Shang Chi : Superhero Asia Marvel yang Pertama

Shang Chi, superhero Asia pertama dari Marvel yang berhasil mencuri perhatian dan berhasil menembus keuntungan 1,2 triliun dalam empat hari penayangannya.

Tikum Movie – Film superhero dari Marvel menjadi film superhero yang selalu dinantikan. Film terbarunya pun yang bertajuk Shang Chi and the Legend of the Ten Rings pun berhasil menarik perhatian penikmat film dan superhero dari berbagai penjuru dunia.

Sinopsis Film Shang Chi

Shang Chi diceritakan sebagai sosok yang bekerja sebagai pelayan. Namun, di balik sifatnya yang tenang dan tidak mudah marah, Shang Chi mempunyai kemampuan bela diri yang menakjubkan dan memiliki masa lalu yang cukup panjang dan kompleks. Adapun Sang Chi tak lain merupakan putra dari Wenwu alias The Mandarin.

Wenwu sendiri adalah seorang warlord yang menjelajahi bumi selama ribuan tahun lamanya karena mendapat kemampuan dari the Ten Rings. Dalam jangka waktu yang sangat lama itu pula, dia telah berhasil menaklukkan berbagai kerajaan dan dinasti untuk mengukuhkan dirinya sebagai penguasa dunia.

Namun, segala pencapaian tersebut tidak juga memuaskan Wenwu. Dia mengharapkan kekuasaan yang lebih sampai kemudian menemukan sebuah perkamen mengenai desa yang tersembunyi. Penghuni desa tersebut diceritakan sakit karena energi yang diwariskan oleh naga penjaganya.

Ambisi menjadi penguasa itu mendorong Wenwu untuk berkunjung ke desa tersebut. Ketika akhirnya dia menemukan dan sampai ke desa tersebut, alih-alih bertemu naga, Wenwu justru bertemu dengan seorang perempuan bernama Xiang Li. Tak cuma cantik, Xiang Li rupanya juga mampu mengimbangi Wenwu dengan kekuatannya.
Pertemuan itu membuat Wenwu jatuh cinta begitu mendalam pada Xiang Li. Tidak main-main, Wenwu bahkan merelakan ambisinya untuk menguasai dunia untuk dapat menikah dan hidup bersama dengan Xiang Li. Keduanya kemudian dianugerahi dua orang anak dan Shang Chi adalah satunya.

Sayang, hidup tak berjalan mulus. Sebuah tragedi yang menimpa Xiang Li membuat Wenwu kembali ke kehidupan lamanya. Dia mengajak Shang Chi sebagai pewaris Teng Rings. Namun, Shang Chi menolak dan merasa bahwa sang ayah tersesat ke jalan yang salah. Dia pun memilih untuk kabur dan mengubah identitasnya dengan harapan sang ayah tak akan pernah menemukannya.

Dari sinilah konflik dimulai. Takdir mempertemukan kembali keduanya sehingga Shang Chi harus bertarung sendiri melawan ayahnya.

Kekuatan Shang Chi

Shang Chi tidak mempunyai kemampuan super yang ‘wow’ seperti karakter superhero Marvel lainnya. Kemampuan super yang dimilikinya adalah seni bela diri dan kungfu yang diajarkan ayahnya saat kecil dahulu. Hal ini bahkan yang menjadikan Spider Man, Wolverine, dan Captain America sekalipun belajar kepadanya.
Sebagai seorang master kungfu, Shang Chi berhasil menaklukkan berbagai musuh seperti Ares (Dewa Perang Yunani) dan makhluk bermutasi gamma. Karena itu, dia tidak terlalu membutuhkan bantuan kekuatan super lainnya kendati Iron Man memberinya nunchaku bertenaga repulsor maupun berbagai kemampuan dari superhero lainnya.

Jadwal Tayang

Shang Chi dirilis pada 3 September 2021 lalu. Sayangnya, film ini belum dapat dinikmati di layar lebar Indonesia. Kendati begitu, Shang Chi and the Legend of the Ten Rings kemungkinan besar akan dirilis di Disney+ sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat lebih luas di rumah saja secara legal.

Film superhero Marvel yang satu ini juga bertaburan bintang Asia. Beberapa di antaranya adalah Simu Liu (Shang Li), Tony Leung Chiu Wai (Wenwu/The Mandarin), Michelle Yeoh (Jiang Nan), Meng’er Zhang (Xiang Li), dan Benedict Wong (Wong). Adapun sutradara Shang Chi and the Legend of the Ten Rings adalah Destin Daniel Cretton.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka