Satudarah Maluku MC (SMC) Indonesia, Wadah Persaudaraan Otomotif Asal Maluku

Tikum Motor – Indonesia dikenal sebagai negara seribu pulau dan memilki beberapa provinsi di bagian timur yang terkenal akan eksotisme serta keelokan alamnya yang luar biasa indah dan sudah mencuri atensi banyak traveler. Hari ini kami akan sedikit membahas mengenai 2 provinsi di timur Indonesia yaitu Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

satudarah 2

Kota Ambon merupakan ibukota dari provinsi Maluku, kota ini juga dikenal sebagai city of music dan memiliki banyak sejarah, kebudayaan dan kuliner. Begitu juga dengan kota Sofifi yang adalah ibukota dari Provinsi Maluku Utara, selain memilki banyak titik pariwisata yang indah dan menawan, sulit rasanya untuk melupakan tempat ini jika anda sudah berkunjung kesana.

Namun, terlepas dari 2 provinsi administrasi diatas, Maluku sendiri banyak memiliki wilayah seperti : Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Maluku Barat Daya dan Kepulauan Aru.

Dalam beberapa kesempatan tikum.id pernah menampilkan berbagai perkumpulan dan komunitas yang terbentuk atas beberapa kesamaan seperti almamater pendidikan, profesi, gender,dll. Maka untuk edisi hari ini kami akan menampilkan perkumpulan otomotif dari kesamaan suku, kampung halaman dan kebudayaan dari Maluku. Mereka adalah SATUDARAH MALUKU MOTORCYCLE CLUB.

satudarah logo

Pada awalnya Satudarah Maluku MC (SMC) berdiri di negara Belanda pada tahun 1990, oleh 7 orang keturunan Maluku, Indonesia dan 2 orang warga Belanda. Hingga kemudian berkembang di berbagai negara.

Indonesia adalah negara pertama berdirinya SMC di area Asia Pasific, dan selanjutnya adalah negara Malaysia, Singapura, Thailand, Australia, Hongkong, dll.

satudarah 3

Satudarah sendiri berasal dari istilah orang maluku,yaitu ‘Katong satu dara’ atau dalam bahasa Indonesia berarti ‘Kita satu darah’ atau ‘Kita bersaudara’. Logo Satudarah bergambar dua kepala Indian yang berbeda warna dan berlawanan arah ini memiliki arti keseragaman antar sesama anggota namun tetap dalam satu kesatuan.

Visi dan misi terbentuknya SMC di Indonesia adalah untuk melengkapi eksistensi SMC dunia kembali ke tanah leluhur sebagai Motorcycle Club berbasis budaya Indonesia yaitu Maluku. Suku Maluku adalah suku yang penuh kekeluargaan dan menjunjung tinggi nilai persaudaraan. Dan atas dasar hal ini diharapkan dapat menjadi nilai positif dan menjadi warna yang baik di dunia otomotif Indonesia.

SMC Indonesia dipimpin 4 Nomad (penghubung antar Chapter) dan salah satunya Nomad Asia. Sampai saat ini anggota SMC Indonesia sudah lebih 200 anggota yang berada di dalam Black & Yellow Nation dengan berbagai latar belakang professi dari para anggota, mulai dari Mahasiswa, Profesional, Pegawai Pemerintahan, Pegawai Swasta, Pengusaha, Publik Figur, hingga Kepolisian.

satudarah

Untuk tipe motor yang digunakan juga sangat bervariasi, SMC tidak mensyaratkan motor dengan ‘brand’ tertentu, namun catatan yang harus kita ingat adalah umunya semua motor anggota 400 cc keatas.

Seperti layaknya komunitas otomotif sudah pasti SMC juga memiliki banyak agenda kegiatan baik periode mingguan, bulanan dan tahunan. Mari kita simak apa saja kegiatan mereka,

1. Mingguan (Weekly)

satudarah new 5

Malam Bakudapa, sebuah kegiatan ajang untuk bertemu atau berjumpa antar sesama anggota. sambil berdiskusi berbagai hal seputar club dan rencana kegiatan rutin.

2. Monthly (Bulanan)

satudarah new 6

Ride out, Kegiatan touring berkendara motor bersama-sama dengan tujuan tertentu baik jarak dekat ataupun jauh, Rolling thunder, atau menghadiri undangan event otomotif

3. Yearly (Tahunan)

satudarah 6
  • Perayaan ulang tahun atau Anniversary SMC.
  • Merah Putih Ride.
  • Bakti Sosial Ramadan.
  • Perayaan Rohani.
satudarah 7

Jika anda juga hobi bermotor, silahkan bergabung bersama Satudarah Maluku MC (SMC) Indonesia dalam wadah persaudaraan dan kegiatan positifnya dengan tetap menjadi contoh dalam tertib berlalu lintas.

Ikutilah proses untuk menjadi anggota resmi sesuai aturan organisasi SMC sambil terus belajar dalam nuansa solidaritas dan persaudaraan. Silahkan mencari tahu melalui akun sosial media mereka dibawah ini :

Website : www.jakarta.satudarahmc.com
Instagram : @satudarah1910

GANDONGE.. ALe Rasa Beta Rasa. Sukses terus untuk SMC National Indonesia, semakin kompak, semakin besar dan bermanfaat bagi masyarakat.

“If you want to be happy for a day, drink. If you want to be happy for a year, marry. But If you want to be happy for a lifetime, ride a MOTORCYCLE.”

Anda mungkin suka