Star Coupe Owners Indonesia, Komunitas Pemilik Mercedes-Benz Coupe

Tikum Otomotif  – Berbagai “Bintang” sudah pernah kami hadirkan dan perkenalkan kepada sobat tikum, memang jika berbicara mobil asal Stuttgart, Jerman ini seperti tidak ada habisnya mengingat merk otomotif ini memilki jutaan penggemar dan kolektor.

Nah, hari ini mari kita sedikit flashback mengenai tipe dari Mercedes Benz 2 pintu atau lebih dikenal dengan istilah Coupe. Mobil coupe sering kali berupa variasi sport dari mobil sedan saloon dengan bagian dalam berisi hanya dua kursi atau 2+2 kursi (dua di depan dan dua di belakang).

Umumnya coupe memiliki 2 pintu, tetapi ada beberapa pabrikan yang menciptakan klasifikasi coupe baru seperti sedan coupe 4 pintu, yaitu sedan dengan bodi menyerupai coupe. Beberapa contoh dari varian Mercedes Benz CL, CLK, dan E-Class Coupe.

Walaupun Society of Automotive Engineers (SAE) mendefinisikan coupe sebagai mobil beratap tertutup dan tidak semua sedan dua pintu adalah coupe, akan tetapi beberapa pabrikan tetap menggunakan istilah “coupe” untuk mobil jenis seperti ini.

star coupe 2

Untuk semakin membuat anda penasaran dengan Mercy coupe, mari kita berkenalan dengan komunitas otomotif Mercedes Benz dari berbagai varian coupe yaitu STAR COUPE OWNERS INDONESIA.

star coupe 3

Star Coupe Owners Indonesia (SCOI) resmi berdiri pada tangal 27 Juni 2020, dan event yang pertama kali dilakukan di Plataran Hutan Kota, Jakarta dengan official theme: Meet & Greet perkenalan. Dan turut mengundang beberapa klub Mercedes Benz lain seperti Mercedes Benz SL Club Indonesia, Tesla Club Indonesia dan Prestige Motor Image Indonesia.

Visi berdirinya SCOI adalah untuk menjadi wadah resmi dari ikatan pecinta Mercedes Benz variant 2 pintu di Indonesia. Sedangkan Misi SCOI adalah ingin mempersatukan seluruh pecinta dan pengguna variant Mercedes Benz 2 pintu di seluruh Indonesia.

star coupe 4

Sedikit kilas balik sejarah berdirinya klub ini, pada awal berkumpul nama mereka adalah STARCO hingga akhirnya berubah menjadi SCOI. Dan ide mendirikan klub ini diprakarsai oleh 8 orang penggemar dan pengguna Mercedes 2 pintu all variant seperti E Coupe, SLK, CL55 dan E300 Coupe.

Para pendiri dan pengurus SCOI adalah : Novie Kresna, Arief Maulana, Ferry Wrestio S., Guntur Kusuma, Iden Gobel. Hingga akhirnya mereka juga menjadi pengurus untuk 1 periode jabatan tahun 2020 – 2022 yang dipimpin oleh Arief Maulana sebagai Presiden.

Sedangkan untuk dewan pendiri lainnya adalah : Demoris Pandiangan, Buddy Syahmenan dan Febbrya Fannareza.

star coupe 5
(Presiden SCOI 2020-2022)

Sebagai wadah bersama SCOI menampung seluruh produksi varian Mercedes Benz 2 pintu yang terdiri dari coupe /cabrio/convertible. mulai dari tahun klasik hingga yang terbaru.

star coupe 6
(pengurus SCOI)

Lalu seperti apakah para anggota SCOI ? latar belakang para anggota ternyata sangat beragam mulai dari genre, usia dan profesi. Mulai dari karyawan swasta, professional muda dan pengusaha di berbagai bidang. Sampai saat ini SCOI sudah memiliki total anggota sebanyak 147 orang yang aktif dan terdaftar secara administrasi database klub.

star coupe 7

Kami sempat bertanya kepada perwakilan pengurus mereka mengenai apa yang membedakan SCOI dan klub Mercedes lainya ? dan perwakilan mereka menjawab bahwa SCOI adalah klub yang independen dan tidak terafiliasi dengan klub apapun di Indonesia, sehingga dapat merangkul semua golongan baik dari latar belakang yang berbeda-beda tetapi tetap satu dalam semangat melestarikan Mercedes Benz variant 2 pintu.

Di saat situasi wabah pandemi Covid-19saat ini, SCOI turut mendukung program pemerintah Indonesia untuk menekan turunnya angka penyebaran virus, sehingga seluruh kegiatan lapangan dan acara resmi selalu menjalankan standar protokol kesehatan, seperti Breakfast Morning Run yang selalu rutin diadakan setiap bulan.

Jika anda memiliki unit Mercedes Benz 2 pintu, kami mengajak para netizen untuk bergabung kedalam Star Coupe Owners Indonesia, temukan nuansa baru dalam berotomotif persaudaraan Benzhood. Silahkan anda menghubungi akun sosial media mereka dibawah ini.

E-mail : starcoupeowners@gmail.com
Instagram : @starcoupeownersindonesia

tikum.id berharap agar klub ini bisa memberikan warna baru dalam dunia otomotif serta bersinar seperti bintang di masa depan. Semoga SCOI semakin besar, solid dan bermanfaat untuk mempersatukan masyarakat otomotif Indonesia.

“I enjoy trying to develop a car and Mercedes are one of the biggest car manufacturers in the world.”

Lewis Hamilton

Anda mungkin suka