merah dan biru dari bendera kota Bologna sebagai warna khas Maserati.

Jenis Mobil yang Diproduksi Maserati

Maserati memproduksi berbagai jenis mobil. Sampai saat ini, ada 4 jenis yang dihadirkan oleh jenama asal Italia tersebut. Sebut saja, si sedan 4 pintu (Quattroporte dan Ghibli), konvertibel (GranCabrio), SUV 5 pintu (Levante), dan 2+2 grand tourer (GranTurismo).

sejarah maserati 2

Demikian kilas sejarah Maserati yang menarik dan tidak boleh terlewatkan oleh para penggemar otomotif. Dari perjalanan karier Maserati yang panjang, jenama ini berhasil membuahkan produk-produk yang membanggakan. Sebut saja MC12, Tipo 60/61 Birdcage, Quattroporte, dan Alfieri. Nah, bagi Anda yang menyukai mobil-mobil mewah berspesifikasi mumpuni, tak ada salahnya menjatuhkan pilihan pada Maserati.


Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka