Sejarah Olahraga Sepeda Di Dunia Yang Saat ini Ramai Diminati

Tikum Bicycle – Sebelum menjadi olahraga yang populer saat ini, sepeda dan bersepeda memiliki sejarah yang panjang. Simak cerita lengkapnya berikut ini

Sejak pandemi berlangsung, bersepeda menjadi hobi banyak orang. Semua masyarakat dari berbagai kalangan menggunakan sepeda untuk menghabiskan waktu luang sekaligus menjadikannya sarana olahraga agar tubuh tetap fit. Namun olahraga sepeda yang kita kenal sekarang memiliki sejarah yang cukup panjang di dunia.

Sepeda sendiri adalah bagian yang integral dalam hidup kita. Banyak orang menggunakannya sebagai moda transportasi karena harganya yang murah dan mudah dikendarai. Sepeda juga sangat mudah dirawat dan tidak menyebabkan polusi udara, polusi suara serta kemacetan.

Untuk mengetahui bagaimana awal mulai sepeda dan bersepeda menjadi hobi, simak perjalanannya berikut ini!

Sepeda Pertama di Dunia

Tanpa adanya sepeda pertama, olahraga bersepeda tentu tidak akan ada. Karl von Drais, seorang baron Jerman dikenal luas sebagai bapak sepeda. Pada tahun 187, dia mengembangkan mesin roda dua yang bisa dikemudikan. Prototipe yang terbuat dari kayu dengan berat 50 pon itu tidak punya rantai, rem atau pedal.

Pengendara harus mendorong frame-nya ke depan dengan mendorongnya dari tanah menggunakan kaki. Penemuan Drais ini disebut sebagai Laufmaschine atau mesin lari yang menjadi asal mula sepeda pertama di dunia. Meskipun saat ini bentuk sepedanya terlihat aneh, namun kendaraan ini sukses secara komersiap dan digunakan sampai akhir tahun 1866.

John Kemp Starley mengembangkan Rover pada tahun 1885 dan membantu bersepeda benar-benar meningkat popularitasnya sebagai olahraga, rekreasi dan moda transportasi. Starley menggabungkan dan membangun inovasi yang dikembangkan selama bertahun-tahun untuk menghasilkan mesin yang benar-benar berfungsi.

Perbaikan paling signifikan yang dia lakukan adalah menambahkan rantai dan roda gigi. Hal ini menyebabkan proses mengayuh bergantung pada rantai. Pada akhirnya ini menghilangkan kebutuhan akan roda depan yang tidak stabil dan terlalu besar. Hasilnya adalah sepeda yang sangat mirip dengan yang Anda lihat sekarang.

Sepeda Sebagai Olahraga

Bersepeda secara resmi dimulai sebagai olahraga pada tanggal 31 Mei 1868, dengan perlombaan 1.200 meter antara pintu masuk dan air mancur Saint-Cloud Park di Paris. Amerika Serikat mengikutinya dengan balapan pertama yang tercatat pada 24 Mei 1878.

Bentuk balap yang intens juga menjadi populer di Amerika Serikat. Mereka menyelenggarakan kompetisi yang berlangsung selama enam hari dengan para pebalap internasional sebagai pesertanya. Hadiah mencapai hingga $10.000.

Sepeda Sebagai Pertandingan Modern

Union Cycliste Internationale (UCI) adalah entitas yang bertanggung jawab untuk mengatur olahraga bersepeda. Beberapa negara memiliki federasi bersepeda sendiri dengan ruang lingkup kompetisi yang berkembang semakin besar.

Perlombaan amatir sekarang dilakukan untuk pria dan wanita di kompetisi lokal, regional, dan nasional. Kategori kelompok umur juga diperpanjang, mulai dari 12-13 tahun.

Sepeda Sebagai Rekreasi

Bersepeda dijadikan sebagai sarana rekreasi atau hiburan sejak awal. Penelitian menunjukkan bahwa bersepeda adalah cara yang efektif untuk menjadi aktif secara fisik. Kampanye kebugaran seperti hari Ride to Work (Bersepeda ke Kantor) mendorong lebih banyak orang menambahkan rutinitas bersepeda dalam agenda harian mereka.

Salah satu penyebab kenapa orang tidak aktif secara fisik adalah karena mereka tidak punya cukup waktu untuk berolahraga. Itulah kenapa olahraga yang digabung dengan aktivitas harian selama setidaknya 30 menit sangat dianjurkan. Bersepeda sebagai alat transportasi adalah salah satu cara yang ampuh untuk mencapai tujuan tersebut. Pasalnya, orang-orang bisa berolahgara sambil berjalan menuju halte atau bahkan kantor mereka.

Itulah sejarah ringkas sepeda di dunia sebagai moda transportasi, alat olahraga hingga rekreasi. Apakah Anda termasuk yang gemar bersepeda?

Anda mungkin suka