Mengenal Lebih Dekat Teknologi 5G Yang Segera Hadir di Indonesia

Layanan Teknologi 5G sudah hadir di beberapa negara dan juga akan segera hadir di Indonesia! Apa sih Teknologi 5G itu?

Tikum Tech – Layanan 5G segera hadir di Indonesia! Apa sih Teknologi 5G itu? Apa saja keunggulan yang ditawarkan? Yuk, cari tahu jawaban selengkapnya hanya di Tikum.id!

Tahukah SobatTikum bahwa layanan teknologi 5G segera hadir di Indonesia? Meskipun saat ini baru satu operator seluler yang menyediakan layanan 5G, operator lain akan menyusul secara bertahap. Hal ini dikarenakan sulitnya mendapatkan SKLO (Surat Keterangan Laik Operasi).

Apa Itu Teknologi 5G?

5G merupakan generasi kelima yang kini menjadi standar nirkabel global setelah jaringan 4G. 5G dirancang untuk menghubungkan orang, objek, mesin, dan perangkat. Layanan 5G merupakan terobosan yang dapat meningkatkan transmisi sekaligus bertukar data melalui gelombang radio. Gelombang radio 5G terbagi menjadi sejumlah frekuensi yang memiliki fungsi komunikasi berbeda, seperti mobile data, siaran televisi, sinyal navigasi maritim, dan aeronautical.

Genarasi 5G menawarkan kecepatan data multi-Gbps lebih tinggi dengan latensi sangat rendah. Alhasil, jaringan ini lebih andal, kapasitasnya besar, ketersediaannya meningkat, dan pengalaman pengguna menjadi seragam. Performa 5G yang lebih tinggi dari 4G efektif meningkatkan efisiensi untuk menghubungkan industri baru.

Keunggulan Teknologi 5G

Tak berbeda dengan semua terobosan di dunia teknologi yang memiliki banyak manfaat, generasi 5G juga memudahkan SobatTikum melakukan kegiatan sehari-hari, utamanya di bidang komunikasi. Agar SobatTikum lebih paham, simak sederet keunggulan 5G berikut ini.

Kecepatan Transmisi Lebih Baik

Jaringan W-CDMA dan LTE hanya mampu mendukung frekuensi di bawah 6 GHz, sedangkan 5G mendukung frekuensi hingga 100 GHz. 5G menawarkan kecepatan transmisi mencapai 10 G/detik. Jika teknologi sebelumnya yang membutuhkan waktu lama untuk pertukaran data berukuran besar, maka dengan layanan 5G waktu transmisi terpangkas signifikan.

Kendati masih menggunakan Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM), layanan 5G didukung dengan sejumlah peningkatan. Salah satunya subcarrier spacing yang lebih fleksibel untuk membantu 5G menangani penggunaan beragam dan spektrum frekuensi. Dengan tingkat transmisi super cepat, tak heran jika 5G dipandang sebagai teknologi revolusioner komunikasi cepat.

Latensi Rendah

Tidak hanya super cepat, 5G juga menawarkan latensi rendah dengan kepadatan koneksi lebih tinggi dibandingkan generasi pendahulunya. Teknologi ini memungkinkan waktu delay sekitar 4-5 milidetik yang masih dapat dikurangi hingga satu milidetik. Singkatnya, layanan 5G sepuluh kali lebih cepat dari layanan 4G. Dengan latensi rendah, SobatTikum bisa menonton video dengan resolusi tinggi tanpa waktu sela.

Hemat Energi

Lantaran super cepat, teknologi 5G sangat hemat energi. Hal ini sesuai dengan tujuan awal 5G yang memang ingin mengurangi konsumsi energi hingga 10% dari teknologi sebelumnya. Selain mengurangi konsumsi power, pengehematan juga dilakukan dengan meningkatkan sleep mode dan mengurangi trafik data. Mengingat pengguna internet makin bertambah setiap tahunnya, kehadiran 5G dinilai mampu memenuhi kebutuhan konektivitas nirkabel.

Koneksi Jauh Lebih Luas

Generasi 5G dirancang sebagai penghubungan banyak perangkat dengan jenis yang beragam. Secara sederhana, frekuensi radio generasi 5G tidak hanya dapat digunakan pada ponsel, melainkan juga perangkat lain. Dengan kapasitas 100 kali lebih besar, generasi 5G mampu menghubungkan banyak orang dalam waktu bersamaan. Banyaknya perangkat yang terkoneksi dengan jaringan 5G membuat perangkat yang terhubung berbasis smart layaknya ponsel pintar.

Demikianlah informasi singkat mengenai teknologi 5G yang perlu SobatTikum ketahui. Dibekali koneksi kuat, generasi 5G juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, seperti meningkatkan teknologi VR, mengendalikan drone di berbagai sektor pekerjaan, dan memungkinkan pengembangan mobil otonom (tanpa pengemudi). Wow, sangat luar biasa bukan? Pastikan untuk membagikan artikel bermanfaat ini ke teman lainnya ya!

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka