SST – 10 Tren Teknologi Revolusi Industri ke-4

Pekerjaan, bisnis, dan cara kita kerja atau beroperasi, kita sedang diubah oleh teknologi, dan pandemi global saat ini melacak dengan cepat transformasi digital . Berikut 10 tren teknologi teratas yang mendorong Revolusi Industri ke-4.

Sobattikum, Era ini adalah era yang luar biasa karena kita tidak pernah hidup di dunia inovasi teknologi yang lebih cepat dan lebih luas jangkauannya dibandingkan era sekarang.

Coba kita kembali melihat perubahan industri sejak revolusi Industri yang dimulai di Inggris pada abad 19 dan berlanjut di benua Biru dan Amerika hingga saat ini bergeser ke semua tempat termasuk Asia dan Kita Indonesia.

Pekerjaan, bisnis, dan cara kita kerja atau beroperasi, kita sedang diubah oleh teknologi dan pandemi global saat ini melacak dengan cepat transformasi digital . Berikut 10 tren teknologi teratas yang mendorong iRevolusi Industri ke-4.

1. Artificial Intelligence & Machine Learning

Apa itu AI & ML? Kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin mengacu pada kemampuan mesin untuk belajar dan bertindak secara cerdas — artinya mereka dapat membuat keputusan, melaksanakan tugas, dan bahkan memprediksi hasil di masa depan berdasarkan apa yang mereka pelajari dari data.

AI akan mengubah dunia kita dan bagaimana kita hidup di dalamnya. Ini sudah digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari mulai dari Google Search untuk mendukung rekomendasi penjualan produk Amazon dan saran pribadi yang Anda dapatkan dari Netflix dan Spotify serta dalam proses keamanan untuk penipuan penggunaan kartu kredit.

AI dan ML juga merupakan dasar dari mana banyak tren teknologi lainnya dibangun. AI memberi mesin kemampuan untuk melakukan berbagai proses mirip manusia, seperti melihat (pengenalan wajah), menulis (chatbots), dan berbicara (Alexa). AI akan menyusup lebih banyak lagi dalam kehidupan kita karena kemampuan mesin untuk bertindak secara cerdas menjadi lebih baik.

2. Internet of Things (IoT)

Apa itu: Internet of Things (IoT) mengacu pada meningkatnya jumlah perangkat dan objek sehari-hari yang terhubung ke internet dan mengumpulkan serta mengirimkan data.

Sementara perangkat pintar pertama yang kita kenal adalah smartphone, kita sekarang memiliki jam tangan pintar, TV, lemari es, dan akan segera memiliki segalanya yang cerdas – hari ini, semuanya menjadi lebih pintar.

Saat ini ada 20 miliar perangkat pintar, tetapi diharapkan akan tumbuh setidaknya 200 miliar perangkat yang terhubung. Perangkat pintar ini bertanggung jawab atas ledakan data dan dengan cepat mengubah dunia kita dan cara kita hidup di dalamnya. Kemampuan mesin untuk terhubung dan berbagi informasi satu sama lain adalah bagian kunci dari IoT.

Industri 4.0 Video: Sumber BoViS28 Viral:

https://youtu.be/5cWZqFLoINc

3. Big Data

Apa itu Big Data?: Secara sederhana, “data besar” mengacu pada ledakan eksponensial dalam jumlah data yang dihasilkan di era digital yang setiap hari semakin bertumbuh dan meningkat.

Dunia kita penuh dengan data, lebih dari sebelumnya. Semakin banyak data yang Anda miliki, semakin mudah untuk mendapatkan wawasan baru dan bahkan memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan.

Dengan menganalisa massa data dengan algoritma cerdas, dimungkinkan untuk menemukan pola dan hubungan yang sebelumnya tidak diketahui. Dan ketika Anda bisa memahami hubungan antara titik data, Anda dapat memprediksi hasil di masa depan dengan lebih baik dan membuat keputusan yang lebih cerdas tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya. Wawasan yang diperbesar yang dapat mengekstraksi wawasan secara otomatis akan memberi perusahaan wawasan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari data mereka.

4. Blockchains

Apa itu Blockchain?: Blockchain atau ledger adalah, dalam istilah sederhana, semacam database yang sangat aman, cara menyimpan informasi yang reliable, transparan.

Di era digital dewasa ini, menyimpan, mengotentikasi, dan melindungi data menghadirkan tantangan serius bagi banyak organisasi.

Teknologi Blockchain, suatu bentuk buku besar yang terbuka dan terdistribusi, menjanjikan solusi praktis dan super aman untuk masalah ini. Blockchain adalah alat yang semakin menarik untuk semua industri dalam menyipan data. Contohnya Ini akan mengubah cara bank beroperasi dan bagaimana kita menjaga harta benda kita.

5. Cloud & Edge Computing

Apa itu Cloud dan EC?: Cloud computing berarti menyimpan dan memproses data pada komputer orang lain di pusat data melalui jaringan yang memberi perusahaan kemampuan untuk menyimpan sejumlah besar data dan memprosesnya dalam waktu yang hampir bersamaan. Komputasi EC mengacu pada pemrosesan data pada perangkat seperti smartphone.

Penyedia layanan cloud seperti Amazon, Google, dan Microsoft memungkinkan perusahaan untuk meng-host semua infrastruktur TI penting di cloud mereka, memungkinkan perusahan untuk mengurangi biaya overhead dalam mengoperasikan sistem, perangkat lunak, dan data individual.

Edge berada di ujung skala lain — komputasi EC terjadi secara dekat dan pribadi di garis depan operasi bisnis. Alih-alih mengirim setiap informasi yang dikumpulkan oleh kamera, pemindai, terminal genggam, atau sensor ke cloud untuk diproses, perangkat EC melakukan sendiri beberapa atau semua pemrosesan, di sumber tempat data dikumpulkan.

6. Robot & Cobot

Apa itu Robot dan Cobot?: Robot hari ini dapat didefinisikan sebagai mesin cerdas yang dapat memahami dan merespons lingkungan mereka dan melakukan tugas rutin atau kompleks secara mandiri.

Di zaman yang didorong oleh data ini, kecerdasan dan kemampuan untuk bertindak secara otonomlah yang mendefinisikan robot dan memisahkan mereka dari mesin lain.

Munculnya robot kolaboratif, atau cobot, adalah generasi terbaru dari sistem robot yang dirancang untuk bekerja bersama manusia sebagai rekan robot. Cobots meningkatkan pekerjaan yang dilakukan manusia dan berinteraksi dengan aman dan mudah dengan tenaga kerja manusia — otot robot ekstra di tempat kerja.

7. Kendaraan Otonom

Apa itu: Kendaraan otonom — baik mobil, truk, kapal, atau kendaraan lain — adalah kendaraan yang dapat merasakan apa yang terjadi di sekitarnya dan beroperasi tanpa keterlibatan manusia.

Setiap pabrikan mobil besar berinvestasi dalam teknologi self-driving, dan kendaraan self-driving dapat mengubah wajah kota-kota kita. Mereka berpotensi mengurangi polusi, secara drastis meningkatkan perjalanan harian, dan banyak lagi.

8. Jaringan 5G

Apa itu 5G?: 5G adalah generasi kelima dari teknologi jaringan seluler, yang, bersama dengan inovasi jaringan lainnya, akan memberi kita jaringan nirkabel yang jauh lebih cepat dan lebih stabil, serta kemampuan untuk menghubungkan lebih banyak perangkat dan memungkinkan perangkat yang lebih kaya, lebih bervariasi aliran data.

Teknologi jaringan adalah tulang punggung masyarakat online dunia yang lebih cerdas. Seiring meningkatnya bandwidth dan jangkauan, semakin banyak yang dimungkinkan dari email ke penelusuran web, layanan berbasis lokasi, dan streaming video serta game.

Kita mengirimkan aliran data real-time terus menerus antara aplikasi dan perangkat yang kita gunakan, dan layanan cloud. Jaringan 5G tidak hanya akan memberi kita kecepatan yang lebih tinggi, tetapi juga akan mampu menghubungkan lebih banyak perangkat dalam wilayah geografis lebih luas.

9. Genomik & Gen

Apa itu Genomik & Gen?: Genomik adalah bidang biologi interdisipliner yang berfokus pada pemahaman dan manipulasi DNA dan genom dari organisme yang hidup. Pengeditan gen adalah sekelompok teknologi yang memungkinkan rekayasa genetika untuk mengubah DNA dan struktur genetik organisme hidup.

Komputer yang semakin kuat dan perangkat perangkat lunak canggih yang sekarang tersedia sangat berperan dalam membantu kita memahami genom manusia sejak pertama kali diurutkan secara akurat pada tahun 2003.

Saat ini, bioteknologi telah maju ke titik di mana dimungkinkan untuk mengubah DNA yang dikodekan dalam sel dan memengaruhi karakteristik reproduksi dan pembelahan sel.

10. Quantum Computing

Apa itu QC?: Komputasi kuantum memanfaatkan fenomena aneh yang diamati terjadi ketika beroperasi pada tingkat subatomik, yang mencakup keterikatan kuantum, tunneling kuantum, dan kemampuan partikel kuantum untuk secara bersamaan ada di lebih dari satu keadaan.

Komputasi kuantum sepenuhnya akan mendefinisikan ulang apa itu komputer dan dapat memberi kita kekuatan komputasi dengan milyaran atau triliunan kali lebih kuat daripada superkomputer saat ini.

Meskipun komputasi biner konvensional kemungkinan akan menjadi yang kita butuhkan untuk banyak tugas yang kita lakukan pada komputer sehari-hari saat ini, komputasi kuantum yang sangat cepat kemungkinan memiliki beragam aplikasi di bidang-bidang seperti kecerdasan buatan dan penguraian ulang struktur kompleks seperti genomik. informasi.

Demikian Sobattikum 10 tren Teknologi tratas dlam Revolusi Industri yang telah berjalan beberapa tahun terakhir ini. Ikuti terus Kanal, “Sekarang Saya Tahu” dari Tikum.id.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka