Tambah Skill Sambil Me-Time dengan Ikut Kelas Online Ini

Di rumah saja nggak jadi alasan berhenti belajar hal baru. Coba ikuti kelas online berikut untuk menambah skill sekaligus ajang me-time!

Sudah mulai bosan dengan rutinitas di rumah yang itu-itu saja? Boleh jadi ini waktunya Anda mencari aktivitas baru sembari mengasah keterampilan diri. Apalagi, sekarang semua bisa dilakukan dari rumah, tanpa perlu keluar biaya makan di luar maupun transportasi.

Menjamurnya kelas online selama masa pandemi wajib Anda manfaatkan. Dengan biaya jauh lebih terjangkau, Anda bisa langsung belajar dari ahlinya. Siapa tahu hasil iseng-iseng belajar online bisa jadi side job?
Selain itu, jadikan ini sebagai hadiah kepada diri sendiri. Me-time sambil menekuni hobi baru jelas perpaduan sempurna untuk mengambil jeda sejenak dari kesibukan di rumah. Berikut rekomendasi kelas online versi Tikum yang bisa Anda coba.

1. Melukis dengan cat air

Ternyata, melukis dengan media cat air juga cocok untuk orang dewasa lho. Mereka yang sudah mencoba sepakat melukis dengan cat air itu menenangkan dan menyenangkan. Kalau Anda pernah coba cat air saat kecil dulu, ini waktu tepat untuk mencoba lagi.

Cukup dengan membeli peralatan standar, seperti cat air, kuas berbagai ukuran, dan kertas gambar khusus cat air, Anda sudah siap belajar melukis. Beberapa kelas online juga menawarkan starter kit melukis dengan cat air dengan harga hemat, selain sesi belajar bersama. Menarik kan?

2. Menjahit

Diana Rikasari, seorang desainer dan penulis buku yang dikenal punya gaya unik, kerap membagikan proyek recycling pakaian di akun Instagram pribadinya. Ia menjahit sendiri semua pakaian lama yang tidak terpakai dan mengubahnya menjadi pakaian baru dengan gaya berbeda.

Tertarik melakukan hal serupa? Coba cari kelas menjahit secara online atau tutorial di YouTube. Anda bisa belajar sendiri dari situ dan berkreasi kecil-kecilan di rumah. Mulai dari masker, plush doll kain flanel, homedress si kecil, sampai coba buat pakaian sendiri. Pasti rasanya bangga bisa mengenakan karya kita sendiri.

3. Journaling atau bullet journal

Di rumah saja bukan berarti bebas stres. Meski secara fisik terlihat sehat, kadang Anda tidak sadar beban pikiran perlahan menggerogoti fisik. Kecemasan, kekhawatiran, pikiran negatif, dan takut akan hal-hal tertentu justru menguras emosi diri sendiri.

Salah satu cara tepat untuk melepas semua isi pikiran dan emosi itu adalah dengan membuat jurnal maupun bullet journal (bujo).

Cara ini cukup jitu menenangkan pikiran karena Anda bisa melepas stres sambil doodling dengan tema tertentu. Mengisi jurnal yang Anda buat dengan tangan sendiri tentu lebih bersemangat kan?

4. Berkebun

Sudah bukan zamannya lagi mengeluhkan sulit berkebun dengan alasan lahan terbatas. Bahkan, Anda bisa lho menikmati hasil panen dari kebun sendiri, seperti tanaman herba, cabai, maupun microgreens yang lagi tren.
Coba cari video tutorial berkebun untuk pemula yang bisa dilakukan di lahan sempit. Misalnya, berkebun hidroponik dengan berbagai media tanam. Selain tutorial di YouTube, Mama juga bisa cari akun media sosial yang memfasilitasi belajar online berkebun. Patut dicoba nih!

5. Smartphone Photography

Kecanggihan kamera smartphone zaman sekarang menghadirkan ‘aliran’ fotografi baru, yaitu smartphone photography. Berbekal kamera HP, Anda bisa menghidupkan sebuah objek menjadi foto yang berbicara. Asal tahu triknya, hasil foto HP nggak kalah keren dari kamera sungguhan.

Kelas smartphone photography ini juga populer di kalangan pemilik online shop maupun blogger. Selain belajar mengambil foto dengan angle dan pencahayaan tepat, Anda bisa belajar proses editing dengan memakai aplikasi photo editor. Seru juga lho utak-atik foto di HP.

Di rumah saja justru membuka Anda pada lebih banyak kesempatan belajar hal-hal baru lewat kelas online. Bisa menambah skill sekaligus me-time tanpa perlu beranjak keluar rumah jelas sebuah keuntungan besar.
Jadi, dari kelima kelas pilihan Tikum di atas, mana yang memikat hati Anda?

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka