Rute Road Bike Jawa yang Patut Untuk Dicoba

Pecinta sepeda di tanah air kian banyak jumlahnya. Tidak heran, makin banyak orang yang giat melakukan road bike dan ingin mencari rute baru yang menarik.

Tikum Road Bike Jawa – Melakukan perjalanan panjang dengan sepeda merupakan hobi yang semakin digemari banyak orang di tanah air. Sebagai negara dengan keindahan alam yang diakui dunia tentunya ada banyak rute bersepeda menarik yang bisa Anda coba. Di Pulau Jawa saja, terdapat beberapa rute yang sering diulas para biker.

7 Rute Road Bike Menarik di Jawa

Berikut merupakan beberapa rute bersepeda menakjubkan yang bisa dijajal jika Anda bermukim di wilayah Jawa:

Tebing Keraton

Jika Anda menyukai tempat yang sejuk dengan udara segar, Tebing Keraton merupakan rute road bike yang selayaknya dipilih. Rute bersepeda terletak di tengah hutan pinus yang berada di area perbukitan. Pesepeda yang sudah berpengalaman bisa menyusuri jalan berbatu menanjak untuk menyaksikan pemandangan dari ujung tebing.

Gunung Papandayan

Gunung ini merupakan area pendakian yang sudah cukup berkembang. Jalur pendakiannya cukup mudah diakses dengan berjalan kaki. Untuk pesepeda yang ulung, jalur pendakian ini dianggap cukup mudah untuk dilalui. Jika kesulitan, penduduk lokal juga menawarkan jasa angkutan dari dan ke puncak gunung.

Wlingi

Di daerah Wlingi, Blitar Anda dapat menjumpai area khusus yang dikembangkan untuk para pesepeda. Daya tarik utama rute ini tentunya perkebunan teh yang terhampar di luas pada ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Dibutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk menyusuri rute menakjubkan ini.

Tunggangan

Gunung Bromo merupakan salah satu tujuan wisata populer di Indonesia. Namun, tidak banyak orang tahu bahwa terdapat rute road bike menarik di sana, yaitu Tunggangan. Jalannya yang berpasir dan menanjak membuat rute ini cukup menantang. Namun, pemandangannya yang asri membuat usaha Anda layak dilakukan.

Embung Nglanggeran

Lokasi ini dikembangkan oleh pemerintah DI Yogyakarta sejak tahun 2013. Pesepeda sangat menyukai rute ini karena jenis rute yang disuguhkan cukup beragam. Anda dapat menemui jalanan yang diaspal rapi, jalan berbatu, hingga jalan tanah yang akan cukup becek jika hujan turun. Di area ini pemandangannya sangat indah.

Borobudur

Borobudur merupakan cagar budaya yang terletak di dekat perbatasan Yogyakarta dan Magelang. Selain bisa mengunjungi situs bersejarah dunia ini, Anda juga dapat menikmati road bike di area tersebut. Jalan-jalan di sekitar Borobudur sudah diaspal sehingga kegiatan bersepeda bisa dilakukan dengan santai.

Tompe Gunung

Jalur road bike ini terletak di wilayah Pati, Jawa Tengah. Tebing landai yang mengapit jalan aspal halus benar-benar membuat bersepeda di jalanan Tompe Gunung menjadi pengalaman yang menenangkan jiwa. Rute ini cukup menanjak sehingga mungkin Anda perlu beristirahat beberapa kali.

Rute-rute yang disebutkan di dalam daftar di atas memiliki tingkat kesulitan yang cukup beragam. Anda perlu menilai kemampuan diri sendiri sebagai seorang pesepeda untuk menentukan rute manakah yang bisa dicoba.

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Saat Road Bike?

Saat melakukan kegiatan road bike di Indonesia, sangat penting untuk selalu siap sedia mengatasi halangan yang mungkin ditemui di tengah jalan. Selain menyiapkan fisik dan kondisi sepeda agar mampu melalui rute road bike dengan baik, ada beberapa kebutuhan pokok yang perlu dibawa bersama Anda:

  • Perlengkapan maintenance dasar.
  • Kartu identitas.
  • Smartphone, terutama untuk kontak darurat dan GPS.
  • Uang kontan.
  • Minuman dan camilan ringan.
  • Flashlight.
  • Jas hujan.

Kegemaran road bike sepertinya akan terus berkembang di Indonesia. Orang-orang menikmati kegiatan ini karena selain menyehatkan tubuh secara fisik, otak terasa lebih segar melihat pemandangan baru. Hal paling penting dalam road bike adalah kenyamanan dan keamanan, jadi pilihlah rute yang dapat memenuhi kriteria tersebut.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.