Smartphone Asal China/Tiongkok Yang Mendunia

Anda pernah melihat tim sales handphone pintar OPPO dan VIVO saingan? Ternyata pemilik dua merk smartphone itu adalah orang yang sama yaitu Duan Yong Ping. Beliau adalah pemilik dari vendor OPPO, VIVO, ONEPLUS dan REALME

Anda pernah melihat tim sales handphone pintar OPPO dan VIVO saingan? Ternyata pemilik dua merk smartphone itu adalah orang yang sama yaitu Duan Yong Ping. Beliau adalah pemilik dari vendor OPPO, VIVO, ONEPLUS dan REALME.

Siapa di Indonesia yang tidak mengenal smartphone dengan merek Oppo, Vivo, OnePlus, dan Realme? Dan ternyata keempat merk itu hadir dari asuhan satu perusahaan induk yang sama yakni BBK Electronics Corp. Perusahaan yang sudah berusia 24 tahun ini bermarkas di Dongguan.

Kota tersebut kini jadi salah satu rantai pasokan elektronik terbesar dan tercanggih di dunia di balik berbagai smartphone global.

Dilansir dari South China Morning Post. Pria yang berusia 58 tahun ini bahkan disebut sebagai “ayah baptisnya” merek-merek
smartphone Tiongkok. Pasalnya ia juga mengembangkan dua merek smartphone global Oppo dan Vivo yang kini berkompetisi dengan Samsung, Apple, LG, hingga Huawei. Tidak cuma Oppo dan Vivo, OnePlus dan Realme juga ada di bawah BBK.

Kemudian dipasar smartphone global, Oppo dan Vivo menempati posisi lima dan enam, dengan pangsa pasar keduanya mencapai 15 persen, menurut data Counterpoint Research. Sementara keempat vendor lainnya ada Samsung, Apple, Huawei, dan Xiaomi.

Berdasarkan wawancara Bloomberg pada tahun 2017, Miliarder Tiongkok ini merupakan investor awal di Pinduoduo, perusahaan e-commerce terbesar ketiga di Tiongkok. dan Pada tahun 2018, kekayaan Duan mencapai US$ 1,5 miliar.

saat ini Duan tinggal di Palo Alto, California, bersama keluarganya. ia dan sang istri, Liu Xin memiliki sebuah yayasan yang bertujuan mulia yakni memberikan beasiswa kepada mahasiswa Tiongkok yang belajar engineering di Stanford University.

Sudah kaya raya tetapi tetap berjiwa dermawan, sungguh luar biasa ya sobatikum.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka