Selasa Produktif

Apa hal menarik di hari kedua dalam calender tiap minggu sobat tikum ? kita coba lihat yuk ada apa  di hari selasa.

Jika selama ini kita mengira hari senin adalah yang terburuk, belum tentu benar karena berdasarkan hasil riset yang diterbitkan dalam US Journal, tingkat stress para pekerja yang paling tinggi justru terjadi di hari selasa. Jadi bukan di hari Senin atau Jumat ya sobat tikum.

Belum ada penjelasan yang rinci mengapa para pekerja mengalami lebih banyak stress dihari ini tapi memang demikian adanya. Mungkin karena dihari selasa para pekerja mendapatkan lebih banyak pekerjaan dan memiliki fokus yang lebih besar pada apa yang dikerjakannya.

Beberapa hal unik kita coba angkat kembali yang berasal dari berbagai negara di dunia , apa sajakah itu ?

  1. Di negara Yunani beranggapan hari selasa adalah hari pembawa sial, sebab berkaitan dengan hari runtuh dan kejatuhan ke kaisaran Konstantinopel.
  2. Di negara Romawi dan Spanyol di yakini bahwa hari Selasa diyakini sebagai hari sial , hal disebabkan oleh mitos hubungan antara hari Selasa dan Mars, seorang dewa perang mitologi yang terkait dengan kematian.
  3. Di negara Inggris warga negara mereka sangat tidak menyukai hari selasa, dan menganggap hari selasa lebih buruk daripada hari senin. Mungkin karena pada hari selasa mereka sudah kehilangan memori tentang weekend yang indah yang masih teringat di hari senin. Selain itu mereka menganggap selasa adalah hari yang merupakan hari pecundang atau Loser sehingga mereka juga menyebutnya Luesday.
  4. Di negara Amerika, Election day atau pemilihan umum , selalu dilakukan dihari selasa. Menurut sejarah, ditahun 1845 para petani disana setidaknya memerlukan satu hari perjalanan untuk sampai ke tempat voting dan mereka biasanya pergi dihari senin dan kembali di hari rabu untuk menjual panen ke pasar setelah melakukan voting di hari selasa.
  5. Di Australia, fakta unik mengenai hari Selasa adalahDewan Reserve Bank of Australia bertemu pada hari Selasa pertama setiap bulan kecuali bulan Januari, dan pemerintah federal menyerahkan anggaran federal pada hari Selasa kedua di bulan Mei, hal ini sudah di lakukan sejak tahun 1994 di semua tahun kecuali tahun 1996 dan 2016.
  6. Di Indonesia khususnya suku Jawa,  menganggap bahwa hari Selasa adalah selo-selone menungso atau saat sepi-sepinya manusia. Itu juga yang menyababkan sebagian orang yang masih mempercayai mitos ini tidak melakukan perjalanan jauh atau bepergian pada hari ini.

Demikian beberapa fakta unik yang tikum.id rangkum untuk anda. Bagaimana soba tikum, menarik kan untuk memulai percakapan di geng tongkrongan atau ke kenalan baru ?  biar anda terlihat berwawasan luas.

“Tuesday isn’t so bad…It’s a sign that I’ve somehow survived Monday”

David Mercyano
Anda mungkin suka