Super Beetle Owner (SBO) Indonesia, Komunitas Volkswagen Beetle

Tikum Otomotif – Pada Edisi bulan Juli 2020 kembali kami membahas tentang otomotif dengan nuansa klasik produksi negara Jerman yaitu Volkswagen Beetle.

Sedikit kilas balik mengenai asal mula mobil ini yang berasal dari zaman Nazi Jerman pada tahun 1930an. Kala itu pemimpin Jerman Adolf Hitler menginginkan agar kendaraan pribadi dapat tersedia untuk masyarakat umum, dan ia menugaskan seorang insinyur bernama Ferdinand Porsche, untuk merancang kendaraan tersebut dan diberi nama ‘Der Deutsche Volkswagen’ (mobil rakyat Jerman).

super beetle owner 2

Mobil yang identik dengan nama VW Kodok ini berkapasitas 1300 cc dan memiliki ciri khas serta tampilan unik dengan variasi warna-warninya. Selain itu posisi mesin yang berada di belakang membuat mobil ini memiliki tenaga yang lebih besar karena tenaga dari mesin langsung tersalurkan kepada roda belakang.

Sampai saat ini penggemar VW Beetle masih sangat banyak di seluruh dunia dan Indonesia, oleh karena itu hari ini kami perkenalkan kepada anda komunitas WV dari SUPER BEETLE OWNER (SBO).

sbo logo

Super Beetle Owner (SBO) Indonesia berdiri pada tanggal 25 februari 2014. Awal terbentuknya melalui applikasi WhatsApp Grup antar sesama penggemar Beetle dengan type VW 1302 dan 1303.

super beetle owner 3

SOB berdiri atas inisiator Bapak Yusni Saiful Bahri. Visi dari SBO adalah ingin melestarikan khasanah VW di Indonesia sebagai warisan bangsa, sekaligus menjadi wadah untuk silaturahmi pemilik VW khususnya superbeetle di seluruh Indonesia dan berkontribusi di masyarakat melalui berbagai program sosial.

Selama komunitas terbentuk hingga saat ini SBO sudah pernah dipimpin oleh seorang mantan President/ketua, mereka adalah :

  1. Yusni Saiful Bahri
  2. Didit Soedarto
super beetle owner 4

Sampai saat ini total anggota SOB di seluruh Indonesia meliputi Provinsi dan Kota sudah mencapai 163 orang. Walaupun VW beetle sudah masuk kategori mobil klasik, namun usia para anggota yang tergabung pada SBO sangat beragam. Mulai dari usia 20 tahun hingga 60 tahun, begitu juga dengan latar belakang profesi para anggota, mulai dari Mahasiswa, Pegawai Negeri, Pegawai Swasta, Dokter dan Wirausaha.

Selayaknya komunitas otomotif yang memiliki banyak agenda kegiatan, maka sebelum masa pandemi Covid-19 seperti saat ini SBO juga memiliki berbagai kegiatan, mulai dari program bakti sosial, kopdar akbar, touring luar kota, hingga berpartisipasi di berbagai event nasional Volkswagen di Indonesia.

super beetle owner 5
super beetle owner 6
super beetle owner 7

tikum.id mengajak anda semua penggemar classic car khususnya VW Beetle untuk bergabung bersama Super Beetle Owner. Silahkan menghubungi beberapa akun sosial media mereka dibawah ini.

Facebook : Super Beetle Owner (1302 and 1303 Indonesia)
Instagram : @superbeetleowner
E-mail : superbeetleowner@yahoo.com

Semoga dengan semangat yang luar biasa dari SBO bisa menjadi contoh dan memotivasi para generasi muda untuk ikut serta melestarikan mobil Volkswagen di Indonesia. tetap kompak selalu untuk SBO dan selalu ingat “Never 2 old 2 Rock n Roll”.

“A car for the people, an affordable Volkswagen, would bring great joy to the masses and the problems of building such a car must be faced with courage”.

Adolf Hitler
Anda mungkin suka