Nostalgia, Yuk! Ini 5 Tamiya Legendaris di Serial Dash! Yonkuro

Suka mengoleksi mobil Tamiya? Yuk bernostalgia dengan deretan mini 4WD yang muncul di serial anime terkenal era 90-an, Dash! Yonkuro!

Tikum Hobby – Di era 90-an, anime berjudul Dash! Yonkuro sempat booming dan menjadi bahan perbincangan. Serial tersebut mengisahkan tentang sekelompok anak yang suka bermain Tamiya dan punya hobi merakit mainan jenis mobil balap itu. Popularitas dari serial Jepang garapan Hitoshi Namba ini pun sukses mendongkrak penjualan Tamiya dan membuat mobil mini 4WD kian dikenal di seluruh dunia. Karena itu, mari bernostalgia sejenak dengan beberapa seri mobil balap mini Tamiya yang sempat muncul di serial anime Dash! Yonkuro!

Dash-1 Emperor

Dash-1 Emperor adalah mobil andalan dari salah satu tokoh protagonis di serial Dash! Yonkuro, yakni Yonkuro Hinomaru. Selain itu, mobil ini juga muncul di manga Hyper Dash! Yonkuro, yang membuatnya makin populer di kalangan kolektor Tamiya. Mobil seri ini dirilis pertama kali pada 20 September 1988 dan tersedia dalam 2 varian: Type-1 dan Type-3.

Kedua varian telah dilengkapi dengan velg Hotshot 4 spoke berdiameter sedang. Sementara itu, untuk varian terbatas Special Kit, seri Type-3 makin diperkuat dengan bingkai sasis ABS Polycarbonate dan tambahan body shell milik Dash-2 Burning Sun.

Avante Jr.

Dirilis pada 15 Desember 1988, mini 4WD seri ini terinspirasi mobil RC Tamiya, Avante. Itulah mengapa, Avante Jr. juga menjadi yang pertama dalam penggunaan sasis Type-2. Sebelum tampil di anime Dash! Yonkuro, Avante Jr. membuat debut di manga Mini 4 Top, dengan menjadi mesin utama untuk tokoh Shuichi Saino dan Hayato Takamura. Barulah setelah itu, mobil mini 4WD ini tampil di manga dan serial anime Dash! Yonkuro. Kala itu, Avante Jr. dipilih sebagai mobil balap untuk karakter Yonma Yoshimoto. Namun, seiring berjalannya cerita, seri mini 4WD tersebut kemudian pindah ke tangan Fujiyama yang berasal dari tim Heavy Metal.

Dash-01 Super Emperor

Mobil balap mini racikan Tamiya ini dirilis pada 27 Juni 1990. Ini juga menjadi salah satu mesin andalan sang tokoh utama, Yonkuro Hinomaru di serial Dash! Yonkuro. Akan tetapi, seri ini tentunya menampilkan desain yang lebih tangguh dibanding pendahulunya—Emperor. Pada bagian penyangga monoshock misalnya, part tersebut dialihfungsikan sebagai peredam di sisi depan. Kemudian, spoiler belakang dipindahkan ke sisi bawah body shell.

Dash-001 Great Emperor

Tamiya meluncurkan mobil balap mini 4WD ini pada 18 September 1991. Selain muncul di manga, Dash-001 Great Emperor juga tampil di serial anime Dash! Yonkuro. Ini menjadi mesin balap keempat yang dimiliki oleh sang tokoh utama, Yonkuro Hinomaru. Selain itu, apabila dibandingkan dengan Super Emperor, ada beberapa perubahan desain yang mencolok pada seri Great Emperor. Spoiler belakang pada seri ini dibuat mirip dengan yang ada di mobil Dash-0 Horizon. Great Emperor juga menerima tambahan spoiler depan yang tampak menutupi bumper depannya.

Manta Ray Jr.

Seperti namanya, mobil mini 4WD ini terinspirasi oleh RC buggy Mantay Ray keluaran Tamiya. Pertama kali dirilis pada 9 Juli 1991, Manta Ray Jr. kemudian muncul sebagai mobil andalan anggota tim Black Mistral di serial dan manga Dash! Yonkuro. Mobil Tamiya seri ini juga sempat tampil di serial anime populer Bakusou Kyoudai Let’s & Go! Manta Ray Jr. menjadi mobil mini 4WD pertama Go Seiba, yang tidak lama setelahnya digantikan dengan seri Magnum Saber. Untuk desainnya, Mantay Ray Jr. memiliki ciri khas yang terlihat pada rear spoiler yang besar, serta adanya 4 penyangga peredam yang terpasang di dekat roda.

Setiap seri tentunya hadir dengan ciri khas desain yang berbeda. Nah, dari beberapa model di atas, mana yang menurut Anda paling keren?

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tinggalkan komen