Run For Indonesia: Berlari, Berlatih dan Berprestasi

Tikum Sport – Lari adalah salah satu bentuk latihan kardio yang mudah diakses. Lari juga salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan manfaat penting dari olahraga karena meningkatkan kebugaran aerobic. Selain itu berlari adalah cara yang bagus untuk membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Plus, membakar kalori dan dapat membangun kekuatan fisik serta bermanfaat dalam ketahanan otak dan mental terhadap Stress.

Anda tidak ingin depresi di masa Pandemic Covid-19 saat ini bukan. Bayangkan jika dalam 1 kali lari dengan durasi 30 menit, Anda sudah mendapatkan banyak manfaat yaitu mengurangi gejala depresi dan memperbaiki suasana hati, meningkatkan kesehatan lutut, membantu tidur lebih nyenyak, dan meningkatkan kemampuan Anda untuk fokus pada usia produktif, sekaligus melawan penurunan kognitif terkait usia.

Olahraga Lari sendiri punya beberapa cabang, seperti Lari Jarak Pendek, Lari Jarak Menengah & Jauh, Lari Estafet, Lari Gawang, hingga Lari Marathon. Namun, pilihan yang simple dan tren pada masyarakat umum yang bukan Atlet adalah Lari Marathon.

Untuk bisa semakin mahir dalam teknik dan trik Lari marathon diperlukan latihan, konsistensi dan tidak bisa Instan. Agar Anda semakin semangat dan tertarik dalam berlatih, Yuk kita mengenal komunitas Run For Indonesia.

Run For Indonesia (RFI) resmi berdiri pada 7 Desember 2014 atas prakarsa dua orang pendiri yaitu Willy Sanjaya dan Andre Ismangun.

Komunitas ini punya jajaran pengurus mulai dari tingkat pusat hingga daerah. Pada RFI pusat dipimpin oleh seorang kapten beserta pengurus lainnya. dan untuk wilayah di daerah RFI Trail dan RFI Ultra juga dipimpin oleh seorang kapten dan jajaran pengurus.

Secara struktur, semua pengurus RFI Pusat dan Daerah, RFI Trail dan RFI Ultra berada di bawah pengawasan dari Dewan Komite yang terdiri dari 4 orang, yaitu: Willy Sanjaya, Andre Ismangun, Neil Banderas dan Adriansyah Chaniago

VISI RFI menjadi wadah komunitas olahraga Lari yang mempersatukan masyarakat Indonesia.

MISI RFI Ingin mengajak masyarakat di Indonesia untuk hidup sehat melalui olahraga lari, sekaligus berprestasi di berbagai ajang kompetisi internasional mewakili Indonesia.

Latar belakang para anggota komunitas terdiri dari berbagai genre, usia dan profesi. mulai dari usia dari 17 tahun hingga senior 70 tahun. Siapa pun bisa bergabung, yang penting hobi olahraga Lari dan ingin sehat.

Saat ini jumlah anggota komunitas ini sudah lebih dari 4000 orang dengan penyebaran di beberapa Regional seperti: Bintaro, Bogor, Serpong, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Medan, Makassar, Kendari, Ambon, Sorowako, hingga Balikpapan, Kalimantan Timur.

Hal yang membedakan komunitas ini dengan club olahraga lainnya adalah, RFI terbuka untuk semua kalangan masyarakat. jadi tidak ada syarat khusus, cukup hobi olahraga lari saja, baik itu untuk pemula atau profesional Runner.

Sebelum pandemi covid-19 melanda Indonesia, kegiatan rutin komunitas ini adalah latihan regular pada hari Selasa dan Kamis di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta dan melakukan kegiatan charity sosial di berbagai regional. Namun, pada era normal baru RFI merubah beberapa hari dan format menjadi latihan setiap Sabtu sore di GBK, diskusi seputar Lari dan Kesehatan, hingga latihan virtual bersama via Zoom.

Para members RFI juga punya berbagai pencapaian dalam mengharumkan nama Indonesia dan komunitas di ajang Lari internasional World Major Marathon (WMM). Sebuah kompetisi Lari internasional di 6 kota mancanegara yaitu Tokyo, Boston, London, Berlin, Chicago, New York.

Seperti yang sudah dilakukan pasangan suami istri Adriansyah Chaniago dan Rizta Diana yang berhasil meraih medali 6 WMM.

(Adriansyah Chaniago & Rizta Diana)
(RFI Bintaro, Color Run Wembley Stadium 2018)
(Boston Marathon 2018)

Prestasi anggota RFI lainnya adalah pada Juni 2020, saat itu Feby Sofia berlari di dalam rumah sejauh 42 Km dan berhasil mencatatkan namanya di rekor MURI. Tidak sampai disitu, prestasi terbaru lain adalah pada Juli 2021. Kala itu 2 anggota RFI yaitu Adriansyah Chaniago dan Feby Sofia berhasil mencatatkan rekor baru di Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk prestasi berlari 100 Km di treadmill.

Wah, keren sekali semua kegiatan dan pencapaian dari Run For Indonesia ya Sobattikum. Anda tertarik untuk mulai rajin berlatih Lari ?

Jika Anda juga hobi Lari, mari bergabung bersama komunitas ini. Untuk keterangan lebih lengkap silahkan menghubungi akun resmi sosial media RFI @run.for.indonesia

Kami bangga bisa turut memperkenalkan komunitas olahraga ini kepada masyarakat Indonesia. Semoga semangat RFI ini bisa terus menyebar di Nusantara hingga turut membantu pariwisata nasional dengan mengadakan kompetisi running di masa depan.

Salam Olahraga.

Don’t dream of winning, train for it!

Mo Farah
Anda mungkin suka