Ikuti Tren, Suzuki rilis Swift Hybrid Generasi Keempat Tahun Depan

Belakangan, hybrid sangat populer di kalangan penggemar otomotif. Melihat tren tersebut, Suzuki rilis hybrid generasi keempat tahun depan.

TikumOtomotif – Belakangan, hybrid sangat populer di kalangan penggemar otomotif. Melihat tren tersebut, Suzuki rilis hybrid generasi keempat tahun depan.

Meskipun produksi dan penualannya telah dihentikan beberapa tahun lalu di Indonesia, popularitas Swift cukup baik di negara lain seperti India dan beberapa negara Eropa. Bahkan di India, Swift sempat menjadi mobil terlaris lebih dari satu dekade. Tidak heran ketika versi facelift dirilis, pasar otomotif di India langsung menggila.

Popularitas Suzuki Swift Facelift

Versi facelift pertama kali dirilis di India dan diproduksi oleh Maruti selaku pabrik pemasok Suzuki untuk kawasan India dan sekitarnya. Pada versi ini, Swift hadir dalam 7 pilihan warna yaitu Mysterious Violet, Glistening Grey, Fire Red, Silky Silver, Pearl Arctic White, dan Granite Grey.

Berbahan bakar bensin, dapur pacu versi facelift mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 84,2 PS transmisi manual lima kecepatan. Versi ini pun diklaim mampu mengehmat bahan bakar 10% lebih baik dari versi-versi sebelumnya. Variasi warna beragam serta mesin gahar membuat Swift facelift banyak diminati.

Hal tersebut terlihat dari meningkatnya angka penjualan mobil ini di India saja. Selain dari segi mesin dan performa, eksterior versi facelift juga mengalami perubahan. Grille bagian depat sempat didesain ulang lengkap dengan desain velg terbaru. Penggemarnya menyebut, tampilan versi facelift lebih stylist dibanding versi pendahulunya.

Rilis Hybrid Generasi Keempat Tahun 2022

Melihat besarnya minat penggemar Swift di beberapa negara, Suzuki memutuskan untuk memproduksi versi hybrid yang rencananya akan dirilis pada Juli 2020 nanti. Kehadiran Swift Hybrid dinilai sebagai keikutsertaan Suzuki dalam meramaikan pasar otomotif yang belakangan didominasi mobil listrik.

Keberadaan mobil ini merupakan bukti bahwa teknologi Suzuki senantiasa mengikuti zaman dan siap bersaing di pasar internasional. Swift Hybrid ini dikenal sebagai generasi keempat dan dijual sebagai model tahun 2023 atau MY2023. Dibanding versi facelift, jelas banyak perubahan yang bisa kita lihat.

Dari segi eksterior, Swift Hybrid disebut lebih pendek dari versi sebelumnya meskipun memiliki lebar sama. Lampu depannya pun mengalami perubahan menjadi lebih tipis dengan bumper baru. Perubahan lair tampak pada pilar C yang membuat tampilan atap terlihat seperti melayang.

Mobil ini juga memiliki sistem handling mumpuni, serta membawa mesin berteknologi hybrid bertenaga baterai 48 volt. Untuk mesin bensin, Suzuki Swift Hybrid menggunakan K12 Dualjet 1,2 liter yang mampu menghasilkan tenaga 89 bhp serta torsi maksimal mencapai 113 Nm.

Keunggulan lain versi Hybrid adalah, model generasi keempat ini disebut akan menggunakan Heartect terbaru. Artinya dari segi kenyamanan dan keselamatan, Suzuki Swift hybrid generasi keempat dijamin lebih unggul dibandingkan para pendahulunya.

Apakah Versi Hybrid Beredar di Indonesia?

Sebenarnya versi facelift Suzuki Swift juga beredar di Indonesia dengan nama All New Swift meskipun produksinya sempat dihentikan. Angka penjualan versi ini pun cukup memuaskan mengingat tampilan All New Swift terlihat lebih elegan dari versi sebelumnya.

Jadi jangan heran apabila saat versi Hybrid dirilis secara resmi, Indonesia menjadi salah satu target pasar sehingga para penggemar Swift bisa ikut merasakan kecanggihan mobil keren tersebut. Kabarnya, Swift Hybrid generasi keempat sudah mulai menjalani uji coba Thailand.

Biasanya hal ini dilakukan sebelum sebuah produk resmi dipasarkan di ASEAN. Beberapa rumor menyebut, walaupun nantinya beredar di Indonesia Swift Hybrid akan dibekali pilihan mesin Mild-Hybrid seperti yang terpasang di Ertiga versi Diesel Hybrid.

Benar atau tidaknya rumor tersebut kita hanya bisa berharap Swift Hybrid bisa segera mengaspal di Indonesia dan merajai pasar otomotif negeri ini. Bagaimana, tertarik untuk membeli Suzuki Swift Hybrid generasi keempat?

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka