Stress WFH di masa PPKM? Coba beberapa TIPS anti Stress ini.

Ternyata bekerja dari jarak jauh punya tantangan baru yang unik. Stress wfh bisa berpengaruh kepada sistim imun tubuh

Tikum Health – Masyarakat Indonesia yang menjalani work from home (stress WFH) atau bekerja dari rumah bukan tidak mungkin mengalami stres karena merasa tidak punya waktu untuk istirahat. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Bekerja dari rumah pasti menarik, tidak ada aturan berpakaian, tidak ada pengawasan langsung, tidak ada waktu perjalanan dan kebebasan untuk memutuskan di mana Anda bekerja. Namun ternyata bekerja dari jarak jauh punya tantangan baru yang unik.

Situasi pandemic covid-19 saat ini tanpa disadari bisa mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Dan para pekerja adalah kelompok yang rentan akan stress berat selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Dengan berfokus pada apa yang dapat kita lakukan untuk mengurangi stres, Anda dapat meningkatkan keseimbangan antara kehidupan kerja dan kebahagian pribadi secara bersamaan.

Untuk mencegah stress wfh yang bisa berpengaruh kepada sistim imun tubuh, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan dari rumah.

  1. Melakukan aktivitas yang ringan dan menyenangkan untuk menghilangkan stress seperti Yoga atau bermain Games di gadget
  2. Aktivitas fisik secara teratur dengan berolahraga di rumah atau lingkungan sekitar seperti jogging
  3. Evaluasi dan mencari teman untuk berbagi cerita seperti rekan kerja, pasangan, keluarga atau pimpinan dalam pekerjaan
  4. Mendengarkan musik merupakan terapi yang simple namun sangat efektif dalam membangkitkan mood kerja. Saat ini sudah banyak aplikasi dan software yang menawarkan jasa dalam mendengarkan lagu-lagu favorit
  5. Tidurlah secara teratur, sebab dengan istirahat teratur ternyata dapat memulihkan energi serta kesehatan fisik dan mental

Stres adalah bagian dari kehidupan, hanya saja ketika stres itu melebihi apa yang dapat dikelola tubuh dan pikiran kita maka akan menjadi masalah baru. Oleh karena itu penting untuk kita bersikap baik dan percaya kepada para kolega, tim kerja dan atasan disekitar Anda. Sebab dengan mempercayai mereka, kita jadi punya pertolongan saat bekerja dari jarak jauh.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka