5 Lokasi Eksotis untuk Road Trip (Pecinta Otomotif Pasti Suka!)

Pecinta otomotif sejati pasti ingin membawa kendaraannya berpetualang. Ada beberapa destinasi eksotis yang layak dipertimbangkan untuk kegiatan ini.

Road Trip Indonesia

Tikum Otomotif – Karena wilayah yang luas dan topografi yang beragam, tidak heran kalau berpetualang di Indonesia sangatlah menyenangkan. Penggemar otomotif terutama sangat menikmati kegiatan road trip. Bagaimanakah road trip di Indonesia itu? Lokasi manakah yang disarankan?

Road Trip di Indonesia

Pengalaman road trip di Indonesia bukan hanya terkenal di antara wisatawan lokal, tetapi juga mancanegara. Kekayaan alam yang dipadu dengan kekayaan budaya membuat banyak orang merasa bahwa petualangan di Indonesia ini mengubah hidup mereka menjadi lebih baik.

Apa saja yang bisa dijumpai ketika melakukan trip di wilayah Indonesia?

  • Bertemu dengan banyak orang dari berbagai budaya yang menyambut orang lokal dan asing
  • Penginapan lokal yang dikelola oleh penduduk dengan harga cukup terjangkau
  • Kuliner sedap dengan cita rasa khas nusantara yang dimasak dengan cara tradisional
  • Acara-acara kebudayaan yang diadakan rutin maupun setahun sekali

5 Lokasi Menarik untuk Road Trip

Ke manakah kamu harus pergi road trip? Indonesia punya banyak pilihan lokasi trip yang istimewa, baik di dalam maupun di luar Pulau Jawa. Berikut merupakan beberapa lokasi yang patut dipertimbangkan untuk petualanganmu:

1. DI Yogyakarta – Semarang

Rute ini merupakan rute yang cocok jika kamu merupakan penggemar otomotif yang baru pertama kali melakukan road trip. Rute DI Yogyakarta – Semarang tidak terlalu jauh dan akses jalannya sudah cukup baik. Selain itu, ada banyak tempat wisata di kota maupun kabupaten yang dilalui rute ini.

2. Batu – Malang

Batu dan Malang merupakan dua kota yang saling berdampingan dan menawarkan keindahan lokasi. Udara di kedua wilayah ini juga tergolong sejuk sehingga menyenangkan untuk berwisata di sekitar daerah ini. Akses jalan yang ada pun cukup bagus sehingga kamu tidak perlu banyak khawatir saat berpetualang di sana.

3. Flores

Pulau Flores merupakan pulau eksotis yang belum seterkenal Bali karena akses ke sana yang cukup sulit. Namun, jika kamu memiliki keinginan untuk merasakan petualangan yang sebenarnya, lokasi trip ini wajib dipertimbangkan. Akses jalannya agak sedikit buruk di beberapa titik karena Flores masih termasuk wilayah berkembang.

4. Makassar – Tana Toraja

Road trip dengan rute Makassar – Tana Toraja wajib dimasukkan ke dalam wishlist semua petualang. Banyak artefak budaya yang bisa dilihat jika melakukan perjalanan dengan rute ini. Akses jalannya juga cukup menantang seperti halnya Flores.

5. Padang

Padang adalah destinasi trip yang juga layak kamu pertimbangkan. Ada banyak lokasi wisata yang berada di sekitar wilayah ini. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan yang tahan banting saat berpetualangan di bagian utara Pulau Sumatra ini. Pasalnya, rutenya sangat panjang dan cukup menantang juga.

Apa yang Harus Pecinta Otomotif Siapkan?

Secantik apa pun lokasi trip di Indonesia, akan sulit menikmati perjalanan tanpa persiapan yang matang. Apa saja yang harus dipersiapkan untuk menjalani trip yang menyenangkan?

  • Memastikan bahwa mobil berada dalam kondisi yang prima dengan membawanya ke bengkel untuk maintenance sebelum pergi.
  • Mempersiapkan alat-alat untuk melakukan reparasi darurat jika diperlukan.
  • Membawa uang tunai dengan jumlah yang cukup karena tidak semua tempat melayani kartu.
  • Membawa obat-obatan pribadi yang dibutuhkan.
  • Mempelajari peta lokasi sebelum melakukan perjalanan dan menyiapkan sistem GPS di mobil.
  • Mempersiapkan koneksi internet pribadi, terutama jika berencana untuk melanjutkan kerja on the road.

Perlu diketahui bahwa ada wilayah-wilayah Indonesia yang masih berkembang dan mungkin belum memiliki fasilitas penunjang. Apabila kamu mempersiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan tak terduga semacam ini, pengalaman road trip pecinta otomotif akan jadi pengalaman yang sangat berkesan.


Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tinggalkan komen