Teman Kelinci Komunitas Para Pencinta Kelinci

Tikum Animal Lovers – Kelinci sering identik dengan simbol perayaan Paskah, bahkan sering menjadi maskot dalam film animasi/cartoon. Tapi, banyak sisi lain yang menarik untuk kita ketahui dari hewan bertelinga panjang ini. Yuk mengenal kelinci dan keunikannya, simak informasinya di Tikum.id

teman kelinci 1

Kelinci adalah hewan mamalia dari famili Leporidae, mempunyai bentuk penampilan yang lucu, warna dan corak yang beragam, dan banyak jenisnya. Berikut beberapa jenis kelinci.

  1. Kelinci Anggora
  2. Kelinci Himalaya
  3. Kelinci English Lop
  4. Kelinci Flemish Giant
  5. Kelinci French Lop
  6. Kelinci Netherland Dwarf
  7. Kelinci American Fuzzy Lop
  8. Kelinci Hias Lokal

Jadi tidak heran jika hewan ini disukai banyak orang khususnya anak-anak. Lalu apa manfaat jika kita memelihara kelinci di rumah?

Beragam alasan orang memelihara kelinci menjadi binatang kesayangan di rumah. Namun, dengan memelihara kelinci, suasana rumah bisa menjadi lebih hangat. Sebab penghuni rumah tidak lagi merasa sendirian karena memiliki hiburan yang menyenangkan.

Kehadiran kelinci juga dapat membantu pendidikan anak-anak di rumah, sekaligus melatih anak-anak untuk observasi, menjaga emosi, dan melatih bertanggung jawab untuk mengurus semua keperluan binatang peliharaannya.

Binatang pengerat ini disukai karena karakter “pendiam” atau tidak menganggu, sehingga aman dan terhindar dari keluhan tetangga. Ia juga memiliki daya adaptasi yang tinggi, walau kadang menunjukkan sifat liar dan cuek. Sifat-sifat unik ini yang membuat orang semakin jatuh cinta dan menyukainya. Dan akan semakin seru dalam mempelajari kelinci jika Anda bisa berkumpul bersama orang-orang yang juga para pemilik kelinci seperti sobat tikum TEMAN KELINCI.

Teman Kelinci berdiri sebagai komunitas pada 21 maret 2016, atas inisiasi beberapa orang yaitu: Lisa Juliana, Amanda Widyanti, Juliana, Annisa Dian, Julia, Margaretha Chan, Ignatieva Valentina. dan sejak dibentuk hingga sekarang ketua dari Teman Kelinci adalah Lisa Juliana.

teman kelinci 2

Organisasi ini bukanlah kelompok rescuer, rumah pengasuhan, toko hewan, atau lembaga swadaya masyarakat. Tetapi, lebih kepada perkumpulan yang bertujuan mengedukasi agar masyarakat tahu bagaimana merawat dan memelihara dengan cara yang menarik dan menyenangkan.

Visi dari organisasi Teman Kelinci sebagai komunitas ingin mengubah persepsi masyarakat Indonesia tentang kelinci rumahan dan mengedukasi cara merawat kelinci rumahan yang baik dan benar sehingga kelinci tersebut dapat berumur panjang.

Misi Temen Kelinci adalah ingin meningkatkan taraf hidup yang lebih baik bagi kelinci rumahan di Indonesia agar setara dengan hewan peliharaan lainnya seperti anjing dan kucing. Sementara komunitas Bunparents dibentuk sebagai sarana komunikasi dan bertukar informasi antara sesama pecinta kelinci di Indonesia.

Hal yang membedakan Teman Kelinci dengan perkumpulan satwa lainnya karena Teman Kelinci sangat berfokus pada edukasi mengenai cara merawat kelinci yang benar. Kami berharap semakin banyak orang yang tahu cara merawat kelinci yang baik dan tepat. Dan ini mereka lakukan dengan cara yang kreatif dan unik melalui platform sosial media seperti Instagram, Facebook, Line, WhatsApp (@temankelinci)

teman kelinci 3

Sampai saat ini Teman Kelinci belum memiliki rencana untuk meresmikan cabang di kota-kota lain, dan masih berfokus di Jakarta dan kota sekitarnya. Walau mayoritas anggota adalah perempuan, namun latar belakang para anggota sangat beragam mulai dari usia dan profesi. Mulai dari Mahasiswi, Karyawan Swasta, Ibu Rumah Tangga, hingga Pengusaha dalam bidang grooming salon dan Bunny Hotel untuk kelinci.

Kami bertanya kepada perwakilan Teman Kelinci, mengenai apa yang istimewa dari Kelinci? Dan jawabang mereka adalah: “Selain imut, kelinci adalah hewan peliharaan yang paling di-underestimate, atau diremehkan oleh masyarakat pada umumnya, karena kelinci dianggap lemah, tidak menarik. Padahal kelinci adalah salah satu hewan yang paling penuh kasih sayang. Mereka juga sangat penuh dengan karakter.”

Kegiatan rutin Teman Kelinci sebelum pandemic covid-19 sangat beragam. Mulai dari Empat kali berturut-turut berpartisipasi dalam dua event pet terbesar di Jakarta yaitu IIPE dan Indo Pet Expo dan menghadiri berbagai undangan untuk menjadi bintang tamu. Berikut di antaranya:

  • Menjadi narasumber di berbagai media nasional dan lokal (televisi, radio, majalah, dll)
  • Mengedukasi di sekolah-sekolah
  • Mengedukasi di event-event Pet di tempat umum seperti mal
  • Mengelar Posko Grooming di event-event
  • Mengadakan gathering dengan Bunparents.
teman kelinci 4
teman kelinci 5
teman kelinci 6
teman kelinci 7

Bagaimana sobat tikum, seru bukan kegiatan mereka. Jika Anda penggemar atau pemilik kelinci silahkan bergabung bersama mereka. tidak ada syarat khusus, yang terpenting Anda mempunyai visi dan misi yang sama dengan Teman Kelinci sebagai komunitas serta punya semangat untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang kelinci bagimana mengenal dari keunikannya hewan peliharaan ini. Caranya sangat mudah, silakan follow instagram teman kelinci.

Tikum.id bangga bisa memperkenalkan Teman Kelinci untuk masyarakat Indonesia. dan semoga kehadiran Anabul kelinci bisa menjadi referensi Ayah dan Bunda dalam mengajarkan tanggung jawab sedari dini kepada anak-anak.

“The Wise Bunny knows the carrot will not hop to him.”
Bunny Bushism

tikum ads penulis 750

4Pcs/Set Small Animal Toy Ball Natural Rattan Ball Toy For Rabbit Hamster interactive Bite Proof Hamster Molar Cage Toy Supplies
Anda mungkin suka