Mom Wajib Tahu! Ini Skill Wajib yang Harus Dimiliki Ibu Kekinian

Peran seorang ibu memang akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak dan kehangatan keluarga

Skill Ibu

Tikum.id Woman – Peran seorang ibu memang akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak dan kehangatan keluarga. Miliki kemampuan atau skill ibu ini agar bisa mendampingi mereka di era digital.

Lazim disebut sebagai madrasah pertama bagi anak-anaknya, seorang ibu tentu harus siap mendidik dengan baik dan bijak. Karena itulah, sudah sepatutnya seorang wanita memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar yang nantinya berguna sebagai support system keluarga.

Tak berhenti di situ, seiring berkembangnya zaman, seorang ibu pun senantiasa dituntut untuk selalu upgrade diri dan kemampuan. Terlepas itu adalah ibu rumah tangga atau pekerja, yang jelas Anda harus siap tanggap dalam mendampingi tumbuh kembang buah hati di tengah gempuran teknologi seperti saat ini.

Setidaknya, berikut beberapa skill yang harus dimiliki oleh ibu di era kekinian.

1. Kemampuan Mengatur Keuangan

Meski umumnya wanita kerap memiliki hobi belanja dan rentan tergoda diskon, mereka juga tergolong lebih cermat dalam soal anggaran keuangan. Karenanya, tak heran jika dalam rumah tangga, seorang ibulah yang berperan untuk mengatur keuangan.

Di sini, seorang ibu harus memiliki keahlian konseptual dalam merumuskan rencana/anggaran rumah tangga sesuai bujet. Bagaimana caranya agar pemasukan atau pendapatan bisa dialokasikan dengan tepat dan cermat untuk kebutuhan harian/bulanan keluarga. Bagilah pos-pos pengeluaran sesuai prioritas, dan usahakan sisihkan untuk dana darurat, tabungan, dan sedekah.

2. Pengetahuan tentang Kesehatan Keluarga

Tak bisa dimungkiri bahwa seorang ibu juga harus siap berperan sebagai dokter dan ahli gizi keluarga. Terlebih, pasca pandemi seperti saat ini ketika kepedulian masyarakat terhadap kesehatan meningkat pesat. Gaya hidup sehat pun menjadi tren baru yang banyak digandrungi.

Di sinilah seorang ibu harus mampu meningkatkan pengetahuan dan skill atau kemampuan terkait ilmu Kesehatan keluarga. Paling tidak, Anda harus memiliki pengetahuan terkait kebutuhan gizi dan nutrisi. Untuk kemudian bisa mengolahnya menjadi menu makanan yang tidak hanya enak, tetapi juga menarik dan menyehatkan.

Tak hanya itu, ilmu dasar tentang kesehatan dan keperawatan juga harus Anda miliki. Bagaimanapun, ketika anak atau suami tengah sakit Andalah yang bertugas untuk merawatnya dengan baik.

3. Manajemen Waktu yang Baik

Faktanya, seorang ibu memang dituntut untuk bisa multitasking. Ada banyak tugas yang harus diselesaikan, mulai dari mengurusi soal makanan, pengasuhan anak, kebersihan rumah, melayani kebutuhan suami, hingga menemani aktivitas belajar anak. Bahkan, bagi Anda yang tergolong ibu pekerja atau yang memiliki ARTI pun, tugas tersebut tetap harus berada di bawah kendali. Karena itulah, penting bagi para ibu untuk bisa memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik. Tak hanya demi terselesaikannya tugas, tetapi juga demi kewarasan pribadi. Dengan manajemen waktu yang baik, tentu Anda juga bisa mengatur waktu untuk diri sendiri (me time).

4. Pintar Menyaring Informasi

Di era digital seperti saat ini, asupan informasi memang lebih mudah diperoleh dari mana saja. Ini tentu akan sangat memudahkan Anda untuk belajar banyak hal baru, termasuk ketika harus mendampingi proses belajar atau tumbuh kembang sang buah hati.

Namun, meski demikian, ini juga menuntut Anda untuk bisa selektif dan cerdas dalam memilih sumber informasi atau pengetahuan. Mengingat saat ini juga berseliweran berbagai informasi bohong (hoax) yang sifatnya cenderung menghasut/menyesatkan. Karenanya, Anda harus memastikan bahwa informasi yang diterima anak memiliki akurasi maksimal dan berdampak positif bagi perkembangannya. Jadilah sosok ibu yang juga memiliki hobi membaca dan berpikiran terbuka, ya.

5. Memiliki Kemampuan Bahasa

Sebagaimana diketahui, di era globalisasi seperti saat ini, kemampuan bahasa asing telah diajarkan sejak dini. Bahkan, mulai dari jenjang pendidikan TK (Taman Kanak-Kanak) anak sudah mulai dibiasakan dengan bahasa Inggris. Ini tentu mengharuskan para orang tua, khususnya ibu untuk mampu mendampingi dan mengajari anak agar terbiasa menggunakan bahasa tersebut. Namun, bukan berarti pula harus melupakan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi dan persatuan, ya.

Itulah beberapa skill atau kemampuan yang harus dimiliki oleh para ibu di era kekinian.

Tak peduli Anda seorang ibu rumah tangga atau pekerja, yang pasti semuanya dituntut untuk mampu mendampingi tumbuh kembang sang buah hati sesuai zamannya. Jadi, jangan malas untuk selalu meningkatkan kualitas diri, ya, Mom.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka