Suka Ngemil di Malam Hari? Ini Dia Pilihan Camilan Paling Sehat

Mengemil malam hari kerap dihubungkan sebagai kebiasaan tidak sehat yang bisa menaikkan berat badan. Beberapa menu sehat ini adalah opsi terbaik untuk Anda!

Mengemil malam hari kerap dihubungkan sebagai kebiasaan tidak sehat yang bisa menaikkan berat badan. Beberapa menu sehat ini adalah opsi terbaik untuk Anda!

Bagi sebagian orang, menahan lapar di malam hari adalah hal yang menyebalkan. Selain harus mempertimbangkan makanan apa yang akan dimakan, Anda juga harus memikirkan efek kenaikan berat badan yang mungkin terjadi jika salah memilih menu.

Berbagai penelitian di dunia menunjukkan bahwa makan terlalu larut akan membuat seseorang semakin sulit mengontrol berat badan. Untungnya, jika Anda benar-benar lapar, ada beberapa makanan kecil di bawah 200 kalori yang aman disantap malam hari. Apa saja?

Pisang dan Almond Butter

Camilan Paling Sehat cover 1

Satu buah pisang berukuran kecil dengan almond butter tanpa pemanis tidak hanya mampu memberikan 165 kalori untuk meringankan rasa lapar Anda. Menyantap keduanya ternyata juga bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak. Ini karena kandungan melatonin yang mengatur rasa kantuk akan meningkat dalam 2 jam setelah makan 2 buah pisang.

Puding Labu

Camilan Paling Sehat cover 2

Jika kebetulan Anda lapar di malam hari dan ingin menyantap sesuatu yang manis, puding labu adalah pilihan paling sehat. Campurkan yogurt rasa vanilla dengan sepertiga cangkir bubur labu. Tambahkan sedikit kayu manis sebagai penambah aroma. Sajian ini tidak hanya akan menunda lapar tapi juga memberikan asupan protein, vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

Edamame

Camilan Paling Sehat cover 3

Kerap dijadikan pilihan menu bagi mereka yang berdiet, edamame juga sangat cocok dijadikan camilan malam hari. Kukus edamame dangan campuran garam, bubuk cabai dan jintan. Selain kenyang, Anda juga akan tidur nyenyak setelah menyantapnya.

Apel dan Selai Kacang

Camilan Paling Sehat cover 7

Jika Anda tidak suka dengan opsi pisang plus almond butter, Anda mungkin akan menyukai pilihan ini. Apel yang disantap dengan selai kacang akan menjadi sumber protein dan lemak sehat yang bisa memberikan efek kenyang. Karbohidrat dari buah apel dan protein dalam selai kacang juga bermanfaat untuk kesehatan Anda.

Buah Kiwi

Camilan Paling Sehat cover 4

Kiwi adalah salah satu buah-buahan yang sangat bergizi dan tidak membuat gemuk. Dua buah kiwi yang sudah dikupas hanya menyumbang sebanyak 93 kalori. Di dalamnya juga ada 5 gram serat dan 190% rekomendasi harian vitamin C. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa kiwi bisa membantu Anda tidur nyenyak.

Kacang Pistachio

Camilan Paling Sehat cover 5

Pistachio dikenal sebagai salah satu jenis kacang yang mampu merangsang produksi melatonin untuk membantu Anda tidur nyenyak. Hanya dengan 160 kalori, sebanyak 28 gram kacang pistachio adalah camilan malam yang sedap sekaligus menyehatkan.

Smoothies

Camilan-Paling-Sehat-8 8

Makan camilan kaya protein sebelum tidur bisa membantu Anda memperbaiki kondisi otot, terutama yang berhubungan dengan pertambahan usia atau aktivitas olahraga. Smoothies berbahan dasar susu memasok protein untuk perbaikan otot dan triptofan, yang digunakan untuk membuat bahan kimia otak yang meningkatkan kualitas tidur. Smoothie sebanyak 240 ml dengan susu rendah lemak dan nanas hanya mengandung sekitar 160 kalori saja.

Crackers and Cheese

Camilan Paling Sehat cover 6

Makanan ringan dengan karbohidrat dan protein yang seimbang ini juga bisa membuat kadar gula Anda lebih konsisten. Mengonsumsi makanan dengan karbohidrat seperti crackers dan sumber triptofan seperti keju akan membuat jumlah triptofan dalam otak Anda meningkat. Efeknya, berbagai masalah tidur seperti insomnia dan sleep apnea bisa dikurangi efeknya dengan camilan ini.

Dengan berbagai opsi camilan di atas, Anda bisa mengemil malam hari tanpa rasa khawatir. Tertarik mencoba?



Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka