Sejarah Hot Wheels dan Komunitas di Indonesia

Point penting

  • Sejarah Panjang Hot Wheels
  • Peminat semua umur semakin hari bertambah terus
  • Komunitas Hot Wheels Indonesia

Hot Wheels merupakan sebuah merek mainan anak-anak yang awalnya berskala 1:64, setelah itu kemudian muncul skala mainan yang lebih kecil 1:43 dan skala mainan lainnya.

Mainan mobil yang awalnya di khususkan untuk anak-anak ini, ternyata mampu menggelitik orang dewasa, terutama bagi mereka yang mencintai keelokan desain mobil yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Alhasil, Hot Wheels menjelma menjadi mainan yang diminati dan diidolakan semua umur.

Mobil mainan ini sendiri awalnya diperkenalkan oleh sebuah perusahaan besar pembuat mainan berskala Internasional bernama Mattel, pada tahun 1968. Pada waktu itu, perusahaan ini bersaing ketat dengan Matchbox yang tujuannya untuk mendapatkan tempat spesial di hati para pecinta custom mobil balap. Bahkan persaingan yang cenderung panas ini berlangsung hingga tahun 1997, hingga akhirnya Matchbox bersatu dengan Tyco Toys yang merupakan anak perusahaan Mattel, maka secara resmi persaingan yang memanas ini berakhir.

Sebagai catatan, jauh sebelum kemunculan Hot Wheels, ternyata pasar untuk model Die Cast mobil ini sempat dikuasai dulu oleh perusahaan Lesney asal Inggris dengan mobil mereka Matchbox. Kemudian pada tahun 1968, muncul lah 16 model diecast Hot Wheels yang 11 diantaranya merupakan hasil desain langsung Harry Bentley Bradley, pada saat ini yang pertama diproduksi untuk pasar Internasional adalah Custom Camaro yang berwarna biru tua.

Bradley sendiri merupakan mainan yang berasal dari industri mobil yang telah merancang body keseluruhan Dodge Deora concept car dan The Custom Fleetside.Untuk membedakan antara Matchbox dengan Hot wheels adalah, Matchbox lebih terfokus kepada desain real mobil yang ada di pasaran otomotif dunia, sedangkan Hot Wheels lebih mengarah kepada custom mobil.

Singkatnya, kedua merek ini memang berkembang pesat, walaupun harus diakui merek Hot Wheels menjadi merek yang lebih berkembang dan memiliki banyak sekali penggemar, mungkin ini lebih banyak diakibatkan modelnya yang sangat futuristik dan banyak komunitas yang mulai mengkampanyekan produk ini dengan berbagai event yang mereka gelar.

Komunitas pengemar Hot Wheels – Passions dan Investasi

Di Indonesia, mengkoleksi Hot Wheels terbilang cukup mudah karena dapat diperoleh di berbagai toko mainan anak-anak dan bahkan diretail Indomaret yang tersebar di semua tempat. Swalayan seperti carrefour, giant, hypermart, maupun toko-toko yang menjual mainan khusus kolektor yang kini banyak bermunculan.

Biasanya dijual dengan harga antara Rp 18.000 Rp 25.000 untuk yang model reguler. Kolektor hot wheels Indonesia memiliki jumlah cukup banyak, dari yang koleksi reguler hingga koleksi yang limited edition yang harganya jutaan.

Untuk mengikuti perkembangan komunitas pencinta How Wheels, ikuti terus update info di Kanal Hobby tikum.id #homeofcommunity.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tunjukkan Komen (1)