Ini Sejarah English Premier League yang Mendunia

English Premier League alias Liga Inggris adalah kompetisi sepak bola paling bergengsi. Namun, tahukah Anda bahwa sejarah kompetisi ini sudah dimulai lebih dari satu abad lalu?

English Premier League alias Liga Inggris adalah kompetisi sepak bola paling bergengsi. Namun, tahukah Anda bahwa sejarah kompetisi ini sudah dimulai lebih dari satu abad lalu?

English Premier League (EPL) atau yang biasa disebut Liga Inggris merupakan salah satu turnamen sepak bola paling bergengsi di seluruh dunia. Kendati merupakan liga di Inggris, nyatanya penggemar dan penonton Liga Inggris tersebar di seluruh penjuru dunia.

EPL berdiri pada 1992 dengan nama awal FA Premier League alias Liga Utama Inggris FA. Namun, sejarah Liga Inggris sebenarnya jauh di belakang itu—bahkan sejak tahun 1880-an.

Kelahiran Sepak Bola di Inggris

Inggris disebut-sebut sebagai negara yang melahirkan sepak bola. Pada abad ke-19, bermain bola sudah menjadi bagian dari masyarakat Inggris. Sheffield FC pun menjadi klub sepak bola pertama yang didirikan (1857)—sekaligus menjadi klub sepak bola tertua di dunia. Sejak saat itu, klub sepak bola lainnya mulai bermunculan di Inggris.

The Football Association alias FA pun berdiri pada tahun 1863 sebagai pengendali sepak bola di Inggris berikut negara-negara jajahan Inggris lainnya. Kompetisi FA pertama digelar pada 1871, tetapi masih untuk amatir.

Barulah di tahun 1888, Football League yang dibentuk oleh William McGregor (direktur Aston Villa pada saat itu) muncul. Hal ini sebagai salah satu bentuk fasilitas untuk kompetisi sepak bola Inggris profesional. Adapun jumlah klub yang mengikuti Football League kala itu adalah sebanyak 12 klub sehingga hanya memiliki satu divisi.

Namun seiring dengan banyaknya klub lain yang mendaftar, Footbal League akhirnya menerapkan dua divisi: First Division dan Second Division. Hingga musim 1905-1906, total klub yang bergabung menjadi 40. Jumlah divisi pun ditambah menjadi 3 di tahun 1920 dan terhitung pada 1924, total klub yang terdaftar di Football League sebanyak 88.
Kemunduran Klub Inggris

Wolverhampton Wanderers berkali-kali mengalahkan klub negara Eropa lainnya dalam pertandingan persahabatan pada kurun waktu ’50 hingga ’60-an. Hal ini yang lantas mendorong munculnya European Cup alias Liga Champions.

Tottenham pun menjadi klub Inggris pertama yang juara di kompetisi Eropa pada 1963, Winners Cup. Kesuksesan tersebut menular pada timnas Inggris yang berhasil menjadi juara Piala Dunia tiga tahun sebelahnya. Selain itu, beberapa klub Inggris lainnya juga turut menjadi juara di Liga Champions seperti Liverpool, Aston Villa, dan Nottingham Forest.

Sayangnya, menjelang penghujung ’80-an, banyak tragedi yang menurunkan citra Liga Inggris—sebut saja tragedi Hesyel dan tragedi Hillsborough. Dampaknya, banyak pemain yang kemudian berpindah ke klub di liga lain. Tentunya, hal ini pun mengurangi keuntungan finansial yang diperoleh.

Kelahiran Premier League

Premier League akhirnya muncul pada tahun 1992 sebagai solusinya. Pada akhir musim 1991-1992, sebuah proposal diajukan untuk membuat suatu liga anyar yang digadang akan memberi keuntungan finansial lebih baik. Adapun keuntungan tersebut diperoleh dari hak siar TV Sky Sports serta sponsor lainya.

Liga Inggris pun lahir dan berkembang sebagai kompetisi kasta utama di kompetisi sepak bola Inggris. Musim pertama Premier League adalah pada 1992-1993 dengan Manchester United sebagai juara pertama. Hingga kini, Premier League pun menjadi salah satu liga paling populer di seluruh dunia dengan hak siar dan keuntungan sangat besar.

Baca Juga: Pep Guardiola, Magic

Baca Juga:

Klub yang Bergabung di Premier League

Sejak dibentuk tahun 1992, sebanyak 49 klub telah bergabung dan berkompetisi di English Premier League. Kendati begitu, hanya ada beberapa nama yang dapat terus bertahan di Liga Utama, antara lain Manchester United, Arsenal, Chelsea, Liverpool, Tottenham Hotspur, dan Everton. Adapun hingga kini, Manchester United masih menjadi klub Inggris yang paling banyak memenangkan kompetisi bergengsi ini.

Mau gabung dengan Supporter Fans Cub? Baca Duu Profilnya

mcscManchester City Supporters Club
chelseaindoChelsea Indonesia Supporters Club.
indomanutdINDOMANUTD (Indonesian Manchester United) Fan base community

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka