Sejarah Panjang VW Beetle Sang Kodok Legendaris

Volkswagen Beetle punya banyak kenangan bagi berbagai generasi, khususnya di Indonesia. Seperti apa sejarah mobil ini? Yuk simak ulasannya di Tikum.id

Image by Ulises De Rubin

Tikum Otomotif – Tahun 2019 mungkin menjadi tahun yang tidak terlupakan bagi penggemar mobil legendaris Volkswagen (VW). Kala itu pabrikan VW menyatakan sudah tidak akan memproduksi tipe Beetle dan menggantinya dengan tipe SUV. Namun, dari sisi penggemar Kami pernah membahas tentang sebuah komunitas yang sudah berdiri selama 39 tahun di Indonesia yaitu Volkswagen Beetle Club (VBC) Indonesia.

Dari hal ini bisa kita ambil kesimpulan bahwa Beetle punya tempat spesial bagi masyarakat Indonesia. Mari kita sedikit flashback mengenang mobil ikonik asal Jerman ini. Berikut Linimasa perjalanan dari ‘Sang Kodok’

1938

Adolf Hitler menugaskan seorang Insinyur bernama Ferdinand Porche untuk membuat mobil sederhana untuk pekerja Jerman. Pada bulan Mei Hitler secara resmi membuka pabrik pertama di Hamburg, Jerman walau sempat terhenti sementara akibat Perang Dunia II.

1946

Setelah berakhirnya Perang Dunia II, Pabrik VW di Hamburg berada di bawah kendali negara Inggris, dan pada akhir 1946 lebih dari 10.000 mobil diproduksi.

1959

Volkswagen membuat iklan legendari dengan kata-kata ‘Think Small’ dengan gambar VW Kodok. Iklan ini dianggap ikonik hingga lembaga periklanan global menyebut bahwa iklan tersebut sebagai iklan terbaik di abad ke 20

1968

Tipe pertam yang resmi diberi nama Beetle, hingga akhirnya di tahun yang sama Disney merilis film pertama dari enam film yang menampilkan ‘Herbie The Love Bug.’ Sebuah VW Beetle produksi tahun 1963 dengan nomor 53 seperti mobil balap pada bagian Kap mesin Beetle.

1971

Volkswagen mulai memperkenalkan model premium yang dikenal sebagai Super Beetle. Mobil ini mempunyai suspensi depan baru dan punya banyak ruang bagasi di bawah Kap.

1988

Setelah 60 tahun lamanya, akhirnya VW membuat pembaharuan besar pertama dengan memproduksi Volkswagen Colt. Mobil yang dilengkapi dengan mesin 4 silinder.

2016

Tahun dimana VW terus mengalami penurunan penjualan sejak 2013. Situasi ini membuat VW mengeluarkan pengumuman bahwa Beetle telah mencapai akhir produksi. Ada pun dua model terakhir yang tersisa adalah Final Edition SE dan Final Edition SEL.

2019

VW akhirnya resmi mengumumkan di Puebla, Meksiko. bahwa Beetle akhirnya ‘Tutup Usia’ dan tidak akan diproduksi selamanya.

Demikianlah kisah sejarah dari VW Beetle. Cukup seru ya sobat tikum. Apakah Anda termasuk penggemar dari mobil ini? Jika Ya tinggalkan komentar Anda di bawah ini.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka