Sejarah Singkat dan Fakta Menarik FIFA World Cup

sejarah singkat piala dunia

Di balik kemeriahan Piala Dunia yang disambut gembira oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia, ada beberapa fakta menarik yang tak banyak diketahui orang seperti berikut ini.

FIFA World Cup alias Piala Dunia merupakan kompetisi sepak bola berskala global yang dilaksanakan empat tahun sekali. Pesertanya merupakan tim kesebelasan dari 32 negara yang lolos seleksi. Proses kualifikasinya sendiri memakan waktu sekitar dua tahun dengan melibatkan sekitar 200 tim dari seluruh dunia. Karena itu, tentu saja, sang pemenang akan memiliki impresi sebagai negara (dengan kualitas sepak bola) terbaik.

Sejarah Singkat FIFA World Cup

FIFA World Cup diselenggarakan untuk kali pertama pada tahun 1930 atas usul dari Presiden FIFA ketiga saat itu—sekaligus presiden FIFA paling lama, Jules Rimet. Tuan rumah Piala Dunia pertama adalah Uruguay dengan tim peserta berasal dari 13 negara: tujuh berasal dari Amerika Selatan, empat berasal dari Eropa, dan dua dari Amerika Utara.

Negara pertama yang keluar menjadi pemenang FIFA World Cup pertama tak lain adalah Uruguay. Uruguay bertemu Argentina pada babak final dan berhasil mengeksekusi pertandingan dengan skor akhir 3-2.

Fakta Menarik FIFA World Cup

Sepak bola merupakan olahraga paling populer di seluruh dunia. Karenanya, ajang paling bergengsi FIFA World Cup pun menjadi kegiatan yang paling banyak dinantikan dan disaksikan.

Jumlah orang yang menyaksikan Piala Dunia selalu mematahkan rekor di ajang Piala Dunia sebelumnya. Pada FIFA World Cup 2018 yang diselenggarakan di Rusia, diperkirakan sekitar 3,5 miliar orang yang menyaksikan—sekitar setengah dari populasi manusia di seluruh dunia.

Tak cuma soal popularitasnya yang sedemikian hebat, FIFA World Cup juga memiliki beberapa fun facts lain sebagai berikut:

  1. Trofi yang dipertandingkan dalam rentang waktu 1930 hingga 1970 bernama Trofi Jules Rimet sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada pria Perancis sang inisiator Piala Dunia. Trofi tersebut secara permanen diberikan kepada Brasil pada tahun 1970 setelah memenangkan FIFA World Cup selama tiga kali (1958, 1962, dan 1970).
  2. Trofi baru yang berlaku hingga saat ini bernama FIFA World Cup.
  3. Piala Dunia sempat terjeda selama 12 tahun karena adanya Perang Dunia II. Tahun 1950 merupakan ‘come back’ pertandingan FIFA World Cup yang kemudian dimenangkan oleh Brasil.
  4. Kroasia menjadi underdog pada Piala Dunia 2018 lalu. Meski kalah saat melawan Perancis di babak final, Kroasia mendapat bonus dengan nilai lebih dari $28 juta dolar yang sepenuhnya diberikan untuk amal.
  5. Selama 21 kali berlangsung, Brazil menjadi tim yang paling banyak memenangkan turnamen sebanyak lima kali, disusul Italia dan Jerman sebanyak empat kali. Artinya, 61% kemenangan Piala Dunia hanya diperoleh dari tiga negara.
  6. Gol tercepat Piala Dunia terjadi di tahun 2002 dan dibuat oleh Hakan Sukur dari Turki hanya dalam waktu 11 detik sejak awal pertandingan dimulai.
  7. Kartu merah tercepat dalam sejarah Piala Dunia terjadi pada 1986 yang dialami oleh pemain Uruguay, Joe Batista, hanya dalam waktu 56 detik sejak awal pertandingan dimulai.
  8. Pemain yang paling banyak mencetak gol dalam satu turnamen adalah Just Louis Fontaine. Atlet asal Perancis tersebut berhasil mencetak 13 gol dalam enam pertandingan saja.
  9. Beberapa (pelatih) negara melarang pemainnya untuk melakukan aktivitas seks selama Piala Dunia berlangsung, seperti Jerman, Spanyol, Meksiko, dan Chile. Pasalnya, seks dianggap sebagai distraksi dan menghabiskan energi para pemain.
  10. Jumlah bir yang diperkirakan terjual selama FIFA World Cup 2010 yang diselenggarakan di Afrika Selatan adalah sekitar 750.000 liter alias sekitar 3 juta botol. Selain itu, jumlah hot dogs yang terjual tak kalah fantastis, yakni sekitar 390.600.

Itulah sejarah singkat dan beberapa fakta menarik FIFA World Cup. Mana yang paling mengejutkan bagi Anda?

Author: Syafiq Ali

Syafiq Ali aktif di dunia olahraga khususnya Basket dan tercatat menjadi pengurus di berbagai organisasi dan komunitas keolahragaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *