Daftar Stadion di 11 Negara yang Akan Digunakan pada Laga Euro 2020

Setelah sempat vakum, dunia bola mulai bangkit dan ditandai dengan diselenggarakannya beberapa laga besar, termasuk Euro yang diadakan di 11 negara.

Setelah sempat vakum, dunia bola mulai bangkit dan ditandai dengan diselenggarakannya beberapa laga besar, termasuk Euro yang diadakan di 11 negara.

Ketika pandemi berlangsung, banyak sekali acara tahunan yang harus ditunda terlebih dahulu sampai keadaan menjadi lebih baik. Di antara agenda rutin tersebut, ada Euro 2020 yang seharusnya mulai digelar pada pertengahan tahun lalu.

Laga Euro 2020

Awalnya, Euro 2020 dijadwalkan mulai tanggal 12 Juni sampai 12 Juli tahun 2020 lalu. Turnamen ini terpaksa ditunda karena awal tahun 2020, pandemi Covid-19 terjadi dan membuat banyak negara menerapkan kebijakan lockdown. Jika dipaksakan pun, UEFA akan mendapat kritik dan tekanan dari banyak pihak.

Pada 17 Maret 2020, UEFA pun mengadakan konferensi virtual dengan 55 anggotanya dan beberapa perwakilan dari Asosiasi Klub Eropa dan Liga Eropa. Konferensi tersebut menghasilkan kesepakatan bahwa Euro 2020 akan diadakan tahun berikutnya mulai dari 11 Juni hingga 11 Juli 2021.

Konferensi virtual ini juga menyebut bahwa meskipun diadakan pada tahun 2021, pertandingannya akan tetap disebut sebagai Euro 2020. Pembahasan konferensi tidak fokus pada waktu penyelenggaraan laga sepak bola saja tetapi juga negara tuan rumah.

Diadakan di 11 Negara dengan Protokol Kesehatan Ketat

Akibat pandemi, pemilihan negara tuan rumah untuk Euro 2020 benar-benar dilakukan secara terperinci. Awalnya, UEFA memilih 12 negara tuan rumah yang dinilai mampu menyediakan tuntutan organisasi. Tapi sampai batas akhir pengumpulan proposal pengajuan, hanya 4 negara yang mengajukan.

Batas akhir pun diperpanjang dengan harapan negara-negara tersebut segera menunjukkan proposal mereka. Di tengah jalan, UEFA sempat menerima pengajuan dari Israel yang bersedia menjadi tuan rumah beberapa pertandingan karena tingginya angka penduduk yang telah divaksinasi di sana.

Tapi tawaran tersebut ditolak secara halus oleh UEFA meningat komitmennya pada 8 negara yang belum mengumpulkan proposal. Hingga akhirnya, pada April 2021 UEFA mengumumkan 11 negara tuan rumah yang resmi menjadi penyelenggara Euro setelah mencoret Irlandia dari daftar.

Sebelas negara tersebut dipastikan mampu menyediakan sekaligus menerapkan standar protokol kesehatan yang diminta UEFA. Lalu, stadion dan negara mana yang dipastikan menjadi penyelenggara Euro 2020?

Daftar Stadion Tuan Rumah Euro 2020

Negara pertama adalah Italia. Negara ini akan menggelar 4 laga grup A di Stadion Olimpico, Roma. Stadion sepak bola ini juga akan menjadi tempat diselenggarakannya laga pertama untuk membuka Euro 2020. Tempat penyelenggaraan kedua adalah Stadion Olympic di Baku, Azerbaijan.

Seperti Olimpico, Olympic juga menyelenggarakan 4 pertandingan negara yang bergabung di grup A. Denmark menjadi negara ketiga yang menjadi tuan rumah. Pertandingan Euro di negara ini akan berlangsung di Stadion Parken, Copenhagen. Negara selanjutnya adalah Rusia yang akan menyelenggarakan pertandingan di Stadion Krestovsky.

Rusia akan menyelenggarakan 7 laga karena menggantikan posisi Irlandia. Stadion Nationala di Bucharest, Romania menjadi venue kelima dan akan menggelar 4 pertandingan grup C. Selanjutnya negara yang menjadi tuan rumah adalah Belanda yang menggelar 4 laga grup C di Stadion Johan Cruyff Arena, Amsterdam.

Untuk negara yang ketujuh, UEFA memilih Skotlandia dan Stadion Hampden Park di Glasgow. Negara penyelenggara kedelapan adalah Inggris yang akan mengadakan 8 pertandingan di Stadion Wembley, London. Kesembilan adalah Spanyol yang akan mengadakan 4 laga grup E di Stadion La Cartuja, Sevilla.

Sedangkan negara kesepuluh adalah Jerman yang memilih Stadion Allianz Arena sebagai tempat digelarnya 4 laga dari grup F. Negara terakhir adalah Hungaria, yang menyediakan Stadion Puskas Arena untuk penyelenggaran 4 laga Euro 2020 dari grup F yang terdiri 3 laga fase grup F dan 1 laga 16 besar.

Jadi, sudah siap melihat keseruan laga sepak bola legendaris Euro 2020? Semoga bermanfaat.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka