Solo Traveling ke Luar Negeri? Jangan Lupa Persiapkan Ini!

Solo Traveling ke Luar Negeri

Tidak seperti bepergian secara berkelompok, solo traveling memerlukan persiapan tersendiri. Simak beberapa di antaranya berikut ini!

Meskipun terdengar menakutkan dan membosankan, bepergian sendiri atau solo traveling terutama ke luar negeri merupakan impian banyak orang. Dengan berwisata sendiri, Anda bisa bebas memilih aktivitas di negara tujuan tanpa harus sibuk berdebat dengan rekan seperjalanan.

Tidak seperti bepergian dengan teman atau keluarga, solo traveling memerlukan persiapan yang ekstra. Ini penting diperhatikan agar Anda tetap aman dan nyaman dalam perjalanan. Simak selengkapnya dalam tips berikut ini!

Pilih Destinasi dengan Cermat

Ketika memutuskan untuk berangkat liburan sendiri, Anda harus memilih destinasi dengan baik. Pasalnya, tidak semua negara cocok didatangi sendirian. Carilah negara yang benar-benar aman, memiliki sistem transportasi yang baik serta populer di kalangan wisatawan. Beberapa negara pilihan antara lain adalah Spanyol, Italia, Yunani dan Selandia Baru.

Kemasi Barang-barang dengan Bijak

Bepergian sendirian berarti Anda bertanggung jawab secara penuh pada semua barang bawaan Anda. Agar tidak repot, kemasi barang-barang yang paling penting. Bawa baju secukupnya dan gunakan tas yang bisa Anda bawa ke mana-mana (termasuk saat Anda akan ke toilet saat di bandara). Sediakan ransel khusus untuk menyimpan benda-benda penting (seperti uang, ponsel dan paspor) untuk memudahkan Anda. Jangan lupa untuk membawa scan identitas dalam perangkat digital Anda untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Buat Rencana Komunikasi

Berangkat sendiri ke luar negeri kerap membawa kekhawatiran bagi keluarga di rumah. Karena itu sebelum berangkat pastikan Anda sudah menyiapkan cara dan waktu berkomunikasi dengan keluarga. Beritahu kepada orang-orang di rumah bagaimana cara mereka menghubungi Anda dan sebaliknya. Pertimbangkan juga waktu, terutama jika negara yang Anda kunjungi berbeda zona waktu dengan Indonesia. Ingat, jangan lupa memberi kabar pada orang-orang terdekat mengenai posisi Anda secara berkala demi keamanan Anda.

Booking Akomodasi Lebih Awal

Liburan sendiri terutama ke negara yang baru pertama kali Anda datangi tentu akan menyulitkan. Karena tidak tahu rute jalan, Anda disarankan untuk memesan akomodasi sejak masih di Indonesia. Dengan mengetahui di mana Anda akan menginap, Anda tidak akan bingung mencari-cari lagi setibanya di sana nanti. Selain itu, Anda juga bisa mempelajari lokasi dan mencari tahu alat transportasi apa yang bisa digunakan untuk sampai ke sana.

Berikan Itinerary Perjalanan pada Orang yang Bisa Dipercaya

Selain membuat rencana komunikasi dengan orang di rumah, memberikan itinerary atau jadwal perjalanan Anda juga sangat penting. Ketika Anda tidak memperoleh kesempatan untuk menghubungi orang-orang di Indonesia (entah karena tidak ada sinyal atau alasan lainnya), itinerary bisa menjadi cara lain bagi mereka untuk mendapatkan gambaran mengenai keberadaan Anda.

Beli Asuransi Perjalanan

Salah satu cara untuk melindungi diri Anda selama dalam perjalanan adalah dengan membeli asuransi. Asuransi ini memberikan beragam manfaat seperti pemberian layanan medis darurat, memberikan pertolongan ketika Anda berada di tempat terpencil, mempermudah proses klaim seandainya penerbangan dibatalkan atau dijadwalkan ulang hingga ganti rugi seandainya terjadi kehilangan barang saat Anda sedang berada di luar negeri.

Bepergian sendirian memang penuh dengan tantangan. Selain itu, Anda juga dituntut untuk bisa mengatasi segala masalah dalam perjalanan sendirian. Dengan beberapa tips mudah di atas, Anda bisa merencanakan liburan ke luar negeri sendirian dengan lebih baik dan terjamin keamanannya.

Author: Lupi

Lupi adalah social media influencer , Public speaker dan media relation di leading media, ia aktif membahas hal - hal komunitas perempuan dan parenting

1 thought on “Solo Traveling ke Luar Negeri? Jangan Lupa Persiapkan Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *