Selamat Jalan Eddie Van Halen

Hari ini kita kehilangan seorang musisi Legenda musik rock yang bernama Eddie Van Halen.

Hari ini kita kehilangan seorang musisi Legenda musik rock yang bernama Eddie Van Halen.

Van Halen lahir di Belanda, tetapi pindah ke California Selatan bersama keluarganya pada usia tujuh tahun. Dibesarkan dalam rumah tangga musik, bintang rock masa depan ini awalnya belajar piano sebelum menemukan gitar.

Eddie dan kakak laki-lakinya Alex membentuk band pertama mereka, The Broken Combs, pada tahun 1964. Karena grup terus berkembang, mereka mengadopsi beberapa nama lain, termasuk Trojan Rubber Co., Genesis dan Mammoth. Band, yang pada saat itu telah menyambut penyanyi David Lee Roth dan bassis Michael Anthony, mengganti nama mereka menjadi Van Halen pada tahun 1974.

Meskipun demo tape awal, direkam dengan Gene Simmons dari Kiss, tidak menghasilkan minat, band ini akhirnya menandatangani kontrak rekaman pertama mereka pada tahun 1977.

Dirilis 10 Februari 1978, album debut self-title Van Halen meluncurkan band ini menjadi bintang. Lagu seperti “Runnin ‘With the Devil,” “Jamie’s Cryin”, dan cover dari Kinks “You Really Got Me” menjadi hit di seluruh dunia.

Album Van Halen pernah terjual lebih dari 10 juta kopi, dan menjadi salah satu debut terbesar sepanjang masa. Selama lebih dari empat dekade berikutnya, Van Halen mengukuhkan diri mereka sebagai salah satu band rock terbesar di dunia. Tur yang terjual habis, jutaan penggemar yang memujanya, dan masuk ke Rock and Roll Hall of Fame cukup menjelaskan besarnya warisan mereka.

Serangkaian album multi-platinum mencerminkan daya tarik komersial mereka yang sangat besar, dengan peringkat LP tahun 1984 yang sangat bagus dari grup tersebut di antara penjualan terbaik tahun 80-an. Bahkan ketika band mengalami perubahan lineup, terutama periode selama satu dekade dari 1986-96 di mana Sammy Hagar menggantikan Roth, Eddie tetap menjadi mesin yang dapat diandalkan dari mesin Van Halen.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka