Sheik Mansour, Sosok Tajir Dibalik Perjalanan Fans Manchester City Ke Laga Final Liga Champions

Banyak fakta unik dan menarik sepanjang perhelatan bola akbar, Liga Champions. Salah satunya, dukungan Sheik Mansour untuk Manchester City.

Tikum – Banyak fakta unik dan menarik sepanjang perhelatan bola akbar, Liga Champions. Salah satunya, dukungan Sheik Mansour untuk Manchester City.

Sepertinya Dewi Fortuna sedang berpihak pada Manchester City, bagaimana tidak. Di laga Liga Champions tahun ini klub tersebut berhasil melaju ke babak final untuk pertama kalinya dan akan berhadapan dengan Chelsea. Peristiwa bersejarah ini tentu tidak boleh dilewatkan.

Sebagai bentuk dukungan kepada para pemain bola, Sheik Mansour, pemilik Manchester City rela merogoh kantong pribadi untuk menanggung biaya penerbangan para fans yang akan berangkat ke Porto (Portugal) tempat final digelar. Aksi yang dilakukan Milyader itu tentu membuat banyak orang kagum.

Sheik Mansour City

Siapa Sheik Mansour

Sebelum menjadi pemilik Machester City, Sheik Mansour dikenal sebagai politisi United Emirates Arab sekaligus anggota kerajaan Abu Dhabi. Seperti anggota kerajaan lainnya, Sheik Mansour adalah seorang Taipan dengan jumlah kekayaan mencapai trilyunan dolar.

Kiprahnya di Manchester City dimulai saat Mansour menjadi investor. Ketika itu segala hal tentang Manchester City dikelola oleh salah satu perusahaan investasi miliknya, yaitu Abu Dhabi United Group. Pada Sepetember 2008, Mansour lalu mengalihkan kepemilikan Khaldoon Al Mubarak.

Khaldoun merupakan pengusaha tajir Abu Dhabi yang juga pemilik City Football Group. Sejak berpindah kepengelolaan, Manchester City mulai bertransformasi ke arah lebih baik dan mulai memenangkan pertandingan. Klub ini pun mulai mendapatkan kemenangan pertama sejak berdiri tahun 1968, yaitu juara Liga Premier.

Inilah mengapa ketika Manchester City melaju ke babak final, Mansour tidak segan menggelontorkan dana pribadi sebagai bentuk dukungan kepada salah satu klub bola yang dicintai. Tidak tangung-tangung, pengusaha ini siap menerbangkan sekitar 6.000 fans Manchester City ke Portugal secara gratis.

Alasan Beri Bantuan

Selain bentuk rasa cinta ke klub Manchester City, Mansour punya alasan lain kenapa dia rela membantu para fans untuk menyaksikan langsung laga final di Stadion Do Dragao. Sejak pandemi, biaya penerbangan dari atau ke Inggris cukup mahal. Biaya tersebut belum termasuk tes PCR yang harus dilakukan penumpang sebelum terbang.

Apalagi pemerintah Portugal sedang menerapkan pembatasan wilayah. Jadi dalam waktu 24 jam, para fans sudah harus kembali ke Inggris yang berakibat pada melonjaknya biaya perjalanan. Mansour tidak mau hal tersebut membebani The Citizens (sebutan untuk fans Manchester City).

Milyader tersebut tidak ingin, mahalnya biaya perjalanan menjadi alasan The Citizens batal menjadi saksi sejarah. Seikh Mansour ingin para fans yang selalu ada di saat terbaik dan terburuknya Manchester City bisa menyaksikan pertandingan final Liga Champions tanpa rasa khawatir.

Harapannya, keberadaan The Citizens di laga final nanti dapat mengobarkan semangat juang para pemain Manchester City, dan mengantarkan klub tersebut menjadi pemenang Liga Champions untuk pertama kalinya.

Final Liga Champions di Porto

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Stadion Do Dragao di Portugal terpilih menjadi tempat laga final Machester City VS Chelsea tanggal 30 Mei 2021 nanti. Tapi tahukah kamu? Negara yang seharusnya menjadi tuan rumah final Liga Champions adalah Turki.

Penggantian Turki ke Portugal disebabkan oleh kebijakan pemerintah Inggris yang melarang warganya bepergian ke beberapa negara akibat pandemi Covid-19. Turki termasuk salah satu negara tersebut karena wilayahnya dianggap berbahaya. UEFA sendiri telah memastikan bahwa final Liga Champions musim ini akan terbuka untuk 20.000 penonton.

Sebagai stadion terpilih, Do Dragao juga telah mempersiapkan diri dengan berbagai perangkat kesehatan agar final berlangsung tanpa hambatan. Pengelola stadion juga akan menerapkan beberapa protokol kesehatan guna diikuti para penonton, officials, pemain, staff, wartawan, dan semua orang yang datang ke Do Dragao.

Jadi, apa SobaTikum sudah siap jadi saksi serunya final Liga Champions Manchester City VS Chelsea? Salam sepak bola!

Ingin berabung dengan komunitas dan mendapatka update terbaru mengenai klub kesayangan Anda? Baca dulu profilnya.

Manchester CityChelsea
mcscchelseaindo
Manchester City FC Supporters ClubChelsea Indonesia Supporters Club

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka